Studio Apartment - Bintaro Plaza Residence:  Ruang Makan by RANAH

5 Inspirasi Ruang Mungil Multifungsi

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Keterbatasan lahan pada kota besar sudah menjadi masalah yang umum. Akibatnya ukuran unit apartemen semakin kecil dari masa ke masa. Fakta ini membutuhkan jawaban dari para ahli dan professional untuk menyiasati ruangan kecil dan merubahnya menjadi ruang multifungsi pada rumah anda. Berikut akan kami tampilan beberapa contoh desain atau proyek yang mengubah area sempit menjadi terlihat luas dan juga dapat menjadi multi-fungsi.

1. Pemilihan Material Berwarna Netral

Untuk dapat membuat sebuah ruangan menjadi multi-fungsi, terdapat juga kebutuhan agar ruaangan tersebut memiliki suasana yang cukup netral, sehingga, ada saatnya ruangan ini dapat digunakan sebagai ruang membaca yang tenang, atau di saat yang lain menjadi ruang bermain anak – anak. Untuk mencapai suasana ini, pemlihan warna netral sebagai dominasi pada area ini adalah salah satu strategi yang dapat anda pertimbangkan.

2. Bekerja dengan Efek Pencahayaan

Ruangan sempit tanpa cahaya yang cukup akan terlihat sangat menyedihkan. Jangan ragu untuk menambahkan efek pencahayaan yang cukup mencengangkan di ruangan anda karena hal itu akan membuat ruangan anda terlihat luas dan mengundang orag maupun anggota keluarga untuk menggunakan ruang tersebut untuk berbagai macam kegiatan.

3. Minimalkan Perabot

Rumah Tinggal Bpk Arif:  Ruang Keluarga by samma design
samma design

Rumah Tinggal Bpk Arif

samma design

Perabot pada dasarnya akan sangat mendominasi pada ruangan yang kecil dan sempit. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk membuat kesan luas serta mendukung lebih dari satu aktivitas adalah dengan memaksimalkan penggunaan lantai sebagai area berkumpul dan beraktivitas.

4. Pertahankan Koneksi Visual

Studio Apartment - Bintaro Plaza Residence:  Ruang Makan by RANAH
RANAH

Studio Apartment – Bintaro Plaza Residence

RANAH

Seringkali kita masih terpaku pada pemikiran ruang denga basis luasan pada rumah tinggal yang non-apartemen, dimana setiap rang harus terpisahkan secara nyata dan jelas melalui dinding atau pintu. Pada ruangan yang sempit, sangatlah penting untuk kita menyadari bahwa visual konseksi adalah sesuatu yang krusial da perlu dipertahankan dalam desain pada ruangan sempit, terlepas dari spesifikasi fungsi, ruang yang ada dengan sendirinya akan menjadi multifungsi.

5. Gunakan Ide Perabot Fleksibel

Studio Apartment - Margonda Residence 2:  Ruang Makan by RANAH
RANAH

Studio Apartment – Margonda Residence 2

RANAH

Perabot fleksibel yang dapat disesuaikan dengan kondisi penggunaan ruang adalah solusi yang baik untuk ruangan yang sempit. Perabot seolah – olah berfungsi sebagai sesuatu yang dapat membesar dan mengecil sesuai dengan keinginan pengguna.

Studio Apartment - Park View Condominium Depok:  Ruang Makan by RANAH
RANAH

Studio Apartment – Park View Condominium Depok

RANAH
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!