12 Ide Tempat Penyimpanan Agar Rumah Rapi Setiap Saat

Dyah Mahasasi Dyah Mahasasi
Kitchen, Pixers Pixers Dapur Gaya Kolonial
Loading admin actions …

Rumah yang teratur dan rapi setiap saat adalah dambaan semua insan. Sering kali solusinya sederhana dan tak terpikirkan oleh kita, yaitu tempat penyimpanan. Beberapa dari Anda, para pembaca, mungkin merasa iri pada para desainer interior yang dengan cerdas mengintegrasikan tempat penyimpanan stylish sekaligus fungsional. Jika Anda belum mendapatkan pencerahan tentang tempat penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan dan estetika, ulasan di bawah ini bisa menjadi pedoman Anda. 

1. Lemari sepatu

Sepatu bisa menyita banyak ruang di rumah. Menatanya di lantai atau meletakkannya di bawah tempat tidur bukan lagi solusi. Sebuah lemari khusus untuk sepatu akan menyelesaikan masalah Anda. 

2. Lemari untuk pakaian dan lainnya

Jika ingin rumah selalu rapi, Anda harus meletakkan semua pada tempatnya. Anda bisa merancang atau memesan sebuah lemari pakaian lengkap dengan gantungan, laci-laci dan rak khusus untuk tas atau peralatan pribadi lainnya. 

3. Lemari dapur

Fancy Wood Pixers Dapur Gaya Kolonial wall mural,wallpaper,wood,texture,nature,vintage

Dapur sangat mudah jadi berantakan dan kotor, terutama setelah aktivitas memasak. Solusinya, cuci piring dan semua peralatan setiap Anda selesai memasak. Kemudian masukkan semuanya dalam lemari dapur. Mudah bukan? Jangan lupa bersihkan meja dapur juga ya.

4. Gantungan jaket dan rak di koridor

Tempat penyimpanan juga mutlak dibutuhkan di koridor, jika ada koridor di rumah Anda. Tentu Anda tak ingin melihat sepatu dan sandal berjejalan di dekat pintu bukan? Sebuah lemari yang berfungsi sebagai tempat menyimpan sepatu dan jaket akan sangat berguna di sini. 

5. Agar kamar anak tak berantakan

homify Kamar Bayi/Anak Modern

Selain dapur, kamar tidur anak adalah ruangan di rumah yang paling mudah berantakan. Daripada marah-marah pada anak karena kamarnya seperti kapal pecah, lebih baik sediakan sarana untuk menyimpan semua benda berharganya. Jangan lupa ajarkan dan biasakan anak untuk membereskan kamarnya setiap ia selesai bermain. Hargai 'kerja kerasnya' dengan memberikan hadiah, misalnya sepotong coklat atau kecupan sayang. 

6. Lemari dinding di kamar mandi

Sailing Ships Pixers Kamar Mandi Modern wall mural,wallpaper,boat,sea,waves,,'

Kamar mandi sebagai tempat membersihkan diri juga tak luput dari risiko berantakan. Lemari dinding adalah hal yang dibutuhkan untuk menjaga semuanya tetap rapi dan teratur.

Baca juga: 

Kamar Mandi Ini Direnovasi Jadi Ruang Ganti Serbaguna 

7. Lemari rahasia

Cafe Style Shutters for Bay Windows homify Pintu & Jendela Gaya Klasik Blinds & shutters

Sebuah tempat penyimpanan tidak selalu harus berbentuk lemari atau rak. Tahukah Anda kalau tempat duduk di dekat jendela ini bisa dibuka dan ada ruang penyimpanan yang cukup lebar di dalamnya? Tempat duduk dengan lemari di bawahnya bukan barang langka di Indonesia kok. Jika cukup teliti mencari, Anda akan menemukannya dalam bentuk kursi kayu besar gaya antik di pasaran. 

8. Laci bersekat

Menyimpan semua asesoris di laci bisa membuat kita pening. Kalung, ikat pinggang, dll. bercampur baur dan terikat jadi satu. Laci bersekat akan memisahkan asesoris dan perlengkapan lain sesuai jenisnya, dan tetap rapi juga. 

9. Rak dekat mesin cuci

Ketika tak punya waktu untuk menyeterika, kita cenderung menumpuk pakaian yang telah kering di sembarang tempat. Pakaian-pakaian ini akan menggunung, dan tentu mengganggu pemandangan. Sediakan rak-rak di dekat mesin cuci Anda. Lipat dan tata rapi pakaian-pakaian kering di rak ini sebelum diseterika. 

Ingin pakaian lebih bersih dari noda membandel? Simak caranya di: 

12 Trik Ampuh Mencuci Baju yang Wajib Anda Coba 

10. Laci bersekat di dapur

'Vivid Classic' Kitchen - drawer homify Dapur Klasik

Laci bersekat juga sebaiknya ada di dapur, jika Anda ingin area ini lebih tertata. Anda tak akan bingung mencari sendok atau garpu di tengah malam atau saat listrik padam.

Ketahui ide tempat penyimpanan di dapur selengkapnya di: 

8 ide Cemerlang Mengatur Tempat Penyimpanan di Dapur

11. Rak di tiap ruangan

Tempat penyimpanan tidak harus lemari besar dan berat. Sebuah rak dinding atau rak modular akan membantu Anda menjaga kerapian rumah, sekaligus membuat ruangan tampak stylish. Tempatkan satu rak di tiap ruangan dan rasakan bedanya!

12. Ceruk di ruang kerja

Siapa sih yang bisa bekerja dengan nyaman jika ruang kerja tidak rapi? Jaga semangat kerja Anda dengan meletakkan dokumen-dokumen penting dalam folder sesuai jenisnya. Jika ingin sesuatu yang berbeda, membuat ceruk dalam dinding bisa jadi alternatif untuk tempat penyimpanan dokumen Anda. 

Apakah tempat penyimpanan yang paling Anda butuhkan saat ini? 

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Sorotan dari majalah