Dapur by ROAS ARCHITECTURE 3D DESIGN

Interior Open Plan Rumah Berdinding Batu

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bangunan berdinding batu di Indonesia bisa kita lihat dalam bentuk candi, gapura, atau peninggalan bersejarah lainnya. Sedangkan rumah yang dibangun dengan dinding batu sepenuhnya cukup jarang dijumpai. Dinding batu alam memiliki keunggulan dalam hal daya tahan, baik terhadap waktu maupun cuaca. Selain itu, penggunaan batu alam akan menambah nilai estetika sebuah bangunan. Sebuah rumah di Turgutlu, Turki, berikut ini merupakan salah satu contoh rumah dinding batu terbaik karya ahli homify. Ikuti penelusuran kami di Turki, agar Anda mendapat gambaran bagaimana memperindah rumah dengan bahan dasar batu. 

5. Area dapur

Kita bisa melihat dapur dari koridor setelah pintu depan. Dari sudut ini terungkaplah bagaimana dapur tidak hanya memiliki tata letak tidak bercela, namun juga fungsional. 

1. Ruangan terbuka (open plan)

Kami memulai kunjungan dari bagian dapur pada area open plan interior rumah, yang memiliki harmoni dan estetika unik dengan sentuhan profesional. Sebuah keharmonisan sempurna yang tercipta berkat elemen kayu dalam wujud lantai kayu, balok kayu, dan kisi-kisi kayu pada plafon. Namun, elemen yang paling menonjol di sini adalah lantai dapur dengan ornamen geometris. Sedangkan lemari dapur gaya country merupakan salah satu dari tren terpopuler pada beberapa tahun terakhir.

2. Ruang tamu

Dinding rumah merupakan bagian yang sering kali kita abaikan keberadaannya. Padahal penampilan dinding rumah memegang peranan penting dalam kelayakan visual rumah secara keseluruhan. Di rumah ini, kami menyaksikan bagaimana batuan alam pada dinding membuat ruangan lebih atraktif. Warna abu-abu pada dinding sangat serasi dengan warna netral furnitur, sentuhan modern pada rumah Mediterania ini. 

3. Asesori dan furnishing

Ruang tamu dengan perapian lazim ditemukan di rumah Mediterania. Atmosfer hangat dan romantis di sini tidak menjadi kuno berkat asesori dan furnishing di sekelilingnya yang dipilih dengan teliti.

4. Tangga

Rumah ini terdiri dari dua lantai. Lantai atas dan bawah dihubungkan oleh tangga yang praktis dan hemat tempat sekaligus stylish. Anak-anak tangga terbuat dari kayu, mempertahankan harmoni sempurna dengan seluruh elemen dalam ruangan terbuka. 

6. Gudang

Pada sisi dapur ini terdapat gudang yang dipisahkan oleh dinding batu dan kolom. Ruangan ini memfasilitasi aktivitas masak dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan perangkat masak yang sering digunakan. Dengan adanya ruangan ini, dapur akan terlihat lebih rapi dan bersih. 

7. Teras

Tentu saja, ada balkon cantik di rumah yang juga cantik. Pintu kaca geser menghubungkan eksterior dan interior rumah dengan cara kekinian. 

8. Kamar mandi

Desain kamar mandi ini dirancang untuk menghemat ruang dengan cara menakjubkan. 

Baca juga: 

11 Trik Jitu Agar Kamar Mandi Kecil Rapi dan Bersih 

9. Serba abu-abu

Kesinambungan bukan hanya tercipta dengan penggunaan material yang sama. Nuansa abu-abu pada furnitur kamar mandi menciptakan keharmonisan antara kamar mandi dengan seluruh interior rumah. 

10. Kamar tidur

Di kamar tidur ini, di samping hiasan hebat, pintu kaca geser lebar menambah kedalaman ruangan dan memungkinkan pemandangan indah dapat dinikmati setiap saat. 

Dapatkan ide pintu geser selengkapnya di: 

7 Inspirasi Pintu Geser Untuk Mengoptimalkan Ruangan 

11.… Kejutan!

Ada juga ruang sauna di dalam rumah! 

Lihat contoh desain rumah Mediterania lainnya di: 

6 Rumah Mediterania yang Cocok Untuk Daerah Tropis 

Menurut Anda, sesuaikah dinding batu jika digunakan untuk hunian di Indonesia? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!