by blackStones

Interior Apartemen Mungil Untuk Keluarga Kecil Seluas 60m²

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Luas area atau lahan bukan penghalang untuk menciptakan hunian nyaman dan menawan. Beberapa pasangan berpendapat tinggal di rumah mungil bukan masalah. Namun ketika si kecil telah lahir, ruang di dalam rumah berkurang karena kehadiran anggota baru. Arsitek interior BlackStone asal Prancis menjawab tantangan ini dengan tata ruang karyanya yang dibuat di apartemen seluas tak lebih dari 60m². Mari kita tinjau bagaimana cara sang arsitek merespon kondisi ruang dengan tetap mengutamakan kenyamanan penghuni rumah. 

1. Area masuk rumah

Saat membuka pintu kita akan disambut sebuah koridor kecil berlantai kayu, sedangkan di sebelah kanan adalah akses menuju ruang tamu. Koridor dan ruang tamu dipisahkan oleh dinding bercat abu-abu, serasi dengan lantai kayu berfurnish cerah. Area masuk rumah didekorasi dengan dua lampu dalam wadah kotak yang simpel. Ada juga balok yang dipasang menempel pada dinding yang bisa berfungsi sebagai tempat meletakkan hiasan atau benda-benda penting seperti kunci kendaraan atau alat tulis. 

2. Ruang tamu dan ruang makan

Tamu yang bertandang ke rumah ini akan disambut di ruang tamu di sisi kanan dari pintu depan. Di sini kita lihat warna putih digunakan untuk langit-langit dan furnitur ruang tamu, seperti sofa, tirai, dan kursi gaya modern. Alasan mengapa warna putih dipilih cukup jelas, untuk menghadirkan nuansa cerah dan imaji keluasan ruang. Beberapa warna cerah seperti ungu dan kuning tampil sebagai penyeimbang. Demikian juga warna biru pada aksen dinding. 

Ada dua gaya furnitur berbeda di sini, yaitu furnitur modern di area ruang tamu dan furnitur gaya klasik untuk area makan. Kursi-kursi makan difurnish dengan warna agar tampak kekinian, tetap manis bersanding bersama meja makan kayu warna cerah dengan pelapis abu-abu. Perhatian Anda mungkin akan tertuju pelapis kursi di area ruang tamu. Sentuhan akhir sempurna untuk ruang tamu gaya ekletik yang simpel dan modern.  

Ketahui cara jitu menata apartemen kecil di sini: 

9 Tips Interior Untuk Apartemen Kecil

3. Kamar tidur

Nuansa abu-abu kembali terasa di kamar tidur, bersinergi bersama furnitur kayu furnish natural. Pintu sekaligus berfungsi sebagai jendela yang menghadap ke balkon, menjadi akses untuk udara segar dan cahaya alami. Cahaya dan warna pastel membuat kamar tidur nyaman ini terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya. Tapi masih ada kejutan lainnya. 

4. Sisi lain kamar tidur

Pintu dan sekitarnya yang berwarna putih menjadi aksen dinding, ada juga lampu di kanan kiri tempat tidur yang sama dengan lampu di area masuk rumah. Semuanya adalah sentuhan simpel yang mempercantik tampilan kamar tidur mungil ini. Namun tak bisa dipungkiri bahwa pusat perhatian di ruangan ini adalah lemari warna abu-abu tua yang kontras dengan sekelilingnya. 

Lihat contoh desain kamar tidur kecil yang tak kalah menarik di: 

11 Ide Spektakuler Untuk Kamar Tidur Kecil 

5. Kamar tidur bayi

Pasangan pemilik apartemen rupanya sedang memanti kelahiran si buah hati. Sehingga kamar tidur kedua dimanfaatkan sebagai kamar tidur bayi. Warna abu-abu pastel masih digunakan untuk mendekorasi kamar, diaplikasikan pada didning, furnitur dan perlengkapan bayi. Selain boks bayi dan meja untuk mengganti popok, tersedia juga sebuah sofa nyaman yang bisa digunakan ibu untuk menyusui. Kap lampu serta hiasan dinding di bawahnya adalah detil sederhana, namun artistik. Si kecil pun akan suka memandanginya saat ia terbangun. 

6. Dapur

Dapur ini sempit namun memanjang, sehingga pemilihan furnitur dapur pun disesuaikan. Kitchen counter panjang berfungsi sebagai meja untuk kompor dan bak cuci piring, Sebuah cara efektif menghemat ruang dengan tetap memperhatikan estetika visual. Berbeda dengan ruang tamu, lantai kayu di dapur difurnish warna abu-abu. Agar serasi digunakan backsplash bernuansa serupa yang berornamen geometris. Meski warna abu-abu cukup dominan, namun atmosfer dapur tidak suram karena adanya pintu kaca yang menghadap ke halaman. 

7. Kamar mandi

Sama seperti ruangan lainnya di rumah ini, kamar mandi juga tidak luas. Desainer mencoba mengakali keterbatasan ini dengan memasang shower tepat di atas bathtub. Sedangkan rak untuk meletakkan peralatan mandi adalah sebuah ceruk yang dihiasi ubin hitam garis putih. Sebuah cermin besar diletakkan di atas toilet dan berhadapan langusng dengan jendela kecil. Pantulan bayangan dan cahaya akan membuat kamar mandi terlihat lebih longgar. 

Kamar mandi Anda juga kecil? Bacalah: 

10 Keputusan Terburuk Untuk Kamar Mandi Kecil

Bagaimana pendapat Anda tentang warna abu-abu yang sedang menjadi tren interior saat ini? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!