Ruang Keluarga by 田中ナオミアトリエ

9 Tips Membuat Rumah Jepang Gaya Tradisional-Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Pada beberapa artikel homify tentang desain rumah di Jepang, kita bisa mengetahui bahwa banyak warga perkotaan di sana yang tinggal di apartemen sempit. Namun ada juga warga yang berhasil memiliki rumah dengan arsitektur khas Negeri Sakura ini. Jika Anda tertarik menerapkan gaya arsitektur Jepang pada hunian, inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui. 

1. Taman

Rumah tradisional Jepang dibangun dengan berdasarkan kearifan lokal untuk memelihara keterkaitan antara manusia dengan alam sekitarnya. Rumah karya arsitek Naomi Tanaka Atelier dalam contoh ini memadukan unsur-unsur tradisional tersebut dalam sebuah bangunan kekinian. Pintu depan rumah menghadap ke samping di mana terdapat sebuah taman menghijau di sana. Para tamu akan melintasi jalan setapak beton di depan teras saat berkunjung ke rumah. Rumah ini melindungi privasi para penghuni dari orang-orang asing yang lewat di depannya. Namun tetap terbuka pada kerabat maupun teman yang datang sebagai tamu. 

2. Teras

Teras pada rumah tradisional Jepang disebut engawa yang merupakan area serbaguna. Di sinilah penghuni rumah akan menyambut tamu mereka untuk bercengkrama sambil menikmati suasana taman. Area ini merupakan penghubung antara bagian dalam dan luar rumah. Sebuah sentuhan tradisional pada rumah Jepang gaya modern. 

Lihat desain rumah Jepang lainnya yang memadukan gaya tradisional dan modern di: 

5 Desain Rumah Paduan Tradisional dan Modern

3. Area masuk rumah

Setelah melewati pintu depan, kita akan sampai di area masuk rumah yang disebut genkan dalam bahasa Jepang. Di sini para tamu dan penghuni rumah harus melepas sepatu mereka dan menggantinya dengan sandal khusus untuk dipakai di dalam rumah. Area masuk rumah di sini tampak lapang dan tersedia rak dinding yang dapat menampung banyak pasang sepatu. 

4. Ruang tamu

Selanjutnya kita akan sampai di sebuah ruang terbuka yang berfungsi sebagai ruang tamu. Meski berfungsi sebagai ruang tamu, tidak ada kursi di ruangan ini karena orang Jepang biasa duduk di lantai saat bertamu atau menerima tamu. Sebagai ganti kursi adalah alas duduk dan meja pendek untuk meletakkan minuman hangat. Duduk di ruangan ini sambil memandangi taman indah bukan hanya menyenangkan, namun juga menenangkan. 

5. Dapur

Dapur terletak persis di belakang meja ruang tamu, yang merupakan perwujudan gaya modern di rumah ini. Sedangkan lantai kayu dan pintu geser adalah dua ciri khas rumah Jepang gaya tradisional. 

6. Open plan modern

Kitchen counter warna putih ini menjadi pemisah antara dapur dan ruang tamu. Sebuah furnitur dapur yang juga berfungsi untuk menyiapkan makanan, meja kompor dan bak cuci piring. Dengan demikian, penggunaan ruang bisa dihemat dan begitu juga biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah ini. Cocok diterapkan pada rumah berdimensi kecil dan dapat meningkatkan jalinan kekeluargaan antara penghuni rumah dengan tamunya. 

Baca juga: 

Dapur Semi Terbuka: Solusi Untuk Semua Tipe Rumah

7. Ruang tatami

Ruangan di sebelah dapur adalah tatami room atau ruang tatami. Pembicaraan yang bersifat pribadi dilakukan di ruangan ini oleh penghuni bersama tamu mereka. Ruangan ini juga berfungsi sebagai ruangan untuk upacara minum teh, atau kamar tidur untuk tamu. 

8. Kayu pinus

Material kayu yang biasa digunakan di rumah Jepang adalah kayu pinus. Kayu ini berwarna lebih muda dan cerah daripada kayu jenis lainnya. Kayu pinus juga lebih mudah diproses dan memiliki serat yang halus. Di rumah ini kayu pinus dipadukan dengan beton menjadi tangga menuju lantai dua. 

Baca juga: 

35 Ide Tangga Kayu dan Beton Untuk Rumah Bertingkat

9. Furnitur minimalis

Ruangan di lantai atas juga merupakan sebuah ruang terbuka yang bisa digunakan sesuai kebutuhan penghuni rumah. Ruangan ini juga memiliki furnishing sama dengan ruangan lainnya, lantai kayu pinus dan dinding bercat putih. Warna dan tekstur natural membuat ruangan ini nyaman dan hangat. Agar ruangan tetap terasa lapang, furnitur yang digunakan pun tidak berlebihan. 

Manakah elemen rumah tradisional Jepang yang bisa diintegrasikan dalam arsitektur rumah Indonesia? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!