Dapur by Pixers

12 Ide Tempat Penyimpanan Agar Rumah Rapi Setiap Saat

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah yang teratur dan rapi setiap saat adalah dambaan semua insan. Sering kali solusinya sederhana dan tak terpikirkan oleh kita, yaitu tempat penyimpanan. Beberapa dari Anda, para pembaca, mungkin merasa iri pada para desainer interior yang dengan cerdas mengintegrasikan tempat penyimpanan stylish sekaligus fungsional. Jika Anda belum mendapatkan pencerahan tentang tempat penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan dan estetika, ulasan di bawah ini bisa menjadi pedoman Anda. 

1. Lemari sepatu

modern Corridor, hallway & stairs by Big Blu Furniture
Big Blu Furniture

Tall Shoe Cabinet from our Chadwick Grey Range

Big Blu Furniture

Sepatu bisa menyita banyak ruang di rumah. Menatanya di lantai atau meletakkannya di bawah tempat tidur bukan lagi solusi. Sebuah lemari khusus untuk sepatu akan menyelesaikan masalah Anda. 

2. Lemari untuk pakaian dan lainnya

Jika ingin rumah selalu rapi, Anda harus meletakkan semua pada tempatnya. Anda bisa merancang atau memesan sebuah lemari pakaian lengkap dengan gantungan, laci-laci dan rak khusus untuk tas atau peralatan pribadi lainnya. 

3. Lemari dapur

 Dapur by Pixers
Pixers

Fancy Wood

Pixers

Dapur sangat mudah jadi berantakan dan kotor, terutama setelah aktivitas memasak. Solusinya, cuci piring dan semua peralatan setiap Anda selesai memasak. Kemudian masukkan semuanya dalam lemari dapur. Mudah bukan? Jangan lupa bersihkan meja dapur juga ya.

4. Gantungan jaket dan rak di koridor

 Koridor dan lorong by Dyer-Smith Frey
Dyer-Smith Frey

Penthouse, Zurich

Dyer-Smith Frey

Tempat penyimpanan juga mutlak dibutuhkan di koridor, jika ada koridor di rumah Anda. Tentu Anda tak ingin melihat sepatu dan sandal berjejalan di dekat pintu bukan? Sebuah lemari yang berfungsi sebagai tempat menyimpan sepatu dan jaket akan sangat berguna di sini. 

5. Agar kamar anak tak berantakan

 Kamar Bayi & Anak by Ammar Bako design studio
Ammar Bako design studio

Boy's bedroom – Istanbul – Turkey 2015

Ammar Bako design studio

Selain dapur, kamar tidur anak adalah ruangan di rumah yang paling mudah berantakan. Daripada marah-marah pada anak karena kamarnya seperti kapal pecah, lebih baik sediakan sarana untuk menyimpan semua benda berharganya. Jangan lupa ajarkan dan biasakan anak untuk membereskan kamarnya setiap ia selesai bermain. Hargai 'kerja kerasnya' dengan memberikan hadiah, misalnya sepotong coklat atau kecupan sayang. 

6. Lemari dinding di kamar mandi

 Kamar Mandi by Pixers
Pixers

Sailing Ships

Pixers

Kamar mandi sebagai tempat membersihkan diri juga tak luput dari risiko berantakan. Lemari dinding adalah hal yang dibutuhkan untuk menjaga semuanya tetap rapi dan teratur.

Baca juga: 

Kamar Mandi Ini Direnovasi Jadi Ruang Ganti Serbaguna 

7. Lemari rahasia

 Windows & doors  by Plantation Shutters Ltd
Plantation Shutters Ltd

Cafe Style Shutters for Bay Windows

Plantation Shutters Ltd

Sebuah tempat penyimpanan tidak selalu harus berbentuk lemari atau rak. Tahukah Anda kalau tempat duduk di dekat jendela ini bisa dibuka dan ada ruang penyimpanan yang cukup lebar di dalamnya? Tempat duduk dengan lemari di bawahnya bukan barang langka di Indonesia kok. Jika cukup teliti mencari, Anda akan menemukannya dalam bentuk kursi kayu besar gaya antik di pasaran. 

8. Laci bersekat

 Bedroom by Lamco Design LTD
Lamco Design LTD

Bespoke tie drawer

Lamco Design LTD

Menyimpan semua asesoris di laci bisa membuat kita pening. Kalung, ikat pinggang, dll. bercampur baur dan terikat jadi satu. Laci bersekat akan memisahkan asesoris dan perlengkapan lain sesuai jenisnya, dan tetap rapi juga. 

9. Rak dekat mesin cuci

 Koridor dan lorong by Absolute Project Management
Absolute Project Management

Utility – Laundry Shelves

Absolute Project Management

Ketika tak punya waktu untuk menyeterika, kita cenderung menumpuk pakaian yang telah kering di sembarang tempat. Pakaian-pakaian ini akan menggunung, dan tentu mengganggu pemandangan. Sediakan rak-rak di dekat mesin cuci Anda. Lipat dan tata rapi pakaian-pakaian kering di rak ini sebelum diseterika. 

Ingin pakaian lebih bersih dari noda membandel? Simak caranya di: 

12 Trik Ampuh Mencuci Baju yang Wajib Anda Coba 

10. Laci bersekat di dapur

 Dapur by Vivid line furniture ltd
Vivid line furniture ltd

'Vivid Classic' Kitchen – drawer

Vivid line furniture ltd

Laci bersekat juga sebaiknya ada di dapur, jika Anda ingin area ini lebih tertata. Anda tak akan bingung mencari sendok atau garpu di tengah malam atau saat listrik padam.

Ketahui ide tempat penyimpanan di dapur selengkapnya di: 

8 ide Cemerlang Mengatur Tempat Penyimpanan di Dapur

11. Rak di tiap ruangan

  by Casa Più Arredamenti
Casa Più Arredamenti

Rectangular Living Room Furniture

Casa Più Arredamenti

Tempat penyimpanan tidak harus lemari besar dan berat. Sebuah rak dinding atau rak modular akan membantu Anda menjaga kerapian rumah, sekaligus membuat ruangan tampak stylish. Tempatkan satu rak di tiap ruangan dan rasakan bedanya!

12. Ceruk di ruang kerja

 Ruang Kerja by Pamela Kilcoyne - Homify
Pamela Kilcoyne – Homify

Carlo Berlin Architektur & Interior Design

Pamela Kilcoyne - Homify

Siapa sih yang bisa bekerja dengan nyaman jika ruang kerja tidak rapi? Jaga semangat kerja Anda dengan meletakkan dokumen-dokumen penting dalam folder sesuai jenisnya. Jika ingin sesuatu yang berbeda, membuat ceruk dalam dinding bisa jadi alternatif untuk tempat penyimpanan dokumen Anda. 

Apakah tempat penyimpanan yang paling Anda butuhkan saat ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!