Dapur by Eightytwo Pte Ltd

​9 Trik Menata Dapur dengan Luas Dibawah 10 m²

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Dalam hunian modern, area dapur kerap dijadikan korban, demi luasnya ruang lain yang lebih sering digunakan. Hal ini tentu perlu diperhatikan agar dapur mini tersebut dapat tetap terlihat kece dan nyaman saat digunakan untuk keperluan harian. Sekalipun jarang digunakan, namun dapur tetap menjadi bagian interior rumah yang tak bisa dianaktirikan begitu saja. Seperti halnya ruang-ruang lain, dapur memiliki nyawanya sendiri untuk mewujudkan sebuah tampilan rumah yang eksklusif. Untuk itu, demi menginspirasi banyak pemilik rumah modern di luar sana, dalam buku ide kali ini kami pun telah merangkum 9 model dapur mungil kece yang bisa Anda contek untuk tampilan dapur di hunian Anda. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak penjabaran list berikut ini.

1. Minimalis

Solusi dapur yang simpel adalah khas yang ditawarkan oleh gaya yang satu ini. Selain itu, kesan bersih dan rapih juga akan Anda rasakan karena model dapur ini tak banyak ragam dan sangat memaksimalkan luas ruang yang ada. Syarat utama untuk mewujudkan dapur model ini adalah, Anda harus memilih material dapur dengan model yang simpel dan simetris, agar kesan minimalis benar-benar hadir di ruang memasak tersebut.

2. Konsep terbuka

Meniadakan partisi secara sebagian adalah cara praktis untuk memperluas tampilan dapur yang Anda miliki. Seperti yang terlihat pada gambar, dapur beraksen putih tersebut tentu akan terasa pengap jika keberadaannya ditutupi oleh partisi yang solid. Hal tersebut tentu akan menyesakkan keadaan dapur mungil tersebut saat digunakan dalam keseharian. Untuk itu, demi menyiasatinya, Anda dapat contek bagaimana cara mengaplikasikan partisi sebagian seperti yang terlihat pada gambar di atas. Anda dapat manfaatkan beberapa ruang penyimpanan sebagai pembatas pada ruang atas dan bawah, sehingga teritori dapur sedikit terlihat sekalipun terdapat rongga visual pada bagian tengahnya saja.

3. Permainan warna

Jika Anda merasa bosan dengan corak dapur yang terlalu monoton dan mainstream. Maka dalam hal ini Anda dapat mengekspresikan kegundahan Anda tersebut dengan warna-warna yang unik dan menarik. Tak hanya sekedar lewat media cat, coretan warna-warna pembeda tersebut tentu dapat pula Anda aplikasikan lewat beragam material lain seperti hadirnya unsur keramik, kayu atau batuan alam diruang memasak tersebut.

4. Tampil sederhana

Model ini tak jauh berbeda dari konsep minimalis sebelumnya, hanya saja dari segi dimensi, dapur jenis ini terlihat lebih mini dan benar-benar sangat sederhana. Seperti yang terlihat gambar, wujud dapur yang sebenarnya hanyalah sebuah rangkaian kompor, oven dan wastafel yang terlihat menyatu dalam satu furnitur dapur yang menyudut pada dinding. Sedangkan unsur lain didepannya hanyalah sekedar pemanis tambahan, layaknya model island sederhana yang dapat difungsikan sebagai meja makan untuk dua orang. Ide ini tentu sangat cocok untuk Anda yang tinggal dalam sebuah apartemen yang notabene memiliki luas ruangan yang terbilang sempit.

5. Memaksimalkan ruang penyimpanan

Tampil sederhana dan minimalis bukan berarti tak memperhatikan ruang penyimpanan yang dibutuhkan. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, sekalipun tampil dengan gaya modern dan dimensi yang terbatas, namun dari segi pemanfaatan ruang dapur ini berhasil menarik perhatian. Bagaimana tidak, dari segi furnitur, dapur ini terbilang unggul dari segi ruang penyimpanan. Karena tidak hanya pada furnitur utama, ruang penyimpanan ternyata juga terlihat maksimal pada area island yang terdapat pada bagian depannya.

6. Konsep memanjang

Dapur jenis ini adalah jenis dapur idaman bagi sebagian banyak pemilik rumah. Kenapa? karena dapur jenis ini terbilang rapih dan mudah untuk dibersihkan. Selain unggul dari ruang penyimpanan, dapur ini juga terlihat maksimal dari segi desain. Karena pemaksimalan desain dapat sekali dilakukan, mengingat posisi dapur yang terbuka sehingga dapat pula dijadikan sebagai sebuah sudut eksklusif bagi Anda yang sangat hobi memasak.

7. Memanfaatkan lorong

 Dapur by Ambientta Arquitetura
Ambientta Arquitetura

PROJETO COZINHA APARTAMENTO MB – Tristeza/ Porto Alegre

Ambientta Arquitetura

Jika Anda memiliki ruang lorong untuk dijadikan dapur, maka Anda butuh sedikit kreativitas untuk menghadirkan area memasak tersebut didalamnya. Selain memainkan furnitur yang simpel, penggunaan warna yang terang dan nyentrik adalah cara lain yang dapat Anda lakukan agar kesan gelap tak mudah hadir didalamnya.

8. Modern minimalis

Penggabungan dua konsep tersebut dapat terlihat di dapur jenis ini. Dimana unsur minimalis dari sebuah tampilan dapur sengaja diseimbangkan dengan material stainless, sehingga corak modern tersebut benar-benar terlihat berkilauan pada area island dan keseluruhan furnitur dapur lainnya.

9. Menghubungkannya dengan area luar

Menyematkan unsur jendela atau pintu adalah trik bagus yang dapat Anda lakukan, jika dapur Anda ingin terlihat terang atau mendapatkan sirkulasi udara yang segar setiap saat.

Anda tertarik dengan ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!