Kamar Mandi by Angelina Alekseeva

6 Cara Mengubah Kamar Mandi Basah Menjadi Kamar Mandi Kering dan Hangat

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Kamar mandi, sebenarnya adalah ruang yang mudah terbengkalai dibandingkan ruang keluarga atau dapur. Dan nyatanya, kamar mandi juga adalah ruang yang secara langsung mempengaruhi kesehatan dan kondisi keluarga kita. Itu sebabnya, kita harus lebih berhati-hati dalam merawatnya. Lalu, seperti apa interior kamar mandi yang ideal?

Unsur yang paling mendasar – karena sifatnya yang tertutup dan lembab – kamar mandi haruslah selalu mudah dikelola perputaran udara dan kelembabannya. Dan belakangan ini konsep kamar mandi kering gaya Barat semakin diminati, karena memiliki struktur yang dapat menjaga lantai tetap kering, dan memenuhi dua persyaratan utama tadi. 

Selain itu, kamar mandi kering juga memiliki garis pembatas yang jelas, sehingga memudahkan penggunaan area di dalamnya, dan juga memiliki keuntungan dapat menjaga suhu udara lebih hangat. Dan yang tak kalah penting juga, kamar mandi kering dapat meringankan stres yang diakibatkan dari lumut-lumut licin yang harus dibersihkan di lantai kamar mandi.  

Dan artikel kita hari ini, akan memperkenalkan enam cara dasar untuk membuat kamar mandi kering. Jika Anda memahami kondisi dasar kamar mandi tipe kering, maka siapapun dapat dengan mudah memilikinya. 

Silahkan disimak.

1. Pasang Bilik Shower

Kamar mandi kering adalah kamar mandi dengan struktur yang menjaga lantai tetap kering. Dan untuk memilikinya, hal pertama yang harus dipikirkan adalah kompartemen ruang yang tepat, sesuai fungsinya. 

Anda bisa mandi tanpa mengkhawatirkan keseluruhan lantai kamar mandi menjadi basah, dengan memisahkan secara jelas dimana air digunakan dan tempat yang harus kering, dengan menggunakan bilik atau tirai shower. Saat mengubah kamar mandi basah konvensional menjadi kamar mandi kering, cara yang paling mudah adalah memisahkan tempat mandi dengan tempat pembuangan.

2. Menggunakan Partisi Bathtub

Sayangnya, dalam tren kamar mandi kering yang semakin menjamur sekarang, banyak orang salah mengartikan bahwa mereka harus mengganti bathtub dengan bilik shower. Padahal perlu Anda ketahui, bathtub adalah perabot kamar mandi yang sangat diperlukan bagi mereka yang menikmati mandi dalam waktu lama. Dan tak hanya itu, saat Anda merendam tubuh di dalam air hangat sembari mendengarkan musik, maka otot-otot Anda akan rileks, yang akan membantu menghilangkan rasa lelah. Dan yang penting juga untuk diketahui – terutama bagi wanita – merendam bagian bawah tubuh di dalam bathtub, memiliki efek yang hebat untuk kecantikan dan diet kulit. Itu sebabnya, bathtub juga sering ditemukan di dalam konsep kamar mandi kering. 

Dan dalam hal ini, cara yang efektif untuk membagi ruang dan mengatur agar air tidak membasahi area di luar bathtub, adalah dengan menggunakan tirai shower sederhana atau dinding kaca. Anda bisa membuatnya sendiri, tapi akan lebih baik memilih desain bathtub yang juga memiliki shower atau pancuran air.

3. Manfaatkan Keuntungan dari Area yang Luas

Jika Anda memiliki kamar mandi berukuran besar, maka akan lebih mudah membuat kamar mandi kering. Jarak antara kloset, wastafel dan dinding bathtub, memungkinkan adanya jarak pemisahan penggunaan area kamar mandi yang jelas dan alami. Selain itu, berkat ruang yang luas, maka wastafel dan bagian bawah kloset tidak akan basah karena tempat mandi terpisah, sehingga kamar mandi bisa digunakan dengan lebih aman dan juga hangat.

4. Membuat Lantai yang Hangat

Kelebihan dari kamar mandi kering, adalah suhu ruangan yang selalu hangat. Dan menutup atau melapisi lantai kamar mandi – ingat, tidak seluruhnya! – dengan bahan-bahan seperti yang ada di ruang keluarga atau kamar tidur, akan menciptakan kamar mandi hangat dan juga nyaman. 

Karpet dengan desain yang ramah dapat dengan mudah menambahkan kehangatan, selain menyerap air yang jatuh dari tubuh, sehingga membuat kamar mandi lebih aman. Dan sebagai tambahan, perabot kayu dan vas bunga, sangat cocok diletakkan di kamar mandi berkarpet yang nyaman.

5. Mengatur Kompartemen Kamar Mandi

 Kamar Mandi by Espaces à Rêver
Espaces à Rêver

Salle de bain – Appartement industriel chic & moderne 55m2 – 75010 Paris

Espaces à Rêver

Agar bisa menikmati mandi dengan nyaman dan aman, pertama-tama yang harus diprioritaskan adalah pengaturan yang rapi. Dan tempat-tempat penyimpanan yang banyak, sangat penting untuk menciptakan batasan yang nyaman. Anda bisa menciptakan kamar mandi yang lebih baik dengan menyediakan akses yang baik ke tempat Anda menyimpan berbagai barang kamar mandi seperti pakaian, handuk, handuk kering dan gantungan pakaian.

6. Memanfaatkan Struktur Kamar Mandi

 Kamar Mandi by Sensearchitects Limited

Jika area kamar mandi Anda sempit dan panjang, maka Anda bisa membuat sebuah bathtub tanpa perlu banyak usaha. Dan bathtub yang terpasang dengan dalam seperti pada foto di atas, memiliki jarak yang cukup untuk menghindari air keluar dari bathtub, tanpa perlu menggunakan tirai atau bilik mandi. Dan jika Anda masih khawatir mengenai percikan air dari bathtub, cukup tambahkan karpet dengan bahan tahan air untuk menyelesaikan permasalahan.

Nomor berapakah yang menjadi favorit Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!