Rumah by Asap Home Builder

Rumah Industrial Ini Dibangun Kurang Dari 3 Bulan!

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Teknik finishing diaplikasikan pada dinding agar rumah tampak menarik dan membanggakan hati pemiliknya. Ada teknik warna, kayu ekspos, batu bata ekspos, batu alam ekspos, dan .. tanpa ekspos alias tanpa finishing sama sekali. Teknik ini dikenal sebagai teknik beton ekspos di dunia arsitektur, meski istilah itu kurang tepat karena yang diekspos atau diolah adalah material semen. Pada teknik ini semen digunakan sebagai plester dinding beton, kemudian dibiarkan mengering dan menghasilkan warna abu-abu sederhana. Sedangkan dinding beton polos yang merupakan hasil akhir teknik ini adalah karakter gaya industrial, sebuah gaya arsitektur yang menjadi favorit di beberapa negara belakangan ini. 

Rumah industrial di Udon Thani, Thailand, di bawah ini adalah salah satu contoh desain yang berhasil mengintegrasikan dinding beton secara sempurna. Hebatnya, rumah ini dibangun dalam kurun waktu 79 hari saja atau kurang dari 3 bulan. Mari kita bertandang ke Thailand sekarang agar tak penasaran! 

1. Rumah modern berlantai dua

 Rumah by Asap Home Builder
Asap Home Builder

ASAP P17 บ้านชั้นเดี่ยว 2 ชั้น 1 ห้องนอน 2 ห้องน้ำ

Asap Home Builder

Material semen membuat rumah ini terlihat kokoh namun menawan, lengkap dengan kamar mandi, dapur, kamar tidur sebagaimana rumah lainnya. Fasad rumah mencerminkan modernitas yang sederhana dengan paduan atap pelana dan atap datar. Jendela kaca dan pintu kaca geser digunakan untuk menarik lebih banyak cahaya dan atmosfer alami, menguatkan imej kekinian. 

2. Fasad belakang

Sisi belakang rumah memperlihatkan dinding beton bertekstur bercak-bercak dan pintu kayu berfurnish cerah sebagai kontras. Sentuhan artistik yang meningkatkan nilai visual rumah secara simpel dan tak banyak biaya. Sementara balkon di lantai dua cukup lapang sebagai tempat beristirahat berprivasi tinggi. Di sini kita juga bisa melihat ada sebuah tangki air yang digunakan untuk menampung air hujan dari atap rumah. Air hujan kemudian diolah untuk memenuhi kebutuhan penghuni rumah. Rumah ini tidak hanya cantik, namun juga ramah lingkungan. 

Baca selengkapnya tentang pemanfaatan air hujan di: 

5 Cara Cermat dan Indah Untuk Menadah Air Hujan

3. Ruang keluarga

Kita sampai di ruang keluarga yang terletak di bagian tengah rumah. Ruangan ini juga dikelilingi dinding beton ekspos sama seperti dinding luar. Nuansa abu-abu menghasilkan atmosfer natural, tampak stylish dan mengekspresikan kesederhanaan. Apalagi warna ini fleksibel dan mudah dipadukan dengan berbagai gaya furnitur. 

Ruang keluarga tampak luas dan terbuka berkat sejumlah jendela di sisi kiri. Ada tangga beraksen kontemporer terbuat dari kayu dengan furnish yang sama seperti pintu dan rak. Bersama lantai keramik putih, kayu berfurnish cerah menjadi kontras yang mampu mengimbangi warna abu-abu dan kekakuan mortar. Nilai lebih area ini semakin bertambah karena mudah diakses dari segala sudut rumah. 

4. Kamar tidur

Kamar tidur di lantai satu dilengkapi dengan pintu kaca geser yang terhubung dengan halaman depan. Di sini kita sekali lagi melihat karakteristik industrial yang menonjolkan pemanfaatan material tanpa finishing untuk dinding. Sama dengan ruang keluarga, kamar tidur juga menggunakan lantai keramik putih dan kayu berfurnish cerah. Kusen jendela dan pintu warna hitam selaras dengan dinding polos abu-abu, memperkaya warna rumah industrial ini. 

Baca juga: 

6 Tips Interior Apartemen Gaya Rustic Industrial

5. Dapur

Seperti bagian rumah lainnya, dinding beton ekspos juga mengelilingi dapur. Hal yang menonjol di sini adalah langit-langit dapur yang tinggi dan kitchen counter (meja dapur) yang terbuat dari mortar. Meja dapur dibuat memanjang dengan satu sisi sebagai tempat memasak dan kompor, sedangkan sisi lainnya digunakan untuk bak cuci piring dan tempat penyimpanan. Jendela-jendela di sisi kanan dapur melancarkan sirkulasi udara dan berfungsi juga sebagai sumber cahaya. Cahaya membantu mencegah timbulnya jamur dan bakteri yang mudah berkembang biak di tempat lembab. 

6. Tangga

Karakter material kayu membentuk pesona anak tangga ini. Susuran tangga terbuat dari baja dengan bentuk sudut tumpul yang disesuaikan dengan kemiringan tangga. Dengan demikian, keamanan penghuni rumah tetap terjaga saat melangkahkan kaki di tangga dengan terburu-buru. Hal menarik lainnya adalah tirai baja di sisi kiri tangga. Elemen yang didesain secara brilian agar berfungsi sebagai pengaman yang menawan. 

7. Kamar mandi

Fasilitas sanitasi di rumah industrial ini tidak terlalu luas. Namun ini bukanlah halangan untuk menjadikannya sebagai fasilitas kebersihan yang lengkap dan higienis. Sebuah dinding beton rendah dibangun untuk memisahkan area shower dan toilet serta wastafel. Furnitur kamar mandi didekorasi dengan warna putih, demikian juga dinding di area shower yang dilengkapi water heater. 

8. Lantai dua

Sebuah kamar tidur juga terdapat di lantai dua dan terkoneksi dengan balkon selebar 1-2 meter. Balkon memanfaatkan pagar baja sebagai pengaman yang bernuansa sama dengan kusen pintu kaca geser. Sedangkan interior kamar tidur menampakkan sisi dalam atap pelana yang tampil dengan warna putih, senada dengan lantai keramik. Inilah ruangan di mana penghuni rumah dapat beristirahat sambil menikmati indahnya panorama di sekeliling. 

Silakan ikuti ulasan rumah industrial lainnya di: 

Rumah Industrial Kayu dan Beton ala Jepang

Bagaimana pendapat Anda tentang rumah industrial di atas? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!