Dapur by Bilgece Tasarım

7 Trik Agar Rumah Lebih Mudah Dibersihkan

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Adalah impian setiap ibu rumah tangga untuk bisa membersihkan rumah dalam waktu kurang dari 1 jam. Namun, ada juga sebagian orang berbakat yang berhasil mewujudkan impian itu. Ulasan berikut ini akan membuat Anda menjadi salah satu dari mereka. Kami akan menjelaskan apa saja yang perlu dilakukan agar rumah lebih mudah dibersihkan. 

1. Cairan pembersih dan perangkat kebersihan yang tepat

  by homify

Bijaksanalah dalam memilih cairan pembersih dan perangkat kebersihan. Gunakan cairan pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi, bak cuci piring, kloset, dan perangkat lainnya. Cairan pembersih merk tertentu biasanya lebih ampuh dan cepat membersihkan kotoran dibandingkan cairan pembersih yang murah harganya. Waktu Anda pun tak akan terbuang sia-sia. 

Baca juga: 

8 Tips Membersihkan Rumah Dengan Bahan Alami 

2. Pindahkan furnitur

Lantai di bawah meja tertutup atau area di belakang rak biasanya lebih kotor daripada area lainnya. Pindahkan atau geser furnitur kuno saat Anda membersihkan lantai di bawahnya secara bersih sempurna. 

3. Gunakan penyedot debu

Gunakan penyedot debu bertenaga maksimal yang mampu menghancurkan partikel debu tak kasat mata. Sofa, bantal kursi, dan karpet akan lebih higienis jika Anda membersihkannya dengan penyedot debu. 

4. Ganti seprei

 Kamar Tidur by 2 lovely gays
2 lovely gays

Cloudsley Road

2 lovely gays

Seprei sebaiknya diganti setiap minggu. Jika seprei sudah terlalu kotor, Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mencucinya. 

5. Letakkan semua pada tempatnya

Keteraturan akan membuat hidup jadi lebih indah. Biasakan untuk menyimpan semua perangkat makan dan masak pada tempatnya setelah digunakan. Dapur pun akan terlihat lebih rapi dan bersih. Hiasan dapur sebaiknya simpel dan tidak banyak detil. 

6. Pasang cermin besar di kamar mandi

Cermin besar akan membantu Anda mengetahui mana sudut kamar mandi yang perlu dibersihkan. Gunakan furnitur kamar mandi simpel namun fungsional agar mudah dibersihkan jika telah kotor. Kloset, dinding, lantai, dan wastafel kamar mandi sebaiknya berwarna putih agar terkesan bersih setiap saat. 

Baca juga: 

14 Trik Membersihkan dan Merawat Kamar Mandi 

7. Jangan buka semua jendela

Membuka jendela lebar-lebar di pagi hari baik untuk kesehatan kita. Namun di siang hari (apalagi di musim kemarau) kondisi tanah sangat kering dan mudah tertiup angin. Debu yang masuk dari jendela akan mengotori furnitur dan menjadi sumber penyakit. Cukup buka satu atau dua jendela saja di siang hari untuk mencegah masuknya debu ke dalam rumah. 

Baca juga: 

10 Cara Mudah dan Efektif Membersihkan Rumah 

Apa yang Anda lakukan agar rumah lebih mudah dibersihkan? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!