Ruang Keluarga by Archiprofi

Molding: Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Saat ini banyak sekali teknik bagaimana bisa membuat rumah terlihat rapi, mewah dan mempesona. Salah satunya adalah dengan molding

Molding adalah sebuah teknik dekorasi rumah dengan menggunakan cetakan untuk memberikan bentuk yang di inginkan. Dekorasi dengan molding sering kita temui pada rumah-rumah dengan gaya klasik, walaupun saat ini rumah dengan konsep minimalis juga banyak yang menggunakan molding dengan corak bentuk yang berbeda.

Material molding sendiri sangat beragam, yang sangat populer adalah molding gypsum yang sering menjadi ciri khas rumah mewah dengan beragam corak dan gambar, dan molding kayu yang terlihat sederhana namun elegan.

Kali ini homify akan berbagi cerita tentang bagaimana molding bisa membuat rumah terlihat lebih rapi dan bergaya.

1. Molding mampu memberikan koreksi pada ruang

Molding selain mempunyai fungsi sebagai dekorasi dapat memberikan koreksi pada permukaan yang tidak rata. Paling tidak dengan pemasangan molding akan memberikan bayangan seolah permukaan tersebut rata. Permukaan yang tidak rata, tidak siku atau tidak simetris sering terlihat pada sudut-sudut seperti perbatasan dinding dan langit-langit, serta dinding dan lantai. 

2. Rapi dengan molding kayu dan gypsum

Pemasangan molding juga bermanfaat menutupi jahitan di dinding dan lantai agar terlihat rapi dan mempermudah dalam merawat dan membersihkan lantai rumah. Putuskan Anda menggunakan molding kayu atau gypsum.

3. Putih untuk memperpanjang efek ruang molding

 Ruang Komersial by Design m4
Design m4

아늑함을 더해주는 테이블 스탠드형태의 조명

Design m4

Molding di sudut ruang tamu atau ruang keluarga bisa menjadi elemen penting yang membuat interior terlihat mewah. Pemasangan molding putih di dinding ini contohnya, mampu memberikan harmoni yang indah dalam menyatukan heterogenitas perabot dan furnitur lain yang tertata dalam ruang yang luas.

4. Renovasi rumah dengan molding

Jika Anda merenovasi rumah dan berniat mengganti cetakan molding tentu Anda memerlukan para profesional untuk membantu Anda. Mereka akan memberikan gambaran dan model serta menjelaskan proses bagaimana mengganti molding.

Namun jika Anda hanya ingin memperbarui dengan memberi warna cat baru, yang Anda butuhkan adalah amplas agar terlihat lebih rapi sebelum di cat. 

5. Ruang kecil dengan desain yang sederhana

 Ruang Keluarga by Archiprofi
Archiprofi

Специальная номинация от HAPPY Collections

Archiprofi

Molding mempunyai banyak ragam cetakan yang indah. Dan tentu saja kita memasang molding dengan tujuan agar ruang terlihat indah bukan?

Yang menjadi tantangan berikutnya adalah bagaimana memadukan molding agar ruang tidak menjadi terlihat sempit dan terlalu banyak detail aksesoris yang menyusahkan perawatannya.

6. Minimalis, masih memerlukan molding atau tidak?

Jika Anda menginginkan rumah dengan konsep minimalis, apakah masih memerlukan molding? 

Desain Interior dari tim Salad Bowl ini adalah salah satu contoh ruang yang menarik, sensual dan modern dengan gaya minimalis.   Finishing langit-langit dan dinding dengan cat ramah lingkungan, dan lantai terbuat dari lantai baja. Ruang ringan dan bersih ini didekorasi tanpa molding baik di dinding dan langit-langitnya. 

7. Pengganti molding di langit-langit

Jika Anda menginginkan alternatif selain molding sebagai aksesoris,  ada alternatif lain memberikan efek yang berbeda di langit-langit yaitu menambahkan sedikit cahaya di pinggiran nya.

Instalasi lampu yang tersembunyi ini akan memberikan efek visual yang cantik, terang dan membuat langit-langit terlihat lebih tinggi.

Selanjutnya untuk inspirasi interior rumah yang lain, jangan lewatkan buku ide berikut.

11 Inspirasi Dekorasi Ruang Spektakuler Dengan Gaya Minimalis

10 Kesalahan Saat Menata Rumah Yang Wajib Anda Ketahui

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!