Kolam Renang by Future Pool GmbH

Pekarangan Biasa Disulap Menjadi Kolam Bermain!

Homify.co.id Homify.co.id
Loading admin actions …

Musim panas telah tiba! Anda ada rencana untuk bermain air di taman air di dekat rumah? Tidak perlu jauh jauh lagi, karena homify hadirkan kepada Anda sebuah proyek sebelum dan sesudah dari sebuah pekarangan biasa yang disulap menjadi sebuah kolam bermain yang menyenangkan. Sebelum diubah, pekarangan hanya dipasangi batu-batuan kali yang tidak terlihat menarik untuk anak-anak, bahkan untuk orang dewasa sekali pun!

Proyek yang dikerjakan oleh para ahli ini tidak hanya dapat Anda jadikan inspirasi, tetapi juga menyediakan informasi lengkap mengenai langkah demi langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuat kolam renang sendiri di belakang rumah. Penasaran? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Menentukan ukuran

Berbicara mengenai liburan yang sempurna, tentunya kolam renang merupakan pilihan yang tepat! Pada proyek kali ini, rumah yang dilengkapi pekarangan belakang ini akan membangun kolam renang. Tetapi, sebelum dimulai, kita harus menentukan ukuran yang sesuai, mengingat pekarangan dikelilingi akar pohon, batu-batuan, hingga tanah yang belum diketahui persis kandungannya. Hal ini dilakukan agar pekerja konstruksi bisa memperkirakan konstruksi pipa air yang sesuai untuk kolam renang.

Nah, setelah mengetahuinya, para ahli tersebut pun bisa membuat pola desainnya. Pada rumah berikut ini, desain yang paling sesuai adalah desain kolam renang yang melingkar dan dikelilingi taman.

2. Proses pengeboran

Langkah berikutnya adalah pengeboran, yang terkadang membutuhkan ekskavator besar, agar kolam renang dengan kedalaman yang sesuai dapat dengan mudah dibuat dan digunakan.

3. Pemasangan pondasi

Kemudian, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah pemasangan pondasi dari beton. Proses ini dilakukan setelah pengeboran, dengan memasang pancang pipa air sebelum nanti dilumuri oleh semen dan diplester. Dengan begini, kolam renang pun dapat dibersihkan dengan mudah setiap saat!

4. Mendirikan dinding baja

Rel dari baja ditempatkan di lingkar luar kolam renang, yang selanjutnya ditambahkan dinding dengan material serupa setelahnya. Cara ini memungkinkan pekerja konstruksi menciptakan lekukang mulus seperti pada gambar berikut ini.

5. Memasang penutup lantai

Kemudian, yang selanjutnya dilakukan adalah memasang penutup lantai untuk melindungi Anda dan keluarga dari dasar kolam yang kasar dan juga mudah terkikis.

6. Pemasangan selubung bagian dalam

Setelah selesai, selanjutnya adalah memasnag selubung bagian dalam yang meliputi seluruh permukaan kolam. Biasanya, bahan yang digunakan adalah keramik, tetapi serat khusus juga dapat dipertimbangkan untuk Anda gunakan. Hal ini dikarenakan, serat ini dapat menahan suhu kolam renang tetap di 15 hingga 25 derajat celsius, yang merupakan suhu ideal untuk air

7. Kolam renang setengah jadi

Kolam renang sudah hampir jadi! Sekarang, tinggal mendekorasinya agar telihat lebih cantik. Untuk melakukan hal tersebut, maka ubin dan batu-batuan kerikil atau kayu merupakan alternatif yang dapat Anda pilih. Jika Anda mau, Anda juga bisa menempatkan kursi santai di pinggir kolam renang yang sesuai dengan konsep awal kolam renang. Dengan begitu, kolam renang pun lebih ceria dan memiliki segala fasilitas yang dibutuhkan!

8. Kolam renang jadi yang adem dan indah!

Nah, sekarang kolam renangnya pun sudah selesai! Pastikan untuk menggunakan air keran dengan ketinggian 10 cm lebih rendah dari kolam renang ya. Dengan begitu, air pun tidak akan meluap ketika Anda dan keluarga berenang beramai-ramai. Salah satu alasan kenapa homify menyarankan Anda menggunakan air keran adalah untuk mencegah perubahan warna dan kerusakan pada material.

Layaknya sebuah resor mewah di vila pribai, kolam renang ini siap menemani Anda selama musim panas atau cuaca cerah. Menikmati berenang atau bersantai sambil menikmati minuman segar di bawah payung di samping kolam renang pun menjadi lebih menyenangkan! Tidak perlu lagi jauh jauh keluar kan?

Anda ingin inspirasi rumah lainnya? Yuk simak artikel pilihan homify berikut ini!

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!