Dinding by 山巷室內設計

7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Membeli rumah adalah keputusan besar dalam hidup kita. Siapa sih yang tidak gembira bisa menikmati hasil kerja keras dengan memiliki sesuatu yang selama ini kita impikan? Namun jangan sampai kegembiraan itu membuat kita melupakan hal lain yang tidak kalah penting. Sering terjadi pengeluaran untuk membeli rumah jadi membengkak karena harus melakukan perbaikan. Agar bujet Anda sesuai dengan rencana pengeluaran, perhatikanlah hal-hal berikut ini sebelum memutuskan membeli sebuah rumah. 

1. Jumlah kamar dan ruangan

Ini adalah hal pertama yang harus diperhatikan saat melihat rumah incaran Anda. Terutama jika Anda berencana tinggal bersama beberapa anggota keluarga. 

2. Memeriksa instalasi listrik

Periksa apakah semua saklar dan steker di rumah itu berfungsi sempurna. Kemudian matikan semua lampu dan gunakan senter untuk memeriksa apakah ada lubang di langit-langit rumah. Ini penting agar Anda terhindar dari kebocoran saat musim hujan. 

3. Memeriksa dinding

Ketuk-ketuk semua permukaan dinding untuk memeriksa apakah konstruksi dinding sudah cukup kuat. Lakukan ini agar Anda tak perlu keluarkan biaya tambahan untuk perbaikan rumah. 

Baca juga: 

8 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencat Dinding Rumah Anda

4. Uji tekanan air di kloset

Jika tekanan air di kloset tidak besar, ini berarti ada masalah dengan kloset Anda. Bisa disebabkan oleh debit air di rumah yang tidak besar atau masalah pada instalasi air di kloset. 

Baca juga: 

10 Keputusan Terburuk Untuk Kamar Mandi Kecil

5. Periksa permukaan lantai

Permukaan lantai yang tidak rata bisa menimbulkan masalah di kemudian hari. Anda bisa membawa waterpas (alat ukur kedataran sebuah permukaan) untuk hasil yang lebih akurat. 

6. Periksa ventilasi udara

Ventilasi penting untuk menjaga lancarnya sirkulasi udara. Sejuk dan tidaknya hawa di dalam rumah ditentukan oleh ketersediaan ventilasi di rumah itu. Periksalah ventilasi rumah incaran Anda sebelum terlambat. 

7. Foto dan catat

Jika Anda menemukan masalah konstruksi di rumah incaran, ambil gambar dan tulis dalam buku catatan. Gunakan sebagai bahan diskusi dengan pemilik rumah untuk mencari solusinya. 

Baca juga: 

7 Kesalahan Interior Ini Buat Rumah Anda Kurang Menarik

Apakah saran Anda bagi pembaca yang berencana membeli rumah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!