Foyer:  Klinik by Juxta Interior

4 Tips Tata Ruang Tempat Usaha

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Merancang interior tempat usaha dan rumah tinggal sebenarnya memiliki kesamaan. Keduanya sama-sama bertujuan memberikan kenyamanan bagi siapapun yang berada di dalamnya. Bagi tempat usaha, interior sebaiknya bisa mendukung aktivitas usaha dan turut mempromosikan tempat usaha secara tidak langsung. Pelanggan yang merasa puas dan nyaman dengan suasana tempat usaha pasti akan datang kembali. Siapa tahu mereka akan merekomendasikan tempat usaha Anda pada kenalan-kenalannya. 

Berikut adalah beberapa tips menata interior tempat usaha agar mendatangkan lebih banyak pelanggan, dan juga keuntungan bagi Anda. Sebagai contoh adalah interior klinik kecantikan bulu mata Everlash karya desainer Juxta Interior asal Jakarta Barat. 

1. Suasana menyenangkan

Klien atau kustomer sebaiknya mendapatkan impresi yang sempurna sejak melangkah masuk ke salon kecantikan Anda untuk pertama kalinya. Area masuk setelah pintu harus ditata rapi dan memiliki pencahayaan memadai. Pajang foto-foto klien Anda yang paling atraktif di koridor. Bisa tambahkan tanaman hias untuk menyegarkan suasana. 

Baca juga: 

7 Ide Keren Untuk Koridor Rumah Anda 

2. Pemilihan warna yang tepat

Hindari menggunakan warna yang terlalu menyolok mata, karena orang akan mudah bosan melihatnya. Lebih baik pilih warna netral seperti coklat atau abu-abu muda yang bisa membuat ruangan tampak cerah. 

Baca juga: 

Inspirasi: 10 Ruang dengan Warna Cat Netral

3. Furnitur nyaman dan asesoris menarik

Pepatah mengatakan, pembeli (pelanggan) adalah raja. Pelanggan yang tak merasa nyaman pada kunjungan pertamanya dipastikan tidak akan kembali lagi pada kita. Tatalah ruang tunggu yang tidak hanya menarik dari segi artistik, namun juga nyaman. Ini perlu kita lakukan karena ada kalanya salon kita penuh,  dan beberapa pelanggan harus menunggu giliran dilayani. Selain furnitur empuk, majalah, atau WiFi gratis bisa disediakan agar pelanggan tidak merasa bosan. 

4. Pembagian ruang

Desain interior salon kecantikan harus memperhatikan keseimbangan antara tampilan dan fungsionalitas. Ruang perawatan sebaiknya dilengkapi furnitur nyaman dan selalu bersih. Pilih bahan yang ringan untuk pembatas ruangan, terutama jika ruangan tidak terlalu lebar. Ventilasi dan pencahayaan juga perlu diatur agar proses perawatan berjalan lancar, dan kenyamanan pelanggan tidak terganggu. 

Bagaimana cara Anda menata interior tempat usaha?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!