by homify

10 Cara Membuat Taman Kecil Sederhana Di Rumah Dengan Benda Daur Ulang

Henti Kresdiana Henti Kresdiana

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Menciptakan taman cantik di rumah tidak harus memerlukan biaya yang besar. Anda bisa berhemat dengan memanfaatkan barang sekitar yang tidak terpakai. Selain itu ide daur ulang juga bermanfaat mengurangi sampah bukan?

Bagaimana cara membuat taman kecil sederhana di rumah dengan benda daur ulang? Temukan inspirasi tersebut di sini.

1. Sediakan ruang kosong yang terkena sinar matahari

  by homify

Ruang kosong sebagai taman ini bisa di luar ruangan atau di dalam ruangan. Lorong samping atau belakang rumah pun bisa dimanfaatkan untuk taman.  Berbahagialah jika Anda mempunyai ruang agak luas untuk menempatkan sofa dari kayu daur ulang seperti dalam foto.

2. Sesuaikan ruang dengan konsep taman

 Taman by Luiza Soares - Paisagismo
Luiza Soares – Paisagismo

MÃO NA TERRA, Belo Horizonte, 2015

Luiza Soares - Paisagismo

Ruang sempit seperti lorong sangat cocok digunakan untuk taman vertikal. Manfaatkan kayu bekas pembangunan atau bekas pengiriman paket barang untuk membuat pot dinding seperti dalam foto. Sebelumnya, cat dinding dengan cat papan tulis agar dinding bisa di tulis agar terlihat lebih artisitik dan fungsional.

3. Membawa taman kecil ke dalam ruang lain

  by homify

Ide ini bisa kita lakukan dengan menyusun taman kecil di bekas wadah makanan dari stainless yang sudah aus, lobang dan tidak terpakai. Susun tanaman mini dengan media tanah di sana dan letakkan di sudut-sudut ruang tamu, ruang keluarga atau lorong-lorong menuju kamar.

4. Bekas botol minuman

  by Philipp

Kamar tidur pun kelihatan lucu dan segar dengan ide membuat pot gantung dari botol soft drink. Jangan lupa untuk mengeluarkannya secara rutin agar tanaman bisa ber fotosintesis.

5. Botol selai

  by homify

Beberapa tanaman bisa bertahan lama hidup dengan media air. Botol bekas selai selain sangat fungsional untuk menyimpan bumbu dapur, ternyata oke juga untuk pot tanaman. Gantung di dekat jendela sink cuci piring, acara menncuci panci pun jadi lebih menyenangkan.

6. Bohlam bekas untuk bunga

  by homify

Teknologi bohlam dengan lampu pijar sudah jarang sekali digunakan saat ini. Bekas bohlam yang banyak bisa dimanfaatkan sebagai pot tanaman kecil. Lepas bagian ulir dan lampu pijarnya, kemudian isikan air sebagai media tanam. 

Gantung di sudut taman kecil Anda, cantik bukan?

7. Manfaatkan kayu bekas

  by homify

8. Botol air mineral

  by homify

Anda sudah sering kan melihat ide yang menarik ini? Coba lakukan sekarang di rumah Anda. Sawi pokcoy pun bisa hidup membesar hanya dengan media tanah dalam botol mineral ini.

9. Ban bekas

  by homify

Daripada ban bekas dibiarkan menjadi sarang dan tempat berkembang biang nya nyamuk. Manfaatkan untuk mempercantik sudut bagian luar rumah Anda sebagai pot tanaman.

10. Wastafel bekas

 Taman by Donna Walker Design
Donna Walker Design

Washbasin planter

Donna Walker Design

Pernah menyangka wastafel bekas bongkaran menjadi pot bunga seperti ini? Apa pun ternyata bisa mempunyai manfaat lebih ya..  Yuk, kita perpanjang masa manfaat barang-barang bekas di rumah kita. 

Berikutnya, jangan lewatkan ide membuat taman sendiri dalam buku ide berikut.

11 Ide Kreatif Membuat Taman Sendiri

15 Ide Luar Biasa Untuk Mendekorasi Taman

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!