Molding: Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui | homify Molding: Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui

Molding: Segala Hal yang Perlu Anda Ketahui

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Archiprofi Ruang Keluarga Klasik
Loading admin actions …

Saat ini banyak sekali teknik bagaimana bisa membuat rumah terlihat rapi, mewah dan mempesona. Salah satunya adalah dengan molding

Molding adalah sebuah teknik dekorasi rumah dengan menggunakan cetakan untuk memberikan bentuk yang diinginkan. Dekorasi dengan molding sering kita temui pada rumah-rumah dengan gaya klasik, walaupun saat ini rumah dengan konsep minimalis juga banyak yang menggunakan molding dengan corak bentuk yang berbeda.

Material molding sendiri sangat beragam, yang sangat populer adalah molding gypsum yang sering menjadi ciri khas rumah mewah dengan beragam corak dan gambar, dan molding kayu yang terlihat sederhana namun elegan.

Kali ini homify akan berbagi cerita tentang bagaimana molding bisa membuat rumah terlihat lebih rapi dan bergaya.

1. Molding mampu memberikan koreksi pada ruang

Nah, seperti dijelaskan di atas, jika molding adalah sebuah teknik dekorasi rumah dengan menggunakan cetakan untuk memberikan bentuk yang diinginkan. Nah, Sebuah mold adalah sebuah blok kosong yang diisi dengan cairan, seperti plastik, gelas atau logam. Cairan tersebut mengeras atau menetap di dalam mold, mengambil bentuknya.

Cetakan terdiri dari 2 bagian:

  1. Pelat bergerak (moveable plate)
  2. Pelat diam (statioary plate).

Molding selain mempunyai fungsi sebagai dekorasi dapat memberikan koreksi pada permukaan yang tidak rata. Paling tidak dengan pemasangan molding akan memberikan bayangan seolah permukaan tersebut rata. Permukaan yang tidak rata, tidak siku atau tidak simetris sering terlihat pada sudut-sudut seperti perbatasan dinding dan langit-langit, serta dinding dan lantai. 

2. Molding bikin rumah terlihat 'mahal'

Classic Interior Design Epicentrum The Element Konsepku
Konsepku

Classic Interior Design Epicentrum The Element

Konsepku

Ada tips untuk membuat rumah Anda terlihat mahal dan mewah, Anda bisa mengaplikasikan teknik wall moulding, jika dinding atau langit-langit di rumah Anda polos. Cetakan yang timbul ini biasanya ditempatkan di sudut atau pinggiran permukaan benda. Anda bisa mengaplikasikan berbagai gaya loh, mulai dari gaya Victorian hingga bentuk-bentuk yang simpel.

3. Rapi dengan molding kayu dan gypsum

Pemasangan molding juga bermanfaat menutupi jahitan di dinding dan lantai agar terlihat rapi dan mempermudah dalam merawat dan membersihkan lantai rumah. Putuskan Anda menggunakan molding kayu atau gypsum. Dan Anda bisa menemukan ahli lantai di sini.

4. Tambahkan crown molding sebagai detail ruangan

Bed room / Kamar tidur viku BedroomBeds & headboards Kayu Brown
viku

Bed room / Kamar tidur

viku

Merenovasi rumah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, untuk menekan budget, Anda bisa mempercantik hunian Anda dengan menambahkan crown molding pada detail ruangan. Contohnya menambahkan crown molding di atas pintu, di sudut ruangan, atas jendela, sehingga membuat ruangan Anda terlihat lebih artistik dengan aksen yang menarik. Dibandingkan before-nya, ruangan Anda yang hanya polos dan terlihat biasa saja.

Anda bisa memilih desain yang trim-nya lebar, agar hasilnya molding terlihat jelas, baik itu tipe molding crown, chair rails, dan ceiling beams.

5. Putih untuk memperpanjang efek ruang molding

Molding di sudut ruang tamu atau ruang keluarga bisa menjadi elemen penting yang membuat interior terlihat mewah. Pemasangan molding putih di dinding ini contohnya, mampu memberikan harmoni yang indah dalam menyatukan heterogenitas perabot dan furnitur lain yang tertata dalam ruang yang luas.

