Rumah by SET Arquitetura e Construções

15 Desain Teras Untuk Berbagai Gaya Rumah

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kebebasan menyertai setiap manusia sejak ia dilahirkan. Kita bebas meraih cita-cita atau kebahagiaan dengan cara apa saja, asalkan tidak mengganggu kebebasan orang lain. Di homify Anda bebas memilih mana desain rumah yang paling Anda suka, sesuai kebutuhan dan situasi pribadi. Untuk itulah kami mempersembahkan 15 desain teras dari berbagai gaya rumah agar dapat menjadi inspirasi Anda. 

1. Tropis

Cuaca di area beriklim tropis biasanya lembab dan disertai curah hujan yang tinggi. Di saat hari sedang terik, duduk-duduk di teras sambil menikmati angin sepoi-sepoi pasti menyenangkan. Di rumah ini, pergola kayu dimanfaatkan sebagai teras yang dilengkapi sofa-sofa nyaman. Lantai keramik tanah liat sangat serasi dengan material kayu yang difurnish coklat alami.

2. Klasik kontemporer

Dinding berlapis batu alam memberikan sentuhan natural yang tidak ketinggalan jaman bagi fasad rumah. Sebagaimana pintu dan jendela, furnishing kisi-kisi logam juga disesuaikan agar serasi dengan dinding batu. Demikian pula lantai bertekstur di sekitar teras. Pemisahan ruang yang berbeda ditandai dengan perbedaan material lantai yang digunakan. Sedangkan atap tembus pandang dan lampu di kanan kiri pintu depan memungkinkan lebih banyak cahaya agar teras tetap terlihat cerah meski berfasad gelap.  

3. Minimalis

Apakah Anda termasuk penyuka gaya minimalis yang sedang tren saat ini? Dalam rancangan ini teras dapat diakses melalui tangga dan cukup luas untuk bercengkerama. Anda juga dapat menghiasnya dengan tanaman kesayangan. Linear yang merupakan ciri khas gaya minimalis tampak pada pagar teras dan kisi-kisi logam di atas teras. Pilar logam berwara merah di sisi kiri rumah adalah penyeimbang dan membuat fasad rumah lebih atraktif. 

Baca juga: 

14 Inspirasi Dapur Minimalis Kekinian 

4. Kolonial

Pergola kayu rupanya menjadi elemen favorit untuk diintegrasikan dengan teras. Pergola juga mudah beradaptasi dengan berbagai gaya rumah. Pada rumah gaya kolonial ini pergola kayu difurnish putih agar serasi dengan fasad rumah. Mengingat cuaca di negara-negara Eropa tidak sehangat Asia Tenggara, maka tidak semua bagian teras belakang ini ditutup dengna pergola kayu. 

Ingin mengintegrasikan lantai kayu pada teras Anda? Simak cara memasangnya di: 

Panduan Memasang Lantai Bermaterial Kayu Pada Teras 

5. Modern

Melihat bentuk pintu dan jendela rumah ini, tak diragukan lagi bahwa gaya rumah ini adalah modern. Meski demikian, desainer tetap menyisipkan unsur natural yang diwakili oleh lantai batu di sekitar teras rumah. Lampu diletakkan di samping pintu agar penghuni rumah bisa melihat siapa tamu mereka sebelum membukakan pintu. Agar tampak lebih hidup, tanaman hias diletakkan di kanan dan kiri pintu depan. 

6. Rumah prefabrikasi

Memang benar rumah prefabrikasi bisa tampil dalam banyak gaya, begitu pula penampilan terasnya. Hal yang ingin kami garis bawahi di sini adalah teras (beserta rumah) yang bisa Anda miliki dan tempati dalam waktu singkat. Ini bukan mustahil karena pembangunan rumah prefab hanya memerlukan waktu singkat.

7. Skandinavia

Negara-negara Skandinavia cenderung bersuhu dingin. Oleh karena itu teras di rumah gaya Skandinavia biasanya luas dan terbuka. Warna yang dominan pada desain teras ini adalah putih, warna khas gaya Skandinavia. Sofa diletakkan sedemikian rupa agar mata tidak terasa silau saat menikmati hangatnya sinar matahari.

8. Country

Gaya country bisa kita hadirkan dengan penggunaan furnitur rotan. Furnitur berbahan rotan juga cocok diletakkan di luar ruangan karena tahan lama dan warnanya tidak mudah pudar diterpa cuaca. Upaya memanfaatkan barang bekas, yaitu palet kayu, menghasilkan meja kopi yang sulit dicari kembarannya. 

9. Mediterania

Lantai dan pagar batu bata adalah detil yang perlu diperhatikan jika kita menyukai gaya Mediterania. Awning juga perlu dipertimbangkan sebagai atap tambahan untuk teras tanpa banyak biaya. Sedangkan untuk furnitur teras pada contoh ini adalah beberapa kursi lipat yang mudah disimpan saat cuaca di luar kurang bersahabat. 

10. Asia (Jepang)

Seperti sebagian besar warga Indonesia, tidak sedikit keluarga di Jepang yang tinggal di rumah di atas lahan terbatas. Namun luas lahan tidak menyurutkan kehendak mereka untuk menciptakan hunian yang selaras dengan sekitarnya tanpa kehilangan privasi. Pagar kisi-kisi kayu diletakkan tepat di depan teras mini agar penghuni tetap dapat bersantai di luar rumah tanpa terlihat oleh tetangga atau orang lewat. 

11. Industrial

Arsitektur eksterior dan interior industrial muncul sebagai upaya meningkatkan estetika hunian yang memanfaatkan bangunan kosong, seperti bekas pabrik atau gudang yang tidak terpakai. Pada contoh ini kita melihat sebuah sudut di bangunan beton yang tetap menarik meski dinding tanpa finishing. Tanaman hias menjadi pusat perhatian, apalagi jika malam tiba dan lampu-lampu dinyalakan. Furnitur teras abu-abu serasi sekali dengan keseluruhan sudut ini.

12. Rustic

Jika menyukai arsitektur atau interior gaya kuno yang sederhana, maka gaya rustic cocok untuk Anda. Teras beratap rendah dengan lantai batu adalah beberapa ciri-cirinya. Serasi dengan pintu-pintu model lawas yang menghiasi fasad depan rumah ini. Hammock berenda bisa menjadi tempat bermalas-malasan sekaligus elemen hias di teras rustic ini.

13. Ekletik

Apapun yang tersedia di sekitar kita bisa dimanfaatkan, meski tampaknya tidak berguna dan tidak ideal. Itulah pelajaran berharga dari rumah unik ini. Kejelian desainer dalam memaksimalkan fungsi lahan sungguh brilian. Bahkan rumah ini tetap memiliki sebuah teras, meski sangat minim luasnya. Sebuah ide yang pasti menjadi pencerahan bagi kita semua bukan? 

Apa yang harus kita lakukan untuk memaksimalkan kondisi ruangan yang sempit? Bacalah: 

Cara Penggunaan Ruang Maksimal Ala Jepang 

Manakah gaya teras yang paling mudah dibuat dari daftar ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!