Taman by Cameron Landscapes and Gardens

9 Trik Agar Taman Makin Nyaman Sebagai Tempat Berkumpul

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Perlu sedikit upaya bila ingin taman Anda menjadi tempat favorit keluarga dan teman-teman. Para ahli taman merekomendasikan sejumlah tips untuk mencapai tujuan ini. Coba lihat mana yang paling sesuai untuk Anda. 

1. Tempat berteduh

 Taman by Kemp Sails LTD
Kemp Sails LTD

Various Shade Ideas

Kemp Sails LTD

Hari cerah tanpa mendung adalah saat yang tepat untuk nongkrong di taman. Namun kita akan kepanasan jika hari terlampau cerah. Pasang awning simpel sebagai tempat berteduh yang tidak mengganggu keindahan taman Anda. 

Baca juga: 

32 Ide Atap dan Pergola Untuk Area Bersantai Terbaik

2. Tempat duduk adalah prioritas utama

 Taman by Borrowed Space
Borrowed Space

Outdoor Room

Borrowed Space

Jika ingin banyak orang nyaman bersantai dan berkumpul di taman, Anda harus punya cukup tempat duduk untuk semua. Selain sofa khusus untuk taman, Anda juga bisa menyediakan beberapa kursi lipat. Ini adalah opsi furnitur taman yang tepat karena kursi lipat lebih mudah dipindahkan saat hujan turun.

3. Pusat perhatian

 Taman by Charlesworth Design
Charlesworth Design

A Garden for Entertaining in

Charlesworth Design

Memajang sebuah elemen yang bisa mengundang perhatian adalah cara untuk mengumpulkan para tamu di satu tempat. Solusinya, buat perdiangan atau tempat menghangatkan diri (tungku atau tempat api unggun) yang dikelilingi tempat duduk. 

4. Ruang makan terbuka

 Garden  by Viadurini.co.uk
Viadurini.co.uk

Modern design outdoor stainless steel extendable table Patch

Viadurini.co.uk

Selain sofa, Anda juga bisa mengatur sebuah meja makan lengkap dengan kursi-kursi di taman. Para tamu pasti suka bersantap sambil bercengkerama bersama di ruang makan terbuka.

5. Lampu taman

Ada kalanya kita ingin mengadakan acara kumpul bersama di malam hari. Jika hari sedang cerah, mengapa tidak berkumpul di taman saja? Tata lampu taman di beberapa titik agar tercipta suasana romantis. Pilihlah lampu taman solar cell atau lampu taman tenaga surya karena lebih hemat energi dan lebih praktis. 

6. Pintu lipat

Minimalkan penghalang antara eksterior dan interior untuk memudahkan mobilitas para tamu. Caranya adalah dengan memasang pintu lipat (pintu bifold) di area yang menghubungkan taman dengan bagian dalam rumah.  

7. Panggangan

Acara kumpul bersama pasti lebih seru dengan pesta barbekyu. Untuk itu, Anda perlu memajang sebuah panggangan di taman. Bisa juga memilih panggangan beroda seperti contoh agar mudah dipindahkan. Pisahkan area panggangan dengan tempat memasak sayur, agar rasa makanan tidak tercampur baur. 

Lihat beberapa contoh dapur terbuka di: 

11 Desain Dapur Terbuka Untuk Inspirasi Anda

8. Bantal kursi

Letakkan beberapa bantal kursi agar para tamu semakin betah duduk sampai lupa berdiri. Tapi jangan terlalu banyak agar Anda tidak kerepotan saat membereskannya. 

9. Area tersembunyi

 Garden  by Sunday Furniture
Sunday Furniture

Hammock RAHM 008

Sunday Furniture

Anak-anak kadang bosan jika terlalu lama berkumpul bersama orang dewasa. Buat sebuah area tersembunyi di taman di mana anak-anak bisa bermain petak umpet saat orang tua mereka sedang asyik ngerumpi. 

Lebih suka taman kecil? Lihat beberapa contoh desain taman kecil di: 

22 Ide Taman Kecil Cantik dan Mudah Perawatannya 

Manakah yang lebih Anda sukai, tempat berkumpul outdoor atau indoor? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!