Dapur by Davonport

6 Pilihan Material Kreatif dengan Tekstur Menakjubkan untuk Dapur Anda

Evelyn Evelyn

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Memilih material untuk dapur bukan hal yang mudah. Terpaku pada paradigma kegiatan memasak yang selalu dianggap menghasilkan banyak kotoran seperti cipratan minyak ke dinding, pilihan material untuk dinding dapur pada umumnya hanya terbatas pada material keramik yang umum dan biasa. Dilihat dari segi desain, tentunya hal ini menjadi kurang menarik. Oleh karena itu, pada buku ide kali ini, kami, professional homify, mengumpulkan alternatif ide pilihan material untuk area dapur dan juga aplikasinya yang akan membuat pandangan anda mengenai area dapur berubah 180 derajat.

Yuk mari kita sekarang mulai jelajahi material apa sajakah itu.

1. Keramik

 Dapur by menta, creative architecture
menta, creative architecture

Cozinha e Instalação Sanitária

menta, creative architecture

Pilihan material keramik sekarang ini bisa juga menjadi sangat menarik. Ketersediaan pilihan pola dan warna membuka peluang bagi desainer untuk menjadi kreatif dalam desain dinding pada dapur. Salah satu contohnya pada gambar di atas ini, dimana desainer memanfaatkan keramik dengan pola yang mirip dengan batik. Dipadu dengan pilihan material di sekitarnya yang cenderung netral dan polos, area ini kemudian menjadi aksen yang cantik dan manis bagi ruangan dapur anda.

2 Bedrooms - Bassura City Apartment:  Dapur by RANAH
RANAH

2 Bedrooms – Bassura City Apartment

RANAH

Selain menggunakan keramik dengan pola atau motif, tidak tertutup kemungkinan bagi desainer sekarang ini umtuk menciptakan polanya sendiri dengan mengabungkan pilihan warna serta ukuran keramik yang ada di pasaran. Hasilnya dapat dilihat pada proyek di atas, dimana material keramik diputar dalam arah 45 derajat menciptakan pola yang menarik dan unik.

Ukuran keramik juga patut diperhatikan ketika memilih material dapur, karena akan memberikan tekstur yang berbeda. Pilihan ini biasanya juga harus disesuaikan dengan ukuran ruangan. Layaknya prinsip memakai baju dengan pola, hindari pola keramik yang terlalu besar jika ruangan Dapur anda berukuran kecil. Pilihan Keramik berukuran kecil juga dapat menjadi cantik dan menarik seperti proyek di atas.

2. Perforated Alumunium Panel

 Dapur by homify

Penggunaaan metrial ini bisa dikatakan sebagai out-of -the-box. Sangat menarik terutama dilihat dari segi fungsional dan kepraktisan, dimana dengan tambahan kait, lubang yang ada dapat sekaligus digunakan debagai tempat menggantung peralatan dapur. Suatu solusi yang cantik sekaligus pintar.

3. Batu Bata Ekspos

Pilihan material batu bata ekspos juga sudah mulai banyak dipakai dalam desain dapur sekarang ini. Dikarenakan karakter material yang cukup tahan banting, penerapan material ini cukup beragam pula. Salah satu contoh yang ada adalah penerapan material ini pada seluruh dinding area dapur, menciptakan efek country dan rustiq sepeti rumah bergaya amerika.

 Dapur by Will Eckersley
Will Eckersley

Oliver's Wharf

Will Eckersley

Penerapan lainnya adalah pada satu sisi dinding saja. Tidak tertutup kemunkinan bahwa dinding ini juga langsung berhadapan dengan tempat memasak.

Ide lainnya adalah penerapan material batu bata hanya sebagai background dari dapur saja. Dipadu dengan pilihan material yang tepat seperti proyek di atas, dapur anda akan menjadi sangat menawan, meski ruangan yang ada tidak terlalu besar.

4. Beton Ekspos

Alternatif material lain adalah beton ekspos. Tekstur yang dihasilkan oleh material ini bisa dikatakan unik dibandingkan dengan material lainnya. Dengan warna yang netral, pemilihan perabot untuk area daput tidak terlalu sulit. Untuk melindungi tekstur dinding, salah satu siasat atau strategi yang dapat diterapkan adalah dengan meletakkan area memasak di tengah ruangan dan tidak menghadap langsung ke dinding.

Penerapan material beton ekspos sebagai aksen dalam ruangan juga meninggalkan kesan yang manis.

 Dapur by Студия дизайна Interior Design IDEAS
Студия дизайна Interior Design IDEAS

Кухня в двухэтажном доме в стиле лофт

Студия дизайна Interior Design IDEAS

Jika dapur anda kurang luas untuk mempunyai pulau dapur seperti contoh proyek diatas, salah satu strategi lainnya jika anda ingin menerapkan material beton ekspos namun tidak ingin melukainya adalah dengan memberikan bingkai hitam dari area kerja dapur. Dengan demikian dinding cantik anda akan selalu bersinar.

5. Kayu

Kayu pada dasarnya adalah material yang cukup sensitif terhadap kotoran. Namun jika anda memiliki disiplin yang baik dalam memasak dan membersihkan dapur anda secara teratur, pemilihan material kayu tidak akan menjadi masalah untuk anda. Merujuk pada proyek di atas, dapur dengan material katu terlihat sangat luar biasa bukan?

Bagi anda yang masih ragu, untuk memerapan kayu sebagai material untuk area kerja dapur, anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kayu pada salah satu sisi dinding dapur atau juga sebagai material lemari pada dapur.

6. Papan Tulis

 Dapur by IdeasMarket
IdeasMarket

Грифельная стена в апартаментах в стиле лофт

IdeasMarket

Dapur yang berada di dekat ruang makan merupakan salah satu alternatif tempat berkumpulnya keluarga selain ruang keluarga. Tidak jarang kita juga meninggalkan pesan di lemari es sebagai salah satu cara komunikasi antar anggota keluarga. Membawa ide ini ke tingkat lebih lanjut, penggunaan material papan tulis adalah alternatif kreatif untuk desain dapur masa kini. Di sini anda tidak hanya bisa meninggalkan pesan, namun juga dapat berkreasi lebih seperti membuat gambar.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!