Ruang Keluarga by Студия Павла Полынова

7 Cara Membersihkan Furnitur Berlapis Linen

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Kurang lengkap rasanya jika tidak memiliki furnitur dengan pelapis berbahan linen di rumah kita. Saat ini furnitur bahan linen tersedia dalam berbagai warna dan ukuran, tinggal pilih mana yang sesuai untuk interior rumah Anda. Seiring berlalunya waktu, linen pelapis sofa menjadi kusam dan kotor karena debu dan kotoran. Membersihkan pelapis sofa bisa mengembalikan keindahannya yang sempat pudar. Jika Anda masih awam dalam hal membersihkan sofa, coba ikuti langkah-langkah berikut ini. 

1. Singkirkan debu dan kotoran

  by homify

Sebelum membersihkan furnitur berlapis linen dengan bahan pembersih apapun, bersihkan dahulu permukaan furnitur dari debu, sisa makanan, bulu binatang, atau kotoran lainnya. Anda bisa menggunakan kain lap, kemoceng, penyedot debu dengan ujung berbulu, atau sikat berbulu halus agar tidak merusak pelapis linen.  

2. Siapkan bahan pembersih

  by homify

Produk pembersih khusus untuk sofa kain saat ini telah tersedia di pasaran. Namun, beberapa bahan pembersih juga tidak kalah ampuh dalam membersihkan furnitur berlapis linen. Bahan pembersih itu di antaranya adalah tisu basah, cuka, dan deterjen cair. Jangan lupa siapkan juga secarik kain mikrofiber. 

Baca juga: 

8 Tips Membersihkan Rumah Dengan Bahan Alami

3. Atasi bercak-bercak pada pelapis linen

  by homify

Coba perhatikan furnitur berlapis linen Anda, adakah bercak-bercak kotoran di sana yang mudah terlihat mata telanjang? Gunakan tisu basah untuk membersihkan bercak-bercak ini. Anda juga bisa mencoba bahan pembersih yang hendak digunakan dengan menguji keampuhannya dalam membersihkan bercak-bercak. Larutkan bahan pembersih dengan sedikit air, celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan, lalu gunakan untuk membersihkan bercak atau noda pada furnitur. 

4. Bersihkan seluruh permukaan furnitur

jasa cuci sofa bandung:  Household by SapuBersih.id
SapuBersih.id

jasa cuci sofa bandung

SapuBersih.id

Kemudian masukkan kembali kain mikrofiber dalam larutan pembersih, peras sampai airnya tidak menetes. Lalu gunakan kain tersebut untuk menyeka semua permukaan pelapis linen pada furnitur Anda. Diamkan beberapa saat agar deterjen bekerja maksimal membersihkan kotoran. 

5. Keringkan

Jika menjemur furnitur berbahan linen di bawah sinar matahari tidak memungkinkan, Anda bisa kok mengeringkannya di dalam rumah. Buka pintu dan jendela lebar-lebar agar angin sepoi-sepoi membantu proses pengeringan. 

Lebih suka furnitur kayu? Baca juga: 

8 Furnitur Kayu yang Bisa Anda Buat Sendiri di Rumah

6. Bersihkan noda secepat mungkin

Jika furnitur berlapis linen Anda kena tumpahan kopi atau es krim, bersihkan secepat mungkin. Noda baru pada pelapis linen masih mudah dibersihkan daripada noda lama. 

7. Pasang sarung bantal kursi saat masih lembab

Kain atau sarung bantal kursi sebaiknya dicuci secara teratur setiap satu atau dua minggu sekali. Setelah dicuci, pasang sarung bantal kursi dalam kondisi lembab. Setelah kering, bentuk sarung bantal kursi akan berbentuk sama atau mengikuti bantal kursi Anda. 

Selamat mencoba. 

Baca juga: 

10 Kesalahan Dalam Membersihkan dan Menata Rumah 

Seberapa seringkah Anda membersihkan furnitur berlapis linen? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!