Dapur by Equipe Ceramicas

6 Cara Memasang Ubin Modern di Kamar Mandi

Boy Indarto – Homify Boy Indarto – Homify
Loading admin actions …

Apakah bentuk dan warna ubin pada kamar mandi hanya sebagai pelengkap desain ruangan saja? Jawabannya: tentu saja tidak! 

Ya. Penggunaan ubin pada kamar mandi, tidak semata-mata sebagai penutup lubang atau kekosongan, tapi dapat menjadi suatu seni menata permukaan. 

Perlu diketahui, kamar mandi tidak hanya dihiasi oleh marmer, semen, atau bebatuan alam lain, tetapi juga space yang terhubung antara satu ubin dengan ubin lainnya, yang kerap menciptakan sebuah motif unik, yang membuat desain kamar mandi menjadi cantik. 

Sekarang, mari kita simak enam contoh desain kamar mandi bergaya modern dengan berbagai cara pemasangan ubinnya, yang dapat menjadi inspirasi Anda.

1. Rakitan Paralel

Pemasangan ubin secara menyeluruh – meliputi dinding dan lantai kamar mandi seperti ini – menciptakan nuansa kontemporer yang kental. Penggunaan batu alam, keramik dan ubin bermotif serta warna yang menyerupai bebatuan halus, membuat kamar mandi ini benar-benar terlihat sangat modern. Dan pemilihan ubin dengan ukuran besar seperti ini, sekarang tengah menjadi tren. Tak heran ubin geometris ini tersedia dalam banyak ukuran. Mulai dari 30x60 cm, 60x60 cm, sampai 120 cm!

Material yang besar sendiri, sangat cocok dipakai pada teknik perakitan paralel, terutama untuk kamar mandi berbentuk persegi. Metode pemasangan yang klasik ini sarat akan estetika dan keindahan, karena ubin dirangkai lurus dan konsisten tanpa gangguan. 

Di foto ini terlihat lantai ruangan menggunakan ubin berbentuk persegi panjang, dan dinding kamar mandi menggunakan ubin berbentuk persegi dari bawah hingga ke langit-langitnya. 

Dan yang perlu diingat, setiap lantai – apapun bentuknya – memiliki kekuatan tersendiri yang akan membuat desain kamar terlihat menawan. Itu sebabnya jika Anda memasang ubin dengan teknik asimetris pada ruangan ini akan sangat disayangkan, karena dapat menghilangkan kekuatan kecantikan dari ubin itu sendiri. Dan ubin modern ini juga bisa terasa klasik dengan cara menyusunnya secara alami di lantai dan dinding kamar mandi. Dan keunikan ini pun semakin dipertegas oleh warna putih yang memberi kontras pada warna abu-abu batu di permukaan ruangan. 

2. Asosiasi 

Bayangkan bangunan-bangunan industrial di akhir abad ke-19 dan awal abad 20, di mana dinding eksterior dan interiornya kerap disusun dengan pola yang sama. 

Pada saat itu, desain rumah sakit dan klinik didasarkan pada pola pemasangan ubinnya. Begitu juga stasiun-stasiun kereta di kota-kota metropolitan Eropa, yang dindingnya juga ditutupi atau dilapisi dengan cara yang sama. Sebagai catatan, pada awalnya pemasangan ubin di dinding hanya ditemukan di stasiun bawah tanah. Baru kemudian mulai menghiasi dapur-dapur rumah, sampai akhirnya merambah desain kamar mandi. 

Dan untuk beralih dari gaya klasik tersebut, dan membuat kamar mandi menjadi modern, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan: 

Kombinasi Warna: Anda dapat memadukan ubin yang telah ada dengan ubin baru. Jangan takut untuk menggunakan warna merah atau hitam sebagai dasar, dan susunlah dengan cara yang inovatif. 

