-:  Rumah by Inspiratio Indonesia

Rumah 287 m² di Jakarta ini Bagai Oase!

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Tinggal di kota besar seperti Jakarta membuat kita rentan terhadap stres. Penyebabnya jelas, mulai dari udara berpolusi, jalanan yang tak pernah tidak macet, belum lagi tuntutan pekerjaan. Rumah sebagai tempat beristirahat hendaknya mampu menghadirkan suasana yang membuat kita bisa melupakan semua beban. 

Rumah Tanjung Mas karya ahli homify Inspiratio Indonesia merupakan reinterpretasi rumah di pedesaan. Sebuah upaya menghadirkan kembali kesejukan dan ketenangan suasana desa di tengah hiruk pikuk kota. Material yang digunakan mudah ditemukan dan ramah lingkungan. Interiornya pun memikat. Inilah hasil kunjungan homify selengkapnya. 

1. Fasad alami

Fasad rumah ini merupakan paduan sempurna antara bahan-bahan alami, yaitu kayu, batu, beton dan batu bata. Jalan masuk rumah dari batu terlihat kokoh sebagai jalan setapak maupun area keluar masuk kendaraan. Sedangkan dinding batu berfungsi sebagai pagar depan rumah sekaligus pembatas antara teras dengan garasi. Dinding beton bertekstur di lantai dua adalah unsur kontras penyeimbang, sehingga fasad depan rumah tampak elegan. 

2. Dapur di bawah tangga

Setelah melewati pintu depan kita akan disambut area sosial yang dikelilingi dinding batu bata merah. Area ini menerapkan open plan di mana dapur dan ruang makan juga berfungsi sebagai ruang tamu. Dapur yang berada di ujung area ini dilengkapi dengan lemari dapur dan bak cuci piring berada persis di bawah tangga. Sebuah contoh cerdas pemanfaatan ruang bawah tangga bukan? Sementara meja kompor kustom dibuat dari beton bertekstur yang terintegrasi dengan meja makan. 

Baca juga: 

10 Inspirasi Ruang Bawah Tangga yang Spektakuler

3. Interior rustic

Atmosfer rustic di rumah ini juga kental berkat penggunaan lantai keramik bertekstur yang berwarna kecoklatan. Plafon berwarna putih dipilih untuk menciptakan kesan luas dan cerah. Dari sini kita bisa melihat deretan pintu kaca lipat yang menjadi akses masuk bagi cahaya alami dan udara bersih setiap hari. 

4. Oase tersembunyi

Lahan sempit memanjang di samping rumah tidak disia-siakan oleh arsitek kami. Sebuah kolam renang cantik mengisi lahan ini, lengkap dengan gazebo kecil dan taman vertikal asri. Semua ruangan di rumah ini memiliki jendela yang menghadap ke kolam renang, agar udara bersih dari uap air dan tanaman bebas masuk ke dalam rumah. Inilah oase tersembunyi yang bisa menyegarkan kembali mata dan pikiran. 

Ingin punya kolam renang di rumah tapi halaman tidak luas? Simak tipsnya di:

Tips Membangun Kolam Renang di Halaman Sempit

5. Kamar tidur rustic berpanorama hijau

Lantai dua rumah digunakan sebagai ruang privat para penghuni rumah. Diantaranya adalah kamar tidur dan kamar mandi. Berbeda dengan lantai pertama, dinding kamar tidur adalah dinding bertekstur warna abu-abu. Sudah cukup untuk memperindah kamar tidur tanpa hiasan lain. Atap kayu dan balok penyangganya terbuat dari bahan yang sewarna dengan lantai kayu dan kusen jendela. Aroma rustic pun semakin kental berkat furnitur antik dari kayu warna gelap buatan dalam negeri. Berbaring sambil memandangi taman vertikal di luar jendela membuat hati merasa tentram. 

6. Kamar mandi tamu

Rumah Tanjung Mas memiliki beberapa kamar mandi. Salah satunya adalah kamar mandi pada gambar yang ditujukan untuk para tamu. Dinding kamar mandi ini dibuat dari tiga material sekaligus. Dinding batu, beton, dan batu bata. Meja wastafel beton bertekstur dan gantungan handuk bentuk tangga adalah sentuhan rustic yang tidak ada duanya. 

7. Kamar mandi pribadi

Dua kamar mandi lain menempati area yang tidak luas, sehingga shower menjadi pilihan. Selain itu, shower juga bisa membantu menghemat pemakaian air. Pemilik rumah juga menerapkan sistem daur ulang greywater untuk mengurangi pemakaian air tanah, mengingat saat ini debit air tanah di Jakarta semakin menipis. 

Simak tips membangun rumah hemat energi selengkapnya di: 

10 Tips Membangun Rumah Hemat Energi

Bagaimanakah pendapat Anda tentang proyek rumah di atas? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!