by Alma Braguesa Furniture

Renovasi Dapur Jadul Menjadi Dapur Modern

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Ruang dapur adalah ruang yang terbilang spesial jika dibandingkan dengan fungsi ruang lainnya. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan jika Anda ingin membahas sebuah tampilan dapur yang menarik. Selain fungsional, sisi estetika merupakan poin lain yang kerap dijadikan fokus utama oleh para profesional saat mereka sedang dihadapkan oleh sebuah proyek dapur idaman.

Karena tanpa adanya estetika, unsur kenyamanan saat berada di dapur akan sukar didapatkan. Untuk itu, demi mewujudkan sebuah tampilan dapur idaman, dalam buku ide kali ini kami pun ingin mengajak Anda melihat perombakan sebuah dapur yang terbilang ekstrim. 

Dapur yang awalnya terlihat jadul ini, akhirnya kini dapat terlihat lebih modern berkat sentuhan tangan dingin para profesional. Untuk lebih jelasnya lagi mari ikuti penjabarannya melalui list berikut ini.

Tampilan jadul

Saat melihat foto di atas, pasti Anda langsung teringat akan desain dapur rumah nenek atau rumah tua lainnya. Penggunaan keramik sebagai lapisan dinding dan furnitur kayu yang menghiasi sekelilingnya adalah dua poin penting yang mewakili bahwa dapur tersebut bergaya jadul sekali. Model dapur seperti ini tentu akan terlihat tak sebanding jika Anda ingin mewujudkan konsep modern di rumah Anda.

Fungsional

Sekalipun jadul, namun dari segi penempatan dan pembagian ruang, konsep dapur lawas tersebut sudah terbilang dinamis. Rak penyimpanan tertutup sudah tertata rapih pada bagian atas dan bawah, area memasak sudah menggunakan jenis kompor modern, dan dimensi setiap furnitur yang benar-benar sangat diperhitungkan kesimetrisannya. Hal inilah yang menjadi rujukan dasar perombakan dapur tersebut ke model yang lebih modern.

Ruang makan sederhana

Selain area memasak, ruang dapur jadul ini ternyata memiliki sebuah sudut area makan sederhana yang dapat digunakan untuk 3 orang. Posisi ruang makan ini berseberangan dengan area memasak dan bersebelahan dengan posisi kulkas. Memang terkesan janggal, namun jika dilihat-lihat, mungkin konsep inilah yang menjadi dasar hadirnya dapur dengan gaya island belakangan ini.

Setelah dirombak – Tampilannya jadi lebih menarik

Jika melihat tampilan ini, mungkin Anda tak akan percaya jika tampilannya bisa sejadul ulasan yang awal tadi. Bagaimana tidak, dapur yang saat ini Anda lihat terlihat sangat modern dan trendi ini benar-benar terlihat berbeda dari sebelumnya. JIka sebelumnya sudah fungsional, maka dapur modern ini hadir lebih fungsional dengan nuansa elegannya yang khas. Dan dari segi estetika, dapur ini pun terlihat catchy dengan tampilan funitur dan corak lantainya yang unik.

Nuansa kayu dan warna kuning

Dari segi visual, dapur ini seolah memiliki dua sisi yang berbeda. Pada area partisi, nuansa kayu dan corak kuning benar-benar ditonjolkan. Sedangkan pada area latar dapur yang sebenarnya, dapur ini justru lebih condong menggunakan corak yang netral. Hal inilah yang membuat dapur ini terlihat unik dibandingkan jenis dapur modern pada umumnya. Untuk itu, maka tak heran pula jika lantai di dapur ini pun menggunakan corak yang seragam, karena jika amati ternyata fungsinya sangat berperan sebagai penegas teritori antara dapur dengan ruang yang berada disebelahnya, sekalipun fungsi partisi yang sebelumnya kita bahas sudah hadir didalamnya.

Dilengkapi komposisi modern

Setelah tampil modern, maka hal yang sama terlihat juga dari segi komposisi yang memenuhi dapur tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar, kompor listrik terlihat hadir diantara furnitur dapur. Selain itu, pemilihan corak kulkas pun sengaja dipilih yang agak sedikit berkilau, agar nuansa modern semakin melekat di dapur kekinian tersebut.

Partisi multifungsi

Selain berfungsi sebagai partisi, furnitur kayu pembatas yang berada pada area akses dapur ternyata dapat pula digunakan sebagai meja untuk meletakkan televisi seperti yang terlihat pada gambar.

Rapih dan bersih

Dan jika diamati dari dekat, maka tampilan dapur kece itu akan terlihat seperti ini. Nuansa abu-abu hitam sangat mendominasi didalamnya. Sekalipun demikian, namun furnitur modern tersebut tetap saja menyematkan unsur kayu pada area tengah sebagai penyeimbang material modern dan alami. 

So, tertarik kah Anda dengan ide ini? Jika iya, segera hubungi para profesional di kota Anda, agar Anda dapat mewujudkan tampilan dapur modern yang sempurna sesuai dengan impian Anda selama ini. Selamat berimajinasi.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!