Ruang Keluarga by 宅即變空間微整形

7 Ide Memaksimalkan Dimensi Ruang Terbatas

Henti Kresdiana Henti Kresdiana
Loading admin actions …

Tinggal di apartemen adalah sebuah solusi mudah untuk Anda kaum urban. Aktivitas di pusat kota sangat tidak memungkinkan untuk tinggal di pinggir kota yang akan memakan waktu untuk mengakses tempat melakukan aktivitas dan bekerja. 

Saat ini banyak sekali tipe apartemen yang tersedia di pasaran, semuanya tergantung dengan kebutuhan serta bujet Anda. Namun yang pasti, dengan luas yang relatif lebih sempit dan mempunyai keterbatasan dibandingkan dengan rumah hampir dapat dipastikan bahwa tinggal di apartemen memerlukan sebuah kreativitas untuk menatanya.

Buku ide kali ini homify mengeksplorasi berbagai ide bagaimana melakukan renovasi interior apartemen yang akan menginspirasi Anda.

1. Pahami lokasi apartemen

Perhatikan lokasi ruang apartemen Anda dalam sebuah gedung, bagaimana koridornya, posisi jendela, angin, kebisingannya, serta pencahayaan alami yang di dapat. Ventilasi juga menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga sirkulasi udara, apalagi ketika pasokan listrik sedang terganggu.

2. Perhatikan luas dan ketinggian

Apartemen yang luas tentu lebih nyaman dan leluasa dalam menata nya, namun yang tidak kalah penting perhatikan tingginya. Apartemen dengan tinggi yang lebih juga dapat dimanfaatkan membuat loteng untuk membuat kesan luas dan banyak ruang.

3. Cari ruang tersembunyi untuk secara aktif dimanfaatkan

Berikut ini adalah contoh pemanfaatan ruang tersembunyi.  Arsitek memanfaatkan ruang langit-langit setinggi 1.6m yang digunakan untuk ruang kerja, belajar serta perpustakaan.

4. Satu ruang banyak fungsi

 Ruang Keluarga by homelatte
homelatte

[홈라떼] 책이 가득한 24평 복도식 아파트 홈스타일링

homelatte

Dengan luas yang terbatas, Anda harus bisa membuat ruang cukup untuk mengakomodasi semua kebutuhan anggota keluarga penghuni apartemen. Ruang yang tampak berikut adalah contoh bagaimana memenuhi banyak kebutuhan. Dapur, island sekaligus meja makan, ruang keluarga dengan sofa sekaligus tempat penyimpanan di bawah, ruang baca dengan rak melayang serta area bermain anak.

5. Manfaatkan ruang kosong

 Ruang Kerja by homelatte
homelatte

[홈라떼] 책이 가득한 24평 복도식 아파트 홈스타일링

homelatte

Beberapa apartemen memiliki struktur yang menghadap pintu masuk dan lorong dengan ruangan kecil. Ruang yang tidak cukup untuk kamar tidur ini bisa direncanakan untuk ruang lain seperti ruang ganti, ruang belajar atau ruang kerja.

6.Mengambil keuntungan dari partisi dan pintu geser

Untuk menjaga privasi namun tetap mempertahankan ruang terlihat luas, manfaatkan teknologi partisi dan pintu geser, solusi untuk ruang sempit.

Cari inspirasi pintu geser di buku ide berikut:

14 Pintu Geser yang Sempurna Untuk Hunian Mungil Anda

7. Menambah ruang lapang dengan pintu lipat

Sama halnya dengan partisi, pintu lipat mampu menjaga privasi saat dibutuhkan, kelebihannya Anda akan tetap merasakan ruang yang lega dan lapang hanya dengan melipat pintu.

Berikutnya, jangan lewatkan buku ide tentang apartemen yang tidak kalah menarik.

Desain Apartemen Loft Yang Unik Dan Berjiwa Muda

Punya ide lain memaksimalkan ruang dalam apartemen? Bagi ide Anda di sini.
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!