Taman by Gardendreams International GmbH

32 Ide Atap dan Pergola Untuk Area Bersantai Terbaik

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ketika berbicara tentang atap, kita akan dihadapkan pada berbagai macam pilihan. Baik ukuran, bahan, maupun ukurannya. Dari sisi bahan saja tersedia atap kayu, besi, dan kombinasi antara batu dan elemen lainnya. Lalu bagaimana dengan desainnya? Tergantung pada kebutuhan Anda. Di sini kami akan mengulas tentang berbagai desain pergola dan atapnya. Tepat untuk Anda yang sedang mencari ide untuk sarana peneduh di halaman atau taman.  

1. Kayu dan batu bata

 Garden  by Conely
Conely

Pérgola de madera laminada

Conely

Gaya rustic kental terasa di halaman berkat pergola yang dibangun dengan struktur berbasis kayu dan batu bata. 

2. Dinding kaca

 Garden  by homify
homify

Pérgola con cristalera

homify

Pergola ini ideal karena menjamin keamanan penghuni rumah dengan tampilan yang menarik. Biasanya pergola memang hanya mengutamakan struktur atap, namun desainnya bisa kita kembangkan sesuai kebutuhan. Desain pergola semacam ini bukan hanya melindungi Anda dari panas dan hujan, namun juga nyaman untuk semua aktivitas. 

3. Pendopo

 Garden  by Conely
Conely

Pérgola de madera

Conely

Desain pergola ini mirip sekali dengan pendopo, bagian utama rumah tradisional Jawa yang berupa ruang terbuka dan biasanya terdapat di depan atau tengah rumah. Pendopo berfungsi untuk menerima tamu, berkumpul bersama keluarga, dan aktivitas sosial lainnya. Kayu adalah bahan utama yang digunakan dalam desain ini. Penataan area luar ruangan perlu diperhatikan agar tercipta kesatuan dengan lingkungan sekitarnya. 

4. Pergola di dalam rumah

Bagian rumah pada contoh ini terdiri dari dapur terbuka lengkap dengan mini bar. Area ini akan jadi terlalu gelap jika dipasang atap tertutup. Oleh karena itu, atap pergola di atas meja makan kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin menghalangi sinar matahari dengan cara artistik. Penggunaan warna putih juga berperan menghadirkan suasana cerah di teras ini. 

5. Sentuhan pedesaan

Atap pergola dari kayu yang dihiasi tanaman rambat nyaman dan sejuk untuk berteduh di teriknya siang hari. Membuatnya juga tidak sulit. Pastikan saja atap kayu cukup kuat menahan rimbunnya tanaman rambat. 

6. Ideal untuk halaman sempit

Anda juga bisa menggunakan pergola untuk menciptakan ruangan tambahan di luar rumah. Desain pergola ini berhasil memanfaatkan area halaman belakang yang sempit secara brilian, tanpa menyingkirkan tanaman-tanaman hias dan rumput hijau dari halaman. 

7. Pergola minimalis modern

Pergola kayu ini menyatu dengan rumah minimalis modern. Desainnya dirancang agar tidak hanya serasi, namun juga tahan hingga bertahun-tahun. 

8. Pergola romantis

Bagaikan setting film-film drama, pergola kayu ini dihiasi kelambu dan kain putih. Tidak biasa sih, tapi tetap nyaman. 

9. Opsi modern

Jika Anda menginginkan sesuatu yang modern tapi simpel, desain pergola ini cocok untuk Anda. Kisi-kisi di belakang kursi berfungsi sebagai kerai permanen. Bisa membantu memecah aliran udara, sehingga hawa akan terasa lebih sejuk dan privasi terjaga. Furnitur tepat untuk mewujudkan area bersantai impian Anda. 

10. Pergola praktis

 Taman by homify

Romantis namun praktis, adalah gambaran yang tepat untuk desain pergola ini. Atap rumbia sintetis akan melindungi Anda dari sengatan matahari. Sementara tirai-tirai putih bisa diturunkan atau disingkapkan setiap saat sesuai kebutuhan. 

11. Tempat berteduh di taman

 Taman by homify
homify

Manutenção de paisagismo e jardim vertical.

homify

Kadang ada bagian halaman belakang yang terpapar panas dan kita jadi enggan bersantai di sana. Pergola beratap transparan seperti ini adalah solusinya. Dek kayu sebagai lantai menambah kenyamanan di area ini. 

12. Sentuhan akhir mengesankan

Seperti yang telah Anda lihat, kayu adalah material favorit untuk pergola. Perbedaan terletak pada furnish atau sentuhan akhir. Desain pergola yang seluruhnya terbuat dari kayu tampak menyenangkan dengan furnitur serasi. 

13. Menyatu dengan alam

Mencari desain pergola simpel? Ini adalah salah satunya. Pergola ini juga memanfaatkan tanaman rambat seperti contoh sebelumnya, dan menghasilkan gaya yang unik. Sebuah cara yang bisa ditiru untuk mengintegrasikan unsur alam dalam desain pergola. 

14. Atap rotan

Rotan bisa jadi pilihan atap pergola bagi Anda yang ingin memberikan sentuhan berbeda pada taman. Desain ini menarik karena atap dibangun secara berdampingan. 

