Ruang Makan by KitzlingerHaus GmbH & Co. KG

10 Cara Memperindah Rumah Dengan Bujet Minim

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kadang kita harus melakukan perubahan agar tujuan hidup nyaman tercapai. Perubahan cukup dilakukan di interior rumah dengan mengandalkan kreativitas Anda. Kendalanya, menata dan menghias ulang interior rumah membutuhkan biaya tidak sedikit. Ah, tidak juga! Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperindah rumah dengan sedikit pengeluaran. 

1. Beli perabotan yang benar-benar Anda suka

Interior rumah adalah suatu hal yang bersifat pribadi. Jadi mulailah dengan membeli sesuatu (perabotan, hiasan, dll) yang Anda sukai. Jika rajin berburu, siapa tahu Anda bisa dapatkan barang idaman dengan harga miring.

2. Di luar atau di dalam

Anda punya seperangkat furnitur teras atau furnitur taman yang masih berkondisi baik? Pindahkan saja furnitur ini ke dalam rumah. Furnitur yang tahan terhadap cuaca di luar pasti tahan lama. Jika memungkinkan, lakukan sebaliknya. Pindahkan furnitur ruang tamu ke taman atau teras. 

Baca juga: 

Renovasi Menakjubkan Dari Teras Menyedihkan Jadi Teras Urban 

3. Berbagi sofa

Sofa idaman Anda harganya selangit? Coba tanyakan pada keluarga dan teman-teman, apakah ada di antara mereka yang juga menyukai sofa itu. Lalu ajak mereka untuk mengumpulkan uang dan membeli sofa itu untuk bersama. Jangan lupa buat perjanjian tak tertulis di awal bahwa semua mendapat bagian sofa sesuai jumlah uang yang dikeluarkan. 

4. Dibuang sayang

 Ruang Keluarga by Des Ewing Residential Architects
Des Ewing Residential Architects

Classical Neo-Georgian country house with stone coach house, courtyard and tennis court

Des Ewing Residential Architects

Alas duduk kursi berlengan atau pelapis sofa kesayangan telah robek, dan Anda merasa berat membuangnya. Samarkan lubang di sofa dengan kain atau bantal kursi. Jika ini tidak memungkinkan, pindahkan sofa ke gudang atau ke tempat tersembunyi yang tidak terlihat oleh tamu. Anda bisa mengganti bagian yang sobek nanti jika sudah punya cukup uang. 

5. Pasar loak

 Ruang Makan by KitzlingerHaus GmbH & Co. KG
KitzlingerHaus GmbH & Co. KG

Offenes Esszimer mit bodentiefen Fenstern zur Terrasse

KitzlingerHaus GmbH & Co. KG

Pasar loak adalah tempat yang wajib Anda datangi buat berburu barang-barang unik dengan harga murah. 

Baca juga: 

Cara Jitu Menata Ulang Rumah Tanpa Furnitur Baru

6. Membuat pemandangan sendiri

 Walls & flooring by Belmon Déco
Belmon Déco

Papier peint panoramique paysage italien

Belmon Déco

Dari jendela kita bisa menikmati pemandangan menarik di sekitar rumah. Bayangkan jika jendela itu adalah sebuah gambar seperti contoh ini. Menarik bukan? 

7. Barang peninggalan keluarga

Ini cara yang lebih hemat dari berbelanja di pasar loak. Kunjungi rumah orang tua, paman, atau bibi, lihat apakah mereka punya hiasan dinding, asesoris, atau jam kuno yang masih bagus tapi tidak dipakai. 

8. Ganti tirai shower

modern Bathroom by King of Cotton
King of Cotton

Bubble Navy Blue Shower Curtain

King of Cotton

Ganti tirai shower Anda dengan yang baru. Harganya tidak mahal kok. Pasang tirai shower sekarang juga jika shower Anda tidak memilikinya. Lihat, kamar mandi Anda kini terlihat lebih cantik kan? 

9. Mural atau lukisan

Hias rumah dengan lukisan dinding (mural)  karya sendiri, dan rumahpun terlihat lebih berkelas dengan sedikit biaya. Masalahnya, tidak semua orang bisa menggambar. Solusinya, hias rumah Anda dengan lukisan di atas kanvas. Bisa pilih lukisan karya seniman muda atau mahasiswa seni, karena karya mereka biasanya lebih murah daripada seniman yang sudah punya nama. 

10. Gabungkan mahal dan murah

Padukan hiasan atau perabotan rumah yang berharga mahal dan tidak mahal dengan penataan yang atraktif. Tata letak yang seimbang akan membuat semua hiasan tampak sama mahalnya (padahal tidak). 

Nah, selamat mencoba! 

Baca juga: 

10 Furnitur Multifungsi Modern Untuk Menghemat Ruangan Anda 

Seberapa sering Anda mengganti hiasan di rumah Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!