by Spazio3Design

7 Langkah Mudah Hadirkan Kamar Mandi Nyaman!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Anda sedang terpikirkan untuk mengubah atau merenovasi kamar mandi di rumah Anda saat ini? Jika Anda masih ragu-ragu untuk memulainya, maka artikel khusus yang diciptakan para ahli di homify ini sempurna untuk Anda baca! Kami hadirkan untuk Anda menyimak 7 langkah mudah hadirkan kamar mandi nyaman, agar Anda mengetahui lebih dalam mengenai persiapan apa saja yang diperlukan untuk menciptakan kamar mandi yang tidak hanya indah, tetapi juga nyaman untuk digunakan!

Tunggu apalagi? Yuk siapkan buku catatan Anda dan rancang sendiri kamar mandi impian Anda! Setelahnya, lanjutkan dengan proses konstruksi dengan teknik terkini yang akan dijelaskan pada artikel berikut ini. Simak selengkapnya!

1. Pipa saluran air

Hal pertama yang paling penting untuk Anda lakukan adalah proses pembangunan pipa saluran air di kamar mandi. Karena saluran ini tersembunyi di balik dinding, maka sudah sewajarnya jika Anda memulai proses pemasangan pertama kali. Tentunya, sebelum melakukannya sendiri, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan para profesional yang sudah terbiasa memasang pipa. Sebagai tambahan, Anda juga dapat mempertimbangkan pemasangan pipa yang dapat diganti atau dimodifikasi di waktu yang akan datang. Maka dari itu, penting rasanya untuk memperoleh pendapat orang lain sebelum membangunnya.

2. Persiapan untuk pelapisan dinding

Jika pemasangan pipa saluran air sudah terpasang di berbagai titik yang dibutuhkan, maka proses selanjutnya adalah persiapan untuk renovasi dinding. Sebelum memasang keramik atau mengecatnya, plester terlebih dahulu dinding tersebut untuk menutupi pipa-pipa yang terlihat. Cara ini dapat meminimalisir terjadinya kebocoran. Selain itu, permukaan dinding yang telah diplester juga lebih siap untuk dipasangi keramik atau dicat dan setelahnya dihias.

3. Sekarang, saatnya menyelesaikan bagian lantai!

Setelah selesai dengan proses plester dinding, sekarang waktunya untuk melakukan hal yang serupa pada bagian lantai. Hal ini dilakukan untuk memastikan dinding lebih aman dan terbebas dari banjir jika digunakan dalam waktu yang lama.

4. Pemasangan keramik di seluruh permukaan kamar mandi

Jika proses plester di seluruh kamar mandi sudah selesai, maka pemasangan keramik di seluruh ruangan dapat dilakukan. Tidak hanya indah, keramik ini juga dapat memudahkan Anda ketika membersihkan kamar mandi. Selain itu, keramik juga memastikan kamar mandi Anda terbebas dari banjir, karena air akan langsung mengalur ke dalam saluran pembuangan.

5. Saatnya memasang dekorasi cantik di kamar mandi Anda!

Kebanyakan kamar mandi trendi biasanya dihiasi dengan batuan mosaik. Untuk proses pemasangannya pun tidak terlampau sulit, cukup tempatkan batuan ini di sela-sela keramik pada bagian dinding dan juga lantai.  Agar memudahkan Anda dalam memasangnya, coba cari batuan mosaik yang sudah berbentuka lempengan, sehingga waktu yang dihabiskan untuk pemasangan pun lebih cepat. Pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan tukang, agar Anda menemukan ukuran yang tepat dan sesuai dengan kamar mandi Anda.

6. Tahap finishing, menambah dekorasi lain sesuai kepribadian Anda

Saatnya memasang perlengkapan kamar mandi! Pada tahap ini, Anda dapat menghias kamar mandi Anda dengan dekorasi yang sesuai dengan kepribadian Anda. Misalnya, dengan pemasangan kloset duduk atau jongkok, rak tempel minimalis, dan lainnya. Proses ini sangat menyenangkan jika dikerjakan bersama anggota keluarga lainnya!

7. Kamar mandi minimais dan nyaman siap untuk digunakan!

Desain yang indah tentunya menjadi elemen penting untuk membuat kamar mandi Anda menjadi lebi cantik. Tetapi, tidak perlu menggunakan perlengkapan kamar mandi mahal untuk memberikan tampilan elegan di dalamnya! Cukup pilih material dan fungsi perlengkapan kamar mandi sesuai kebutuhan. Seperti pada gambar berikut ini, di mana tim arsitek memilih shower gantung untuk membuat kamar mandi lebih elegan tanpa perlu mengeluarkan biaya terlampau besar. Dengan begitu, kamar mandi nyaman dan aman pun dapat Anda dapatkan dengan mudah!

Ingin artikel serupa lainnya yang tak kalah inspiratif? Simak artikel mengenai kamar mandi pada tautan berikut ini!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!