15. Serasi dengan bangunan utama

Pergola juga bisa didirikan di area masuk rumah seperti contoh. Tidak diperlukan struktur berlebihan, simpel saja sudah cukup. Desain pergola ini menyesuaikan dengan bangunan utama, dengan bahan dan warna yang sama. Hal yang penting di sini adalah keseimbangan visual. 

16. Teras pergola

Panas matahari di teras sudah bukan jadi masalah dengan pergola simpel nan cantik ini. Pergola kayu pun serasi dengan dinding batu yang sama-sama tahan lama dan bernuansa alami. 

Ingin punya teras berlantai kayu? Simak cara membuatnya di: 

5 Langkah Membangun Teras Lantai Kayu 

17. Atap transparan

 Taman by Ansari Architects
Ansari Architects

Terrace garden

Ansari Architects

Ini adalah desain pergola favorit kami karena tampak elegan di sudut rumah manapun. Sedangkan untuk atap bisa digunakan material kaca atau polikarbonat. Dua-duanya terjangkau dan tidak memerlukan waktu instalasi yang lama. 

18. Pergola untuk teras luas

Atap awning akan melindungi Anda dari sengatan matahari, mengurangi hawa panas, menghemat energi dan memberikan privasi. Awning bisa digulung jika sedang tidak digunakan. 

19. Koridor pergola

Material kayu tidak ada matinya dan selalu sempurna untuk area masuk rumah. Pergola ini tampak kokoh dan tahan terhadap cuaca. Anda pun bisa menghemat biaya perawatan.

20. Rustic dan romantis

Perpaduan berbagai material juga bisa diterapkan saat merancang pergola. Desain pergola ini mencoba memadukan antara material kayu pada rangka atap dan batu pada dinding dan lantai. Tirai putih membantu menghadirkan atmosfer romantis dan menyederhanakan kesan berat akibat dua material tersebut. 

21. Atap kaca

Pergola dengan rangka atap besi dan atap kaca juga bisa jadi pilihan. Desain alternatif yang bisa diterapkan bagi mereka yang menyukai kesederhanaan.

22. Dekoratif

Pergola ini menyatu sempurna dengan keseluruhan arsitektur rumah. Tak ada yang lebih baik selain rangka atap besi kokoh dan penuh gaya. 

23. Serasi dengan furnitur

Ada beberapa pergola yang menonjolkan penggunaan kayu berikut finishingnya. Di sini kayu dengan aksen yang sama juga digunakan sebagai bahan untuk lantai dan dinding. Furnitur juga dipilih dari bahan sejenis. Hasilnya? Balkon sempurna untuk bersantai siap dinikmati. 

Berencana mendesain ulang balkon Anda? Bacalah: 

7 Renovasi Balkon Mudah dan Terjangkau

24. Tanpa banyak detil

Dinding dan lantai batu bata sudah membuat teras ini menonjol. Dengan demikian, pergola didesain sesederhana mungkin agar tidak membuat atmosfer area menjadi berat dan ramai. 

25. Pergola mini

Pergola mini pun bisa membuat area masuk rumah tampil mempesona. Anda bisa mengkombinasikan dua material, atau menggunakan satu material saja. Pilih bahan pergola terbaik yang tahan air dan serasi dengan rumah sebagai bangunan utama. 

26. Pencerah ruangan

Pergola juga bisa membantu melancarkan masuknya sinar matahari di area rumah yang cenderung gelap. Material kayu maupun logam bisa dipilih sesuai bujet dan kebutuhan. 

27. Pergola bambu

 Balconies, verandas & terraces  by bopalett
bopalett

Banquette Billie

bopalett

Bambu telah sejak lama digunakan sebagai bahan konstruksi rumah. Material ini tahan lama dan bisa menghadirkan suasana rileks. Selain itu, bambu mudah sekali ditemukan di sekitar kita. 

28. Pilar gabion

 Taman by Gardeco

Gabion adalah struktur dari kawat baja yang diisi batu. Sebuah struktur yang artistik namun juga fungsional. Pada contoh ini pilar gabion menyangga pergola berangka baja, menghadirkan atmosfer rustic industrial. 

29. Balok kayu

Pada contoh ini atap pergola terbuat dari balok kayu. Sebuah cara cerdas menciptakan keterkaitan dengan lingkungan di sekitarnya. 

30. Pergola minimalis

Meski berada di luar rumah, desain pergola perlu disesuaikan agar bisa meningkatkan nilai visual rumah itu sendiri. Di sini kita melihat pergola yang didesain minimalis sesuai dengan arsitektur rumah. 

31. Sempurna tanpa banyak detil

 Taman by EKOA Paisagismo
EKOA Paisagismo

condomínio Fazenda Boa Vista

EKOA Paisagismo

Pergola kayu ini tampak serasi dengan rumah utama yang beratap datar. Furnish kayu menggunakan warna yang serasi dengan bangunan utama. 

32. Sempurna di tengah taman

Pergola putih ini menaungi dapur, meja makan dan meja biliar. Dirancang sebagai area untuk bersosialisasi dengan sesama manusia sekaligus alam sekitar. Sebuah struktur sempurna yang layak dimiliki siapa saja. 

Baca juga: 

25 Pergola Kayu Indah yang Menggoda Anda Untuk Memilikinya

Manakah desain pergola yang paling sesuai dengan selera Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!