Ruang Makan by RIBA MASSANELL S.L.

Inspirasi Interior Fungsional Untuk Rumah Seluas 80 m²

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Sebuah rumah mungil bisa menjadi surga jika kita terampil dalam menata interiornya. Meski hanya seluas 80m², rumah rustic ini menjadi tempat ideal bagi penghuninya untuk menghabiskan akhir pekan atau menikmati liburan. 

Rumah berbentuk persegi panjang 12 x 8 meter ini memadukan selera tinggi, kesederhanaan dan fungsionalitas. Kayu menjadi material utama, baik pada konstruksi maupun sentuhan akhir. Proses pembangunan mengimplementasikan beberapa jenis teknologi dan konstruksi untuk mengoptimalkan penggunaan material dalam proyek ini. Hasilnya adalah sebuah rumah yang menjadi favorit para arsitek dan desainer berkat kekuatan, daya tahan, dan keindahannya. 

Tata ruang rumah ini juga bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang butuh masukan perihal interior rumah kecil. 

1. Fasad utama

Tampilan depan rumah menunjukkan arsitektur yang sangat fungsional dan sederhana. Material bangunan bermutu tinggi benar-benar dimanfaatkan untuk menciptakan komposisi kokoh dan klasik. Teras mengundang kesan hangat dan tradisional dengan memadukan kayu, ubin, dan panel semen berbentuk persegi panjang di dinding. 

2. Teras

Sebelum masuk ke rumah, kita akan melintasi teras. Sebuah area yang berfungsi untuk menyambut tamu sekaligus tempat bersantai. Meja dan kursi bisa digunakan untuk menikmati sarapan di luar rumah. Dari sudut ini kita bisa melihat model atap rustic yang memadukan balok dan atap kayu. Tampak kontras dengan dinding putih. Simpel tapi menarik. 

Baca juga: 

10 Halaman dan Teras Bergaya Pedesaan nan Asri

3. Area selamat datang yang nyaman

Setelah membuka pintu kita akan disambut oleh sebuah meja makan dalam ruangan lapang yang nyaman. Bahan dan warna lantai yang digunakan sama dengan lantai teras. Demikian pula warna dindingnya. Pemilihan furnitur yang tepat dan dekorasi sederhana membuat area penyambutan tamu tampak lebih lapang. 

Baca juga: 

10 Ide Cemerlang Untuk Mendekorasi Area Masuk Rumah

4. Ruang makan dan ruang tamu

Tak jauh dari meja makan terdapat ruang tamu yang dihiasi lukisan dan lampu duduk putih. Seperti dinding putih dan atap kayu yang menaungi seluruh rumah, warna putih digunakan secara konsisten agar tercipta kesinambungan antar elemen di dalam rumah. Dinding menjadi pembatas antara ruang tamu dan dapur, namun tidak menutupnya sama sekali.

5. Dapur modern

Furnitur dapur modern membuat area ini bertolak belakang dengan ruangan lain yang kental dengan nuansa rustic. Meja dapur bentuk L merupakan perwujudan dari konsep minimalis mutakhir yang memadukan warna monokrom dan furnitur beraksen simpel. Furnitur dapur putih dengan pelapis meja dapur hitam menawarkan banyak tempat penyimpanan. Meja kayu lipat di seberang bak cuci bisa digunakan untuk memasak atau makan berdua. 

6. Kamar tidur

Kita akhiri kunjungan kali ini dengan meninjau suasana kamar tidur utama. Sebuah ruangan tenang dengan paduan biru dan putih, warna sempurna untuk mata yang letih. Kelambu dan seprei bermotif menjadi elemen hias, sedangkan dinding dibiarkan tetap putih seperti ruangan lainnya. 

Kesimpulannya, kunci kenyamanan rumah kecil terletak pada pemilihan warna elemen konstruksi, juga furnitur simpel dan fungsional. 

Baca juga: 

Apartemen Ukuran 80 Meter Persegi Dengan Penataan yang Cerdas

Apakah warna dinding yang Anda sukai? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!