Kamar Tidur by homify

10 Trik Jitu Agar Kamar Tidur Selalu Rapi dan Bersih

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Bagaimana mungkin kita beristirahat dengan nyaman jika kamar tidur kita berantakan? Namun apa boleh buat, aktivitas padat membuat kita tak punya banyak waktu untuk membersihkan kamar tidur setiap hari. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk menjaga kerapian kamar tidur. Sedangkan beberapa langkah lainnya bisa dilakukan secara berkala dan membutuhkan waktu lama. Silakan cek tips berikut ini dan pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

1. Letakkan pakaian kotor pada tempatnya

Saat sedang sangat lelah sehabis pulang kantor, kita cenderung meletakkan apa saja di mana saja. Ini kebiasaan yang kurang baik karena kamar tidur pasti jadi tidak enak dilihat. Anda pun butuh waktu lebih lama untuk membereskan segalanya. 

2. Merapikan tempat tidur

Biasakan untuk selalu merapikan tempat tidur begitu Anda bangun. Lipat selimut, tata bantal dan guling dan rapikan seprei. Saat Anda pulang beraktivitas seharian, pasti damai rasanya melihat tempat tidur rapi dan merebahkan diri di sana. 

Tidur Anda kurang nyenyak? Mungkin ini penyebabnya: 

7 Kesalahan Saat Menata Kamar Tidur 

3. Simpan benda-benda kecil di tempatnya

Charger ponsel, headset, flash disk, dan benda-benda kecil lainnya sebaiknya disimpan dalam laci khusus setiap selesai digunakan. Jangan biarkan tergeletak di meja kamar tidur karena akan membuat kamar tidur terkesan tidak rapi. 

4. Bersihkan lantai di bawah tempat tidur

Saat membersihkan lantai kamar tidur, area ini kadang luput dari perhatian kita. Jangan lupa membersihkan lantai di bawah tempat tidur karena debu dan kotoran di area ini bisa mengganggu kesehatan. 

Baca juga: 

7 Tips Desain & Dekorasi Kamar Tidur Untuk Tidur Sehat 

5. Bersihkan sempurna area yang sering dilalui

Lantai kamar tidur Anda mungkin telah disapu dan dipel setiap hari. Padahal tidak semua bagian lantai itu kotor. Jika sedang terburu-buru, utamakan area lantai kamar tidur yang paling sering Anda lalui. Misalnya, lantai di dekat pintu kamar, di sekitar tempat tidur, atau di sekitar lemari pakaian. 

6. Agar seprei berbau harum

Deterjen dan pewangi pakaian memang bisa mengharumkan seprei dan sarung bantal. Alternatif lainnya adalah garam mandi. Tambahkan sedikit garam mandi pada bilasan terakhir agar aroma seprei lebih menyegarkan. 

7. Membersihkan spring bed paling tidak 6 bulan sekali

cuci spring bed bandung:  Kamar Tidur by SapuBersih.id
SapuBersih.id

cuci spring bed bandung

SapuBersih.id

Meski tertutup seprei setiap saat, bukan berarti spring bed tidak bisa kotor. Tungau dan bakteri yang tidak kasat mata bisa bersarang di permukaannya. Lakukan pembersihan spring bed minimal 6 bulan sekali agar tempat tidur Anda bersih dan bebas kuman. Gunakan bantuan profesional bila diperlukan. 

8. Bersihkan jendela

Di akhir pekan coba perhatikan jendela kamar tidur. Apakah kaca jendela sudah tampak buram? Ini tanda jendela kamar tidur Anda wajib dibersihkan. Jangan lupa bersihkan juga debu yang menempel di sudut-sudut jendela ya. 

9. Cuci kelambu

Kelambu akan menambah nilai penampilan kamar tidur Anda. Namun jika tidak pernah dicuci, bisa-bisa Anda mengalami gangguan pernafasan akibat debu yang menempel di kelambu. Cucilah kelambu kamar tidur paling tidak satu bulan sekali. 

10. Bersihkan sofa

Gunakan vacuum cleaner atau penyedot debu untuk membersihkan sofa di kamar tidur Anda. Khusus untuk sofa berbahan kain, Anda bisa membasuhnya menggunakan kain mikrofiber yang dicelupkan dalam larutan deterjen cair. Peras kain mikrofiber sebelum digunakan agar sofa tidak terlalu basah, lalu keringkan. Atau mintalah bantuan profesional untuk mencuci sofa Anda. 

Anda tinggal di rumah kecil? Simak cara membersihkannya di: 

5 Trik Jitu Untuk Membersihkan Rumah Kecil 

Apakah Anda membersihkan kamar tidur setiap hari? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!