Taman by GroenerGras Hoveniers

3 Cara Renovasi Taman Agar Lebih Indah dan Mudah Dirawat

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Taman di halaman belakang atau depan adalah miniatur alam di sekitar kita. Sama seperti alam yang harus dijaga kelestariannya, taman juga perlu dirawat agar dapat kita nikmati keindahannya setiap saat. Jika taman sudah tak menarik lagi, ini saatnya kita lakukan renovasi taman besar-besaran. Berikut ini adalah tiga proyek renovasi taman oleh ahli taman dari Belanda, GroenerGras Hoveniers, yang bisa Anda tiru sesuai kebutuhan. 

1. Sebelum: Perlu banyak waktu untuk merawatnya

Taman ini cukup luas dengan jalan setapak batu bata yang menarik. Namun pemilik taman ingin merenovasinya, karena tata letak tanaman telah tidak teratur dan perlu waktu lama untuk merapikannya kembali. 

Sesudah: Lebih rapi dengan garis linear

Sebelum direnovasi, taman ini memiliki banyak bidang berbentuk kurva. Bidang-bidang ini diubah menjadi halaman rumput persegi panjang dan jalan setapak linear dengan halaman rumput. Sebagian area ditutup dengan batu-batu kecil untuk meminimalisir tumbuhnya rumput liar. Selain tampak lebih rapi dan bersih, tidak diperlukan banyak waktu untuk merawat taman modern ini. 

Renovasi taman memang memerlukan biaya. Namun ini perlu dilakukan agar tidak ada pengeluaran lebih besar untuk merawat taman di masa mendatang.  

2. Sebelum: Kanal penuh semak belukar

Di Belanda sangat lumrah memiliki rumah yang berdiri di tepi kanal atau sungai kecil. Sama seperti di Indonesia, kanal atau sungai kecil adalah area publik dan diperlukan kesadaran masyarakat di sekitar untuk membersihkannya. Seperti inilah kondisi sungai dan tepiannya jika tidak dibersihkan, penuh semak belukar dan tidak menarik untuk dinikmati. 

Sesudah: Nikmat bersantai di tepi sungai

Selain memangkas pohon, semak-semak dan membersihkan tepi sungai dari alang-alang, pemilik rumah membuat sebuah dek kayu baru. Dek kayu ini dihubungkan dengan sebuah anak tangga warna hitam yang serasi dengan furnitur taman. Pagar kayu dibangun mengelilingi dek kayu untuk mencegah longsornya tanah di sekitarnya. Beberapa tanaman yang baru ditanam memberikan sentuhan modern di taman tepi sungai ini. 

Baca juga: 

29 Ide Air Mancur dan Kolam Untuk Segala Jenis Taman

3. Sebelum: Teras dengan furnitur usang

Furnitur taman dari kayu dan besi di atas jalan setapak batu bata sebenarnya menarik. Namun kondisi furnitur telah usang dan rusak. Tanaman di sekitarnya juga terlalu rimbun. 

Sesudah: Teras modern

Selain memangkas tanaman-tanaman yang rimbun, jalan setapak batu bata diganti dengan bidang berlantai keramik warna hitam. Sebuah jalan setapak yang memadukan batu-batu kecil putih dan lantai keramik hitam linear dengan petak tanaman dan pot-pot beton berwarna putih. Furnitur usang juga telah diganti dengan furnitur taman modern. 

Baca juga: 

20 Ide Renovasi Taman Sederhana nan Menawan

15 Ide Menawan Untuk Teras Rumah Anda

Manakah proyek renovasi taman yang paling Anda sukai?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!