Rumah by Jeffrey Dungan Architects

Rumah Kota Tua ini Direnovasi Jadi Cantik!

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Sebelumnya sudah ada banyak ide-ide membangun rumah dan hunian yang dapat menjadi inspirasi untuk merancang rumah anda. Tapi, ada beberapa pembaca yang sudah memiliki rumah dan ingin mempercantik atau mengubah beberapa hal menjadi sesuatu yang baru. Prem Engineering Home di Nakhon Sawan mengajak pembaca untuk melihat contoh rumah-rumah lama yang direnovasi menjadi hunian baru yang modern dan cantik.

Sebelum-Sesudah: Pintu Depan

Sebelumnya, hunian ini adalah sebuah rumah kota yang saling menempel satu sama lain yang kemudian direnovasi. Bagian pintu baja terlihat sudah sangat usang dan rusak, bahkan atap di bagian depan juga sudah retak dan berlubang. Hunian ini akan dipercantik dengan memasang paving di bagian depan, mengubah pintu dengan rangka hitam yang kokoh. Bagian atap kemudian diperbaiki kerentanannya dan didekorasi dengan penyangga yang ditempatkan di bagian lantai dua untuk memberikan lebih banyak privasi.

Sebelum-Sesudah: Ruang Kosong di Dalam Rumah

Ketika masuk dari pintu depan, anda akan melihat ruangan kosong dan terdapat sebuah kolam ikan yang sangat tua. Bagian ini direnovasi menjadi lebih cantik dengan dipasangnya lantai baru. Kolam ikan dihilangkan untuk mendapatkan ruang yang lebih besar sehingga bisa digunakan sebagai tempat parkir mobil. Dinding di sekitar ruangan tersebut dilapisi bilah kayu kecil di sekelilingnya dengan memainkan warna gelap dan terang. Sebuah desain cantik yang akan membantu melupakan gambaran lama ruangan ini.

Sebelum-Sesudah: Pintu ke Pintu

Pintu baja biasa terlihat tua dan sangat usang. Untuk tampilan barunya, bagian pintu direnovasi dengan menggunakan pintu kayu yang terlihat klasik dan hangat, menyatu dengan dinding kayu di bagian luar.

Sebelum-Sesudah: Lantai Bawah

Sejak pertama masuk, rumah ini awalnya diberi sekat dengan pintu kaca geser gelap. Pintu ini kemudian direnovasi untuk menyediakan ruang yang lebih lebar dan terbuka dengan cara menghilangkan pintu geser. Bagian lantai diberi lapisan untuk menyediakan ruang yang nyaman dan memudahkan penghuninya melakukan berbagai kegiatan di rumah.

Sebelum-Sesudah: Tangga ke Lantai Dua

Sebelumnya, tangga ke lantai dua terlihat berbahaya dengan adanya celah di masing-masing anak tangga dan tanpa adanya pegangan membuatnya makin terlihat tidak aman. Tangga yang baru lebih aman dan cantik dengan membuatnya tanpa celah, serta menambahkan pegangan di sepanjang tangga.

Sebelum-Sesudah: Area di Bawah Tangga

Sebelumnya tidak ada area di bawah tangga karena adanya celah di masing-masing pijakan. Penggunaan ruang di bawah tangga akan membuatnya terlihat tidak aman dan tidak cantik. Ketika direnovasi, ruangan di bawah tangga menjadi lebih berguna dan dapat dimanfaatkan sebagai pojok tempat bekerja atau melakukan pekerjaan rumah dengan menambahkan kursi, meja, serta rak buku. Pilih furniture yang pas diletakkan di bawah tangga.

Sebelum-Sesudah: Ruang Keluarga di Lantai Dua

Ruangan ini awalnya terihat usang dengan dinding yang terbuat dari bata semen, tanpa pelapis dinding atau dekorasi untuk membuatnya terlihat menyenangkan. Area ini kemudian direnovasi dengan dinding baru dan dicat. Selanjutnya ditambahkan dekorasi di salah satu sudut dengan dinding tanpa pelapis berwarna hitam dan bagian lantai dilapisi dengan kayu.

Sebelum-Bagian Belakang: Sudut dinding (ruang keluarga lantai dua)

Sebelum-Sesudah: Ruang Ganda

Ruangan di lantai dua adalah area terbuka yang luas. Bagian ini akan dihiasi dengan panel kaca dengan desain kaca bening untuk membagi ruangan sehingga membuatnya terbagi dengan cantik.

Sebelum-Sesudah: Kamar Tidur

Awalnya, kamar tidur dipasangi lantai dan punya banyak jendela, dan mengubahnya menjadi ruang terbuka yang cantik. Lantai kemudian diberi pelapis dan mengubah bingkai jendela agar terlihat lebih sylish. Tirai ditambahkan untuk memberi kesan yang cantik. Selanjutnya, meja ditambahkan di jendela untuk tempat membaca buku dan menjadi tempat masuknya cahaya alami.

Sebelum-Sesudah: Dapur

Awalnya menjadi bagian dari kamar mandi. Sedangkan area dapurnya terlihat tua dan tidak digunakan. Bagian ini kemudian direnovasi untuk membuatnya tampak indah untuk digunakan dan bagian kamar mandi dihilangkan. Dapur dibagi menjadi beberapa area untuk tempat mencuci dan memasak, serta mesin cuci di salah satu sudut. Kemudian menambahkan konter di bagian atas sebagai tempat penyimpanan.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!