6. Renovasi rumah dengan molding

Jika Anda merenovasi rumah dan berniat mengganti cetakan molding tentu Anda memerlukan para profesional untuk membantu Anda. Mereka akan memberikan gambaran dan model serta menjelaskan proses bagaimana mengganti molding.

Namun jika Anda hanya ingin memperbarui dengan memberi warna cat baru, yang Anda butuhkan adalah amplas agar terlihat lebih rapi sebelum di cat. 

7. Wall moulding rumah minimalis

KITCHEN PAK RONI viku Unit dapur Kayu Brown
viku

KITCHEN PAK RONI

viku

Jika kita memakai jasa pemasangan wall moulding jika diperhitungkan, misalnya contoh panjang ruangannya 4 meter x 2 = 8. Jika 8 x 5 = 40. Jadi diperkirakan satu dinding saja bisa di atas Rp5 juta.

Jika Anda membeli bahan sendiri, perkiraan harga bahan & cat sekitar Rp1.500.000an + tukang untuk memasang. Ongkos per hari tukang sekitar Rp150.000an. Jadi, perbedaan budgetnya memang cukup jauh.

Bahan yang dibutuhkan untuk memasang wall moulding rumah minimalis adalah

1. Alat ukur (meteran).

2. List profil kayu.

-Ukuran 2 cm (15 batang).

-Ukuran 4 cm (5 batang).

3. Gergaji kayu/alat potong

4. Dempul untuk tambalan di kayunya.

5. Cat kayu warna putih + kuas.

6. Palu.

7. Lem sealant.

8. Cara memasang wall moulding rumah minimalis

1. Langkah pertama adalah mengukur tembok yang ingin dipasangi wall moulding, lalu tandai dengan pulpen.

2. Setelah itu potong list kayu dan kreasikan wall moulding sesuai selera Anda, lalu tempel kayu di dinding menggunakan paku dan lem.

3. Setelah itu cat kayu tersebut dengan cat berwarna putih, atau sesuai warna yang Anda suka.

Anda juga bisa menambahkan wallpaper pada tembok yang sudah Anda pasang wall moulding, agar tampilannya semakin cantik. Atau bisa juga hiasi dengan hiasan dinding atau cermin agar ruangan terlihat luas.

9. Ruang kecil dengan desain yang sederhana

Molding mempunyai banyak ragam cetakan yang indah. Dan tentu saja kita memasang molding dengan tujuan agar ruang terlihat indah bukan?

Yang menjadi tantangan berikutnya adalah bagaimana memadukan molding agar ruang tidak menjadi terlihat sempit dan terlalu banyak detail aksesoris yang menyusahkan perawatannya.

10. Minimalis, masih memerlukan molding atau tidak?

Jika Anda menginginkan rumah dengan konsep minimalis, apakah masih memerlukan molding? 

Desain Interior dari tim Salad Bowl ini adalah salah satu contoh ruang yang menarik, sensual dan modern dengan gaya minimalis. Finishing langit-langit dan dinding dengan cat ramah lingkungan, dan lantai terbuat dari lantai baja. Ruang ringan dan bersih ini di dekorasi tanpa molding baik di dinding dan langit-langitnya. 

11. Pengganti molding di langit-langit

Jika Anda menginginkan alternatif selain molding sebagai aksesoris, ada alternatif lain memberikan efek yang berbeda di langit-langit yaitu menambahkan sedikit cahaya di pinggiran nya.

Instalasi lampu yang tersembunyi ini akan memberikan efek visual yang cantik, terang dan membuat langit-langit terlihat lebih tinggi.

Selanjutnya untuk inspirasi interior rumah yang lain, jangan lewatkan 12 desain dinding pembatas ruangan unik.

Bagaimana, tertarik untuk mempercantik hunian Anda dengan trik molding? Jika ya, bagian mana yang ingin Anda dandani?

Butuh bantuan dengan projek Anda?
Hubungi kami!

Temukan inspirasi hunian