Dapur by UN AMOUR DE MAISON

Renovasi Rumah Rustic Jadi Rumah Modern

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rumah dengan gaya rustic memang elegan. Namun ada kalanya kita menginginkan sesuatu yang berbeda dan kekinian. Rencana renovasi bisa bikin kita pusing kepala lantaran memikirkan warna dinding atau furnitur baru yang diperlukan untuk menciptakan suasana kekinian. Padahal renovasi tetap bisa dilakukan tanpa banyak melakukan modifikasi. 

Bagaimana cara merenovasi rumah rustic menjadi rumah modern dengan sedikit perubahan? Kami menjawab pertanyaan ini dengan menampilkan sebuah proyek renovasi rumah karya desainer UN AMOUR DE MAISON. 

1. Wajah baru dapur rustic

Sebelumnya, interior dapur cukup sederhana dan ada beberapa perangkat yang berada di tempat yang tidak seharusnya. Dinding, langit-langit dan pintu dicat dengan warna putih polos biasa. Agar tampilan dapur lebih menarik, desainer memutuskan untuk membuat area ini terlihat lebih luas. Caranya adalah dengan menambahkan sedikit warna dan membuat jendela di dinding agar cahaya alami bisa masuk ke dalam. 

2. Renovasi ruang makan

Ruang makan juga telah direnovasi dengan gaya modern yang sama seperti dapur. Ruang makan ini juga terintegrasi dengan dapur dan ruang keluarga/ ruang tamu. 

3. Dapur ruangan terbuka

Dari sudut ini kita bisa mengetahui bahwa dapur terhubung dengan ruangan lainnya, yaitu ruang makan. Kesan luas tercipta berkat penambahan beberapa jendela. Sedangkan letak pintu dipindahkan ke samping, yaitu pada dinding antara dapur dan ruang makan. 

Baca juga: 

5 Contoh Desain Dapur Ruangan Terbuka

4. Harmoni antara dapur dengan ruang makan

Setelah direnovasi, penampilan dapur dan ruang makan tampak lebih harmonis. Ini berkat penggunaan warna yang serasi dengan furnitur ruang makan dan dinding putih di seluruh bagian rumah. 

5. Renovasi kecil di ruang keluarga

Renovasi juga dilakukan di ruang keluarga, agar tercipta keselarasan antara tampilan dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Menariknya, arsitek hanya mengubah tampilan perapian kuno menjadi perapian modern. Lihatlah, ruang keluarga kini sudah tampak lebih modern bukan? Perapian modern juga dicat dengan warna abu-abu, sehingga serasi dengan furnitur dapur. Asesoris modern pun ditambahkan agar ruang keluarga tampak lebih hidup. 

Lebih suka gaya rustic? Lihat cara mendekorasi rumah dengan gaya rustic di: 

6 Inspirasi Untuk Menciptakan Atmosfer Rustic 

6. Tanpa menghilangkan nuansa rustic

Agar unsur asli rumah tetap terlihat, dinding rustic tetap dibiarkan seperti adanya. Pelajaran yang bisa kita ambil adalah modernisasi sebaiknya dilakukan tanpa menghilangkan gaya lama, meskipun hanya diwakili elemen sederhana yang tampak kontras dengan gaya modern. 

Lihat contoh desain rumah perpaduan gaya lama dan modern lainnya di: 

Sebuah Rumah Kuno di Luar, Modern di Dalam

7. Bukan hanya satu ruangan yang direnovasi

Hal lain yang perlu kita ingat adalah, saat melakukan renovasi di satu ruangan pastikan agar keserasian tetap terjaga dengan ruangan lainnya. Apalagi jika kita menggunakan konsep interior open plan seperti pada rumah ini. 

Menurut Anda, perlukah gaya lama sama sekali dihilangkan agar rumah terlihat lebih modern? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!