Jendela by 큐브디자인 건축사사무소

Tren Rumah Terkini: Rumah Kontainer

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Memiliki rumah sendiri adalah impian semua orang. Bagi sejumlah orang, impian itu tetap jadi impian karena harga rumah yang terus melambung setiap tahun. 

Namun, masyarakat Jerman telah menemukan solusi agar impian itu menjadi nyata. Solusi itu adalah rumah kontainer. Anda mungkin mengenyitkan kening, bagaimana mungkin sebuah kontainer dijadikan rumah? Mungkin saja. Persembahan berikut ini akan membuktikan bahwa rumah kontainer tak kalah nyaman dengan rumah konvensional. 

Berapa harga sebuah kontainer? 

Kontainer baru sangat sulit ditemukan di Jerman. Saat ini opsi yang tersedia adalah kontainer bekas dan kontainer yang tampak seperti baru. Harga kontainer bekas pun bervariasi. Harga kontainer bekas dengan panjang 12 meter berkisar antara 1000 sampai 3000 euro (Rp 15 juta sampai Rp 75 juta). Atau 7500 sampai 10000 euro (sekitar Rp 118 juta sampai Rp 157 juta) jika disesuaikan dengan harga jual kontainer bekas di Indonesia yang cenderung lebih mahal daripada di Jerman. 

Apakah kontainer telah terinsulasi? 

Kontainer kapal bentuknya mirip dengan kontainer yang lebih ringan. Kontainer terbuat dari baja anti karat, telah dilengkapi furnish pelindung dan resin epoksi. Kontainer juga telah dilengkapi dengan insulasi dan lubang cahaya untuk menjaga suhu konstan di dalamnya. 

Di mana membangun rumah kontainer? 

Sama dengan membangun rumah, kita tidak bisa menaruh rumah kontainer di sembarang tempat. Baik itu rumah kontainer sementara atau menetap. Sebaiknya lahan rumah kontainer adalah lahan sendiri atau sewaan. 

1. Di mana mencari kontainer bekas?

  by CSH Container Services Hamburg GmbH
CSH Container Services Hamburg GmbH

Gebrauchter 20 Fuß ContainerSeecontainer vor dem Umbau

CSH Container Services Hamburg GmbH

Salah satu penjual kontainer bekas di Jerman adalah Containerbasis, yang berlokasi di Hamburg. Perusahaan ini menjual kontainer bekas standar yang digunakan untuk mengangkut barang melalui jalan darat. Sedangkan kontainer kapal cukup jarang digunakan sebagai bahan utama rumah kontainer. 

Di Indonesia penjual kontainer bekas juga tidak sulit ditemukan. Bahkan ada beberapa toko online yang menawarkan kontainer bekas di situsnya. Perusahaan penjual kontainer bekas umumnya berasal dari Jakarta dan Surabaya. 

2. Bertumpukan

Contoh ini adalah bukti bahwa rumah kontainer bisa tampil stylish dan penuh warna. Konstruksi rumah terdiri atas kontainer kapal panjang 12 meter dan lebar 2 meter. Kontainer dapat ditumpuk satu sama lain menjadi rumah bertingkat, bisa diatur sesuai keinginan perancangnya. Ini dapat juga dipertimbangkan sebagai cara menambah luas rumah, selain cara konvensional yang telah kita kenal. Agar lebih nyaman kita dapat menambahkan pintu, jendela, dan lantai kayu. 

3. Kecil tapi tinggi

 Rumah by Ferraro Habitat
Ferraro Habitat

Loft-Container 20'

Ferraro Habitat

Tidak, ini bukanlah kamar mandi milik penghuni rumah melainkan ruang cuci yang dapat diakses dari luar rumah. Rumah kontainer pada gambar memiliki ruangan lengkap seperti rumah pada umumnya. Ada ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur komplit. Kontainer atas dan bawah dihubungkan oleh tangga ulir. 

Baca juga: 

Renovasi Pekarangan Menjadi Ruang Cuci dan Teras yang Asri 

4. Apartemen studio dalam kontainer

Desainer rumah kontainer ini berhasil memadukan banyak fungsi dalam satu kontainer tanpa mengorbankan kenyamanan penghuninya. Kontainer seluas 13 meter persegi ini dapat menjadi ruang tamu dan kamar tidur, kamar mandi, dan ruang kerja jika diperlukan. Pintu kontainer dapat dibuka ke bawah dan berfungsi sebagai teras. Menarik bukan? 

Baca juga: 

Apartemen Studio Bergaya Minimalis

5. Apartemen kontainer

  by EBA51

Bangunan ini bernama Containerdorf, atau yang secara harafiah bermakna desa kontainer. Bangunan di Treptow-Köpenick, Berlin ini adalah kompleks apartemen kontainer yang sebagian besar penyewanya adalah mahasiswa. Harga sewanya terjangkau dan bentuknya pun tidak mengecewakan. Ada sekitar 200 kontainer yang disulap menjadi apartemen studio, apartemen dua kamar, dan ada juga ruang tamu yang muat untuk tiga orang. 

Fasad apartemen yang tampak berkarat memang bisa membuat orang kurang tertarik tinggal di dalamnya. Ternyata warna berkarat itu adalah ciri khas baja atau plat Corten yang terkenal sangat kuat dan tahan lama. Bahan ini juga menciptakan insulasi yang baik dan dapat membantu menghangatkan suhu di dalam rumah kontainer. 

6. Pondok liburan berjendela besar

Anda kurang percaya bahwa tinggal di rumah kontainer itu nyaman? Rumah kontainer di Korea Selatan ini mungkin bisa mengubah pendapat Anda. Jendela-jendela besar membuat fasad rumah kontainer tampak menarik. Selain itu, kita bisa menikmati udara segar dan panorama sekeliling. Furnishing rumah ini minimalis karena lingkungan sekitarnya sudah membuat rumah ini tampil menawan. 

Baca juga: 

Rumah Kontainer Paling Keren yang Pernah Anda! 

Apakah Anda tertarik tinggal di rumah kontainer? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!