Exterior:  Rumah by E&U

Rumah Modern Fungsional dengan Sentuhan Etnik

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah bukan lagi menjadi sekedar tempat berlindung bagi penghuninya, namun juga menunjukkan karakter dan pencapaian hidup atau prestise. Rumah mewah House of Light karya arsitek Jakarta, E&U, adalah contoh sempurna sebuah rumah yang menjadi kebanggaan pemiliknya. Terletak di Sentosa Cove, Singapura, rumah ini memiliki panorama bukit dan lingkungan yang asri. Di malam hari, rumah ini tampak bercahaya dan menenangkan jiwa. Seperti apakah suasana di dalamnya? 

1. Fasad depan

Exterior:  Rumah by E&U
E&U

Exterior

E&U
E&U
E&U

Rumah modern ini menggunakan paduan atap sandar dan atap pelana modern. Terdiri dari dua lantai dan deretan jendela kaca memaksimalkan pencahayaan di dalam rumah, sekaligus sarana untuk menikmati panorama indah di luar. Dirancang dengan teliti sesuai kondisi permukaan lahan yang tidak rata. Sekilas rumah ini tampak biasa-biasa saja. Asal tahu saja, salah satu ciri arsitektur Timur Tengah adalah tampilan luar bukan gambaran tampilan interiornya.

2. Ruang keluarga gaya modern

Living Room:  Ruang Keluarga by E&U
E&U

Living Room

E&U
E&U
E&U

Warna putih tampak dominan di rumah ini, termasuk di ruang keluarga. Putih mudah dipadupadankan dengan warna apa saja, mulai coklat natural hingga bantalan kursi  bercorak warna-warni. Plafon gantung menjadi detil hiasan, sekaligus penanda dua area duduk yang berbeda. Dilengkapi dengan pintu geser dari bahan logam untuk menciptakan ruang privat sesuai kebutuhan. 

Baca juga:

38 Ide Jitu Untuk Membagi Dapur, Ruang Makan dan Ruang Keluarga 

3. Lebih fantastis dengan plafon gantung

Living Room:  Ruang Keluarga by E&U
E&U

Living Room

E&U
E&U
E&U

Plafon gantung di ruang keluarga ini sungguh fantastis. Selain bisa membuat penampilan ruangan lebih rapi dengan menyembunyikan lampu-lampu, plafon gantung juga bisa menjadi elemen hias cantik tanpa banyak pernak-pernik. Nada warna abu-abu kecoklatan tampak lebih hangat di bawah sinar lampu putih. Pemilihan warna bantal kursi yang tepat akan meningkatkan nilai estetika ruangan manapun. Ceruk tempat televisi merupakan sentuhan Timur Tengah di ruangan ini. 

4. Kamar tidur serba kayu

Bedroom:  Kamar Tidur by E&U
E&U

Bedroom

E&U
E&U
E&U

Plafon gantung kembali digunakan di kamar tidur. Kali ini dipadukan dengan plafon kayu dan pelapis dinding bermotif Timur Tengah pada ceruk di dinding di mana lampu meja diletakkan.  Paduan warna natural coklat dan abu-abu tidak terlalu menyolok dan dapat membantu Anda tidur lelap sampai pagi. 

Baca juga: 

Tips Mengatur Kamar Tidur Agar Tidur Lebih Nyenyak 

5. Kamar tidur plus ruang baca

Bedroom:  Kamar Tidur by E&U
E&U

Bedroom

E&U
E&U
E&U

Langit-langit tinggi dan melengkung adalah salah satu ciri arsitektur Timur Tengah. Ini bisa kita jumpai di salah satu kamar tidur yang juga berfungsi sebagai ruang baca. Ceruk di atas pintu menjadi kontras sekaligus penanda fungsi area yang berbeda, yaitu sebagai ruang baca.

6. Plafon gantung bermotif mosaik

Dining Room:  Ruang Makan by E&U
E&U

Dining Room

E&U
E&U
E&U

Plafon gantung juga bisa kita lihat di dapur yang interiornya didominasi warna abu-abu. Uniknya, plafon gantung di sini dihiasi ubin motif mosaik yang biasanya digunakan di dinding kamar mandi atau backsplash. Ubin sejenis juga digunakan untuk melapisi pilar. 

7. Tangga masuk ke rumah

Tangga:  Koridor dan lorong by E&U
E&U

Tangga

E&U
E&U
E&U

Inilah fitur terbaik di House of Light, plat tembaga berornamen yang dipasang membentuk pilar raksasa. Di dalam pilar terdapat lampu-lampu berwarna kuning lembut. Jika malam tiba, lampu-lampu mulai dinyalakan dan terbentuklah bayangan motif pada beberapa bagian tangga. Indah dan tiada duanya, bagaikan istana di Negeri Seribu Satu Malam. 

8. Kamar mandi hitam putih

Bathroom:  Kamar Mandi by E&U
E&U

Bathroom

E&U
E&U
E&U

Lantai dan dinding kamar mandi terbuat dari marmer hitam bercorak putih yang elegan. Kamar mandi terbagi menjadi tiga area, toilet, kamar mandi shower, dan bathtub. Sebuah jendela kaca besar dipasang persis di dekat bathtub untuk nikmatnya mandi berendam sambil memandangi panorama sekitar. 

9. Kolam renang

Swimming Pool:  Rumah by E&U
E&U

Swimming Pool

E&U
E&U
E&U

Bagian terbaik lainnya di rumah ini adalah kolam renang yang tidak lebar namun memanjang. Selain menjadi sarana menjaga kebugaran tubuh, kolam renang bisa menjadi dekorasi taman yang menarik. Salah satu dinding kolam renang terbuat dari kaca agar jernihnya air bisa terlihat jelas. Plat kayu horizontal di kanan kirinya merupakan elemen natural yang membuat sudut ini semakin menawan. 

Baca selengkapnya tentang rumah impian lainnya di: 

Rumah Peristirahatan Dengan Fasad dan Interior Terindah 

Tertarikkah Anda pada arsitektur Timur Tengah? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!