Rumah kayu by Rusticasa

8 Rumah Kecil Nyaman Untuk Masa Tua Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Tak ada salahnya membut rencana untuk hari tua selagi kita masih muda. Selain menyiapkan tabungan, kita juga perlu merencanakan seperti apa rumah yang ingin kita tinggali di masa pensiun. Saat ini mungkin kita menginginkan rumah mewah lengkap dengan kolam renang. Namun, para orang tua kita ternyata lebih menyukai rumah kecil untuk menghabiskan hari tua dengan tenang. 

Berikut ini adalah beberapa desain rumah kecil yang disukai para orang tua. Cocok juga untuk Anda yang berencana membangun rumah di area terbatas.  

1. Rumah kecil berjendela besar

Rumah simpel satu lantai ini adalah contoh sempurna keanggunan dan kesederhanaan. Kokoh dengan dinding batu bata bercat putih dan atap genteng klasik abu-abu. Jendela persegi panjang dengan bidang-bidang kecil adalah jalan masuk bagi sinar matahari dan sarana menghibur diri memandangi taman dari dalam rumah. 

2. Rumah kayu beratap datar

 Household by Myotte-Duquet Habitat
Myotte-Duquet Habitat

Maison de plain-pied, petit volume (100m2)

Myotte-Duquet Habitat

Rumah ini memadukan material kayu, kaca dan baja di tengah alam yang hijau. Alternatif menarik untuk para pensiunan yang suka mencoba hal-hal baru untuk menciptakan rumah nyaman dan hangat setiap saat. 

3. Fasad abu-abu dan putih

  by homify
homify

Fachada

homify

Kenyamanan juga datang dari kesederhanaan. Paduan putih dan abu-abu, jendela kisi-kisi, balkon, dan teras semi terbuka dengan pilar-pilar klasik adalah gambaran sempurna tentang rumah kakek nenek. Rumah ini menggunakan atap perisai yang umum digunakan di Indonesia, juga dicat abu-abu serasi dengan dinding. 

4. Rumah kecil tropis

 Spa by BAMBU CARBONO ZERO
BAMBU CARBONO ZERO

Beiral com Bambu

BAMBU CARBONO ZERO

Rumah berbentuk bujur sangkar ini adalah perwujudan desain tropis dalam kehidupan nyata. Atap bambu sintetis akan melindungi penghuni dari panas dan hujan, sekaligus sentuhan alami yang estetis. Sebuah rumah yang cocok didirikan di pedesaan yang tenang dan damai. 

5. Rumah gaya Jepang

 Rumah by arc-d

Suka menikmati area terbuka dengan panorama taman? Rumah gaya Jepang ini cocok untuk Anda. Ruang keluarga dilengkapi pintu geser yang bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. Lantai kayu model panggung akan membantu mendatangkan kehangatan ke dalam rumah. Sementara atap limas berongga dapat melancarkan sirkulasi udara dan mencegah hawa panas.

Baca juga: 

7 Cara Membuat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

6. Rumah kereta api

Warna industrial dan bentuknya yang memanjang mengingatkan kita akan gerbong kereta api. Desainer rumah ini bahkan memanfaatkan rel kereta api yang telah tak terpakai sebagai pagar rumah. Jika Anda memiliki lahan memanjang di area sempit, desain rumah ini bisa dipertimbangkan. 

7. Atap pelana plus panel surya

 Bungalow by Mihm Thermohaus
Mihm Thermohaus

Winkelbungalow Terrassenansicht

Mihm Thermohaus

Rumah atap pelana adalah pilihan ideal bagi Anda yang ingin memiliki plafon tinggi. Bagian terbaik rumah ini ada pada solar panel (panel surya) yang dipasang di atap pelananya. Meski telah memasuki usia senja, siapapun dapat berkontribusi menjaga kelestarian alam dengan memanfaatkan matahari sebagai sumber energi yang bebas polusi dan melimpah. 

Baca juga: 

10 Tips Membangun Rumah Hemat Energi 

8. Rumah kayu keras

Hard wood (kayu keras) adalah material ideal untuk semua rumah. Furnishing coklat gelap membuat rumah kayu ini tampak anggun dan kokoh hingga bertahun-tahun. Teras dek kayu lebar akan menyambut hangat teman-teman atau keluarga untuk menikmati kebersamaan setiap saat. 

Baca juga: 

2 Desain Rumah Kecil dan Terjangkau

Seperti apakah rumah yang Anda impikan untuk hari tua? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!