by プラスアトリエ一級建築士事務所

Rumah Minimalis Dilengkapi Taman Tengah yang Menakjubkan!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Anda ingin memiliki rumah yang dilengkapi teras atau halaman yang lebih dari sekedar halaman biasa? Anda sudah di artikel yang tepat, karena homify akan menghadirkan kepada Anda sebuah tur mengelilingi rumah yang memiliki ruangan eksternal privat yang didirikan di atas lahan yang sempit dan juga padat penduduk. Rumah ini sangat cocok sekali bagi Anda yang saat ini ingin membangun rumah di tengah perkotaan.

Selain itu, rumah yang mengadaptasi rumah multi keluarga atau komplek perumahan ini juga cukup istimewa, karena dilengkapi dengan ambien dan juga suasana yang membuat Anda lebih tenang dan juga nyaman setelah beraktivitas seharian. Anda juga tidak perlu lagi takut privasi terganggu, karena rumah ini dikelilingi dinding beton yang memungkinkan Anda melakukan kegiatan apapun dengan lebih leluasa. Penasaran? Yuk simak selengkapnya tur homify bersama para ahli yang mendesain rumah ini!

1. Tampilan depan tertutup hadirkan privasi lebih bagi pemilik

Ketika Anda menyambangi bagian depan rumah ini, langsung terlihat fasad depan yang santai dilengkapi taman kecil di area pintu masuk. Sementara itu, bagian luar sepenuhnya tertutup oleh dinding, yang dimaksudkan agar pemilik dan keluarganya memiliki privasi lebih ketika menjalankan aktivitas di dalam rumah. Hanya terdapat sebuah jendela yang berfungsi pula sebagai keluar masuknya udara ke dalam ruangan. Bentuknya yang diagonal dan agak kosong di tengahnya juga membuat orang yang lewat menebak-nebak, bagaimana sebenarnya bagian dalam rumah ini? Walaupun begitu, rumah ini masih terdapat di dalam sebuah komplek perumahan, lho!

2. Taman mungil yang membuat rumah tampak hidup dan berkarakter

Untuk menyediakan lahan parkir untuk beberapa mobil di depan rumah, taman ditempatkan tepat di depan pintu masuk dengan desain yang sederhana. Pemilihan tanaman pun dilakukan dengan sangat hati-hati, dengan mempertimbangkan perawatan dan juga dimensi tanaman yang memiliki efek dekorasi. Tampilan yang sedikit abstrak dengan pintu masuk ternyata memberikan siluet yang mengagumkan ketika akan masuk ke dalam! Paduannya dengan pintu kayu yang memperlihatkan serat yang dipoles juga tak kalah indahnya.

Nah, bagaimana dengan desain interior rumah ini? Yuk langsung masuk ke dalam!

3. Pintu masuk yang melalui taman mungil di tengah rumah

Setelah memasuki pintu depan, ternyata Anda akan disambut dengan sebuah oase berupa taman di tengah rumah! Ya, Anda benar, rumah ini ternyata dilengkapi dengan taman mungil di bagian tengahnya. Itulah alasan mengapa dari depan tadi bagian tengah rumah terlihat kosong. Hasil akhir antara taman yang berpadu dengan cat putih dan juga kusen dan beberapa dinding yang menggunakan bahan kayu berwarna alami juga terlihat sangat nyaman dan menenangkan.

Sementara itu, pada bagian taman terdapat kerikil dan juga batu-batu kecil yang menjadikan taman tidak monoton. Kalau sudah begini, tidak perlu lagi cari udara segar keluar rumah bukan?

4. Taman mungil di tengah rumah untuk keluarga bersantai

Kita lihat lebih detil bagian taman di tengah rumah berikut ini. Dari bagian taman, kita dapat langsung melihat ruangan dalam yang hanya dibatasi kaca besar, yang berfungsi ganda untuk membuat cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Di tengah ruangan, tersedia lahan yang cukup besar untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti barbekyu bersama keluarga ataupun teman atau juga sekedar memanjakan mata dengan pemandangan hijau ketika kecapean beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, pada perspektif ini, terlihat pula jika rumah memiliki ruangan di dua lantai, yang keduanya memiliki pemandangan langsung ke bagian taman.Tampak memukau ya!

5. Detil interior rumah yang indah dan menuai decak kagum

Ruangan rumah ini dilengkapi pula dengan pintu masuk dengan kisi berbahan kayu yang adem. Terdapat sebuah permukaan dinding yang dilengkapi pinyu masuk bercahaya di antara lorong, yang memungkinkan pemilik dan keluarganya mengakses ruang tengah dengan lebih cepat. Di balik tangga, terdapat sebuah ruang televisi yang memungkinkan anggota keluarga menghabiskan waktu sambil bersantai. Jangan lupakan pula, detil pada tangga yang menggunakan bahan kayu yang telah diperhalus dengan amplas. Tampak menonjol dan juga alami!

6. Ruang tengah yang terhubung dengan taman mungil di tengah rumah

Alihkan pandangan Anda sedikit dan terlihat sebuah ruang tengah dengan akses langsung ke taman tengah yang dibatasi dengan pintu kaca lebar pada bagian kiri ruangan. Ruang tengah seperti ini sangat penting untuk rumah keluarga di perumahan, karena memungkinkan sosialisasi dengan tetangga dengan lebih maksimal. Selain itu, pada ruangan ini pemilik dan keluarganya juga dapat menjamu tamu sambil menyantap makanan yang telah disiapkan di dapur.

Dalam beberapa kasus, ruang tamu juga didesain dengan mengadaptasi lahan ruangan yang tersedia, mengingat taman tengah merupakan elemen yang esensial, maka penataan ruangan juga terkadang memiliki trik khusus. Walaupun begitu, rumah tetap dapat menampilkan karakter yang kuat lewat warna abu-abu tua pada bagian furnitur dan putih pada dindingnya. Paduan kedua warna ini dengan lantai kayu menyajikan efek visual yang tak kalah mengagumkannya!

7. Dapur luas untuk segala kebutuhan!

Dapur besar yang berada di bagian kanan ruangan mengadopsi gaya island kitchen, dengan tempat memasak yang berbeda dengan tempat mencuci. Tampilan dapur sengaja dibuat lebih chic agar pemilik dan keluarganya dapat beraktivitas seperti memasak ataupun menyiapkan minuman dengan lebih nyaman. Dapur juga dilengkapi dengan pencahayaan tidak langsung, yang membuat dapur tidak terlampau terang, tapi cukup untuk menerangi bagian ruangan ini.

Butuh ide dapur lain yang chic dan elegan? Yuk simak artikel inspirasi dapur berikut ini!

8. Pemandangan ala film di tengah rumah

Rumah yang menggabungkan elemen alam dengan ruangan akan terlihat nyaman di segala musim. Akan tetapi, agar kenyamanan tersebut tetap terjaga, perlu dibangun dinding yang cukup tinggi untuk menghalau udara dingin atau angin yang berlebihan masuk ke dalam rumah. Sehingga, keluarga pun dapat merasakan kenyamanan saat hidup bersama. Apalagi, pemandangan yang ditampilkan tiap harinya seperti ini. Wah, sudah seperti di film-film Jepang atau Korea rasanya! Masih belum tertarik?

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!