Rumah by London Building Renovation

Berapa Biaya Membangun Rumah?

yudith prawitasari – homify yudith prawitasari – homify
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Siapa yang tak tahu hal berikut: Kami suka keempat sisi dinding dan takkan ingin meninggalkannya. Tapi suatu hari kami menyadari bahwa rumah kami terlalu kecil – mungkin karena kami menyadari setelahnya bahwa kamar kurang luas, terlalu jauh dari kantor, atau mungkin tidak cocok untuk hobi baru. Jadi mungkin memang sudah saatnya mempertimbangkan alternatif untuk memiliki rumah baru. Tapi berapa harga untuk membangun rumah baru? Mari kita simak beberapa contoh yang kami kumpulkan, untuk membantu anda merencanakan rumah baru.

1. Membangun yang paling mudah di lantai dasar

 Rumah by London Building Renovation
London Building Renovation

Ground Floor Extension, Drury Rd

London Building Renovation

Biaya membangun di Indonesia bervariasi, di Jakarta sekalipun harganya bisa dari Rp. 6 jutaan per meter persegi hingga lebih dari 30 juta untuk lahan dan bangunan, tergantung dari harga properti di area bersangkutan. Selain itu masih ada biaya untuk membayar arsitek, tukang bangunan, administrasi untuk membangun, dsb.

2. Rumah berlantai dua

 Rumah by Adam Knibb Architects
Adam Knibb Architects

The Cube, Winchester

Adam Knibb Architects

Untuk membangun lantai lebih banyak, cara mengkalkulasinya kurang lebih sama. Untuk membangun lantai kedua, kami menyarankan anda untuk menyediakan dana minimal 50% dari alokasi dana untuk lantai pertama. Namun hal ini juga tentu tergantung dari fungsi dan desain bangunan untuk lantai kedua tersebut, misalnya seberapa kompleks. 

3. Dengan dapur atau kamar mandi

 Dapur by Pyram
Pyram

Bright, clean, contemporary

Pyram

Untuk membangun dapur dan kamar mandi, perencanaan tiap ruang sebaiknya dibuat secara terpisah. Jika anda merencanakan Rp. 10 juta untuk kamar mandi misalnya, karena adanya kebutuhan listrik, air bersih dan septic tank maka sebaiknya anda merencanakan misalnya setidaknya Rp. 12 juta untuk dapur.

4. Detail yang ingin digunakan

 Kamar Mandi by Pixers
Pixers

Pebbles

Pixers

Jika anda memiliki dana lebih untuk diinvestasikan ke dalam rumah maka anda dapat menyesuaikan sebisa mungkin gaya yang anda inginkan dengan detail yang ada pada bangunan rumah. Misalnya untuk satu sisi dinding kamar mandi, kitchen island atau mini bar pada dapur anda; yang sebaiknya diperhitungkan sebaik mungkin saat akan membangun rumah.

5. Bagaimana dengan konstruksi yang rumit?

  by ArchitectureLIVE
ArchitectureLIVE

Existing 1900s Family Home in Hindhead, Surrey

ArchitectureLIVE

Sayangnya tidak semua hal mudah untuk direalisasikan. Terkadang kita kesulitan untuk menghitung dana sementara seharusnya sudah perlu dilakukan, ini petunjuknya:

- Setiap bangunan memerlukan fondasi yang kuat

- Apakah akses ke bangunan sulit atau mudah? Kita juga harus memperhitungkan kemudahan kontraktor dan pekerja untuk mencapai lahan bangunan karena akan mempengaruhi lamanya kerja dan tentu saja, biaya.

- Apakah struktur rumah (jika merenovasi) masih baik kondisinya atau perlukan posisi jendela dipindah?

- Apakah saluran air dan listrik masih cukup baik atau perlu diganti?

6. Posisi

 Teras by Clear Architects
Clear Architects

Forest View

Clear Architects

Posisi rumah memainkan peran penting, jika rumah kita terletak di tempat yang strategis maka terdapat keuntungan tersendiri. Sudut tertentu di kota besar tentu memiliki infrastruktur yang lebih menguntungkan untuk investasi ketimbang tempat lain.

7. Materi dan Konstruksi

Proses konstruksi tentu disesuaikan dengan materi pilihan anda, sehingga lamanya konstruksi juga tergantung pada hal tersebut. Pada akhirnya, pertanyaan tersebut kembali pada besarnya dana yang ingin anda alokasikan.

8. Bagaimana cara mengatur biaya proyek?

 Konservasi by ROCOCO
ROCOCO

Modern Garden Room

ROCOCO

Untuk menghitung dana proyek secara keseluruhan, cara termudah dan masuk akal untuk melakukannya adalah meminta bantuan tenaga arsitek. Anda dapat misalnya mengontak 3 hingga 5 arsitek kemudian membandingkan materi, desain dan biaya sehingga anda lebih yakin dalam perencanaan. Selain itu arsitek juga dapat membantu anda dalam konsultasi perencanaan, mulai dari proses mendesain hingga akhir proses membangun sehingga memudahkan anda dalam proses pembangunan rumah.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!