Kamar Mandi by JSD Interiors

11 Ide Unik dan Cerdas Untuk Pemisah Ruangan

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Interior open plan atau ruang terbuka memang bisa membuat rumah terkesan lebih luas. Namun pada saat-saat tertentu kita membutuhkan sedikit privasi, sehingga pemisah antar ruangan mutlak dibutuhkan. Pemisah ruangan yang kami maksud adalah pemisah virtual, di mana kita masih bisa melihat suasana ruangan di seberang demikian juga sebaliknya. Tujuannya adalah menciptakan ruang privat dengan tanpa membuat ruangan terlihat sempit. Sedang mencari ide tentang pemisah ruangan semacam ini? Contoh berikut ini bisa menjadi acuan Anda. 

1. Sekat kaca

Sekat kaca bisa menciptakan ruang privat ekstra dengan tanpa meninggalkan keterbukaan. Bisa dibagi menjadi deretan persegi seperti contoh agar menjadi elemen hias yang fungsional. 

2. Dahan pohon muda untuk sekat kamar mandi atau ruang keluarga

 Kamar Mandi by JSD Interiors
JSD Interiors

Guest Bathroom

JSD Interiors

Dahan muda sisa pemangkasan terlalu sayang untuk dibuang. Mengapa tidak dimanfaatkan saja? Keringkan dan biarkan seperti bentuk aslinya. Lalu furnish agar tampil lebih bersih dan tahan lama. Sekat dari bahan alami ini cocok untuk dipamerkan di ruangan mana pun di rumah Anda. 

3. Kelambu cantik untuk pemisah area luas

 Ruang Keluarga by BR  ARQUITECTOS
BR  ARQUITECTOS

SPA Matlali

BR ARQUITECTOS

Kelambu tertutup maupun terbuka menjadi pemisah ruangan yang anggun di area tropis ini. Balok kayu di langit-langit menjadi tempat untuk menggantungkan kelambu, sekaligus elemen alami penghias ruangan. 

4. Kelambu dan kisi-kisi kayu

Kisi-kisi kayu seperti contoh biasa digunakan sebagai tempat tanaman merambat atau tanaman gantung. Jika diletakkan bersebelahan seperti contoh bisa menjadi pemisah ruangan yang artistik. Kelambu di belakang kisi-kisi kayu bisa ditutup jika membutuhkan privasi lebih. 

5. Rak rendah

 Ruang Keluarga by Nataly Aguiar Interiores

Sofa bisa difungsikan sebagai pemisah visual. Rak atau bufet rendah di belakang sofa seperti contoh akan menegaskan keterpisahan itu. 

Baca juga: 

11 Ide Rak yang Bisa Anda Buat Sendiri 

6. Dinding kaca

 Dapur by Etxe&Co
Etxe&Co

Cristalera de separación entre la cocina y el salón.

Etxe&Co

Bau-bauan dan suara berisik di dapur tidak akan menyebar ke ruangan lain jika area ini dikelilingi dinding kaca. Rumah tetap terasa lapang dan cahaya alami tetap bisa masuk ke dapur. 

7. Paduan sekat kayu dan kaca

Ini alternatif yang bisa dilakukan untuk membuat ruang kerja yang terintegrasi dengan ruang tamu atau ruang keluarga. Anda tetap bisa fokus bekerja sambil mengawasi situasi sekitar. 

8. Pintu kaca geser

Ada kalanya para orang tua ingin berbicara serius tanpa diganggu anak-anak. Jika ini yang Anda butuhkan, pasang saja pintu kaca geser seperti contoh. Bisa menggunakan kaca buram agar anak-anak tidak bisa mengintip. 

Baca juga: 

14 Pintu Geser yang Sempurna Untuk Hunian Mungil Anda

9. Rak buku terbuka

Rak buku terbuka juga bisa membantu menciptakan tabir semu di ruangan Anda. Selain itu, furnitur ini juga sangat fungsional. 

10. Dinding tipis fungsional

Ingin membuat pemisah antara area pribadi dan area sosial di rumah? Dinding tipis pada gambar bisa jadi solusi. Di sini dinding tipis menjadi pemisah antara area menuju kamar tidur dan ruang keluarga serta ruang makan. Dinding juga memiliki fungsi lain di mana pemilik rumah menggantungkan televisi layar datar kesayangannya. 

11. Kelambu mengelilingi tempat tidur

Melihat gambar ini, mungkin Anda mengira sedang melihat sebuah tempat tidur empat tiang lengkap dengan tirai-tirainya. Padahal, ini adalah sebuah tempat tidur biasa yang dilengkapi tirai di ketiga sisinya. Satu sisi tidak diberi tirai agar tercipta ruang sempit untuk membaca buku. 

Baca juga: 

8 Inspirasi Pembatas Ruang Cerdas Untuk Ruangan Kecil

Manakah pemisah ruangan favorit Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!