Rumah by Roundhouse Architecture Ltd

5 Rahasia Rumah Rapi dan Bersih Setiap Hari

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Rasanya kita sudah membersihkan rumah setiap hari, namun rumah tetap terlihat berantakan. Apalagi jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja, dan anak-anak masih kecil. Mainan dan pakaian kotor tampak selalu bertebaran di mana-mana, piring-piring kotor selalu menumpuk di dapur… Bingung mana yang harus dibereskan lebih dulu! homify punya solusi untuk masalah semacam ini. Cek tips berikut untuk membersihkan rumah setiap hari dalam waktu singkat. 

1. Dapur yang memudahkan aktivitas

 Dapur by KitzlingerHaus GmbH & Co. KG
KitzlingerHaus GmbH & Co. KG

Offene Küche mit Küchenblock und restaurierter alter Holzbank als Blickfang

KitzlingerHaus GmbH & Co. KG

Waktu yang terbatas menuntut kita untuk dapat memanfaatkannya secara efektif. Maunya sih punya tangan lebih dari dua supaya banyak pekerjaan bisa diselesaikan secepat kilat! Kita tidak perlu membeli tangan palsu, cukup atur lingkungan sekitar agar memudahkan kita beraktivitas. Sediakan dua lap kering di dekat kompor untuk mengangkat panci panas, dan lainnya untuk melap meja dapur (jangan terlalu dekat agar lap tidak terbakar) saat menunggu masakan matang. Atur isi kulkas, buka jendela lebar-lebar setiap hari agar semua bagian yang kotor terlihat jelas… Tata saja dapur sesuai kebutuhan Anda. 

Simak cara membersihkan dapur di sini: 

6 Tips Praktis Membersihkan Dapur 

2. Jadwal

 Kamar Tidur by dwell design
dwell design

Master Bedroom

dwell design

Hidup yang teratur adalah awal kesejahteraan lahir batin. Tentukan jam khusus untuk bersih-bersih, entah pagi atau sore hari, di sela-sela aktivitas lainnya. Jangan lupa tentukan juga durasinya. Misalnya, 15 menit untuk menyapu rumah sebelum berangkat kerja atau belanja. Letakkan jam dinding atau jam meja di tempat strategis agar bisa mengetahui sisa waktu yang Anda miliki.  

Ingin tahu cara membersihkan kamar tidur dengan cepat? Bacalah: 

10 Trik Jitu Agar Kamar Tidur Selalu Rapi dan Bersih 

3. Membagi tugas

 Jendela by BOOK A TIGER
BOOK A TIGER

1. Das richtige Wetter abwarten

BOOK A TIGER

Kecuali Anda tinggal di rumah seorang diri, semua penghuni rumah perlu dilibatkan untuk menjaga kebersihan. Bicarakan dengan pasangan, apakah ia tak keberatan membersihkan halaman pagi-pagi sekali. Ajarkan anak-anak untuk meletakkan barang-barang pada tempatnya setelah digunakan. Beri tempat terpisah untuk setiap jenis barang untuk memudahkan mereka. Di akhir minggu, libatkan mereka dalam aktivitas bersih-bersih 'besar' seperti menyapu dan mengepel lantai atau membersihkan jendela kaca. Mengajarkan bersih-bersih sejak usia dini baik untuk menumbuhkan kepedulian anak pada lingkungan sekitarnya. 

4. Istirahatkan ponsel

  by homify

Bercakap-cakap dengan kerabat atau sahabat melalui aplikasi chatting memang bisa mengobati kerinduan. Namun chatting berkepanjangan akan menyita waktu Anda yang sudah terbatas. Jika sudah tiba saatnya bersih-bersih, letakkan ponsel dan jangan menyentuhnya kecuali ada panggilan masuk (mungkin saja itu penting). Bila perlu atur ponsel pada mode getar atau tanpa suara agar Anda tak gagal fokus setiap kali ponsel berbunyi.  

5. Nikmati hasilnya

 Rumah by Roundhouse Architecture Ltd
Roundhouse Architecture Ltd

Plot 2 Durward Gardens, Kincardine O'neil, Aberdeenshire

Roundhouse Architecture Ltd

Semua aktivitas bersih-bersih dilakukan untuk satu tujuan, sebuah rumah yang nyaman. Tetapi semua itu akan menjadi sia-sia jika kita tak meluangkan waktu untuk menikmatinya. Semua pakaian sudah terlipat rapi di lemari, ruang tamu sudah berkilau, jendela-jendela bersih nyaris tak terlihat… Ini saatnya duduk santai sejenak bercengkerama bersama keluarga. Sebuah rumah yang rapi dan bersih adalah oase di tengah hiruk pikuk kehidupan. Setujukah Anda? 

Baca juga: 

10 Cara Mudah dan Efektif Membersihkan Rumah

Apa yang harus dilakukan agar dapur selalu bersih meski digunakan untuk memasak setiap hari? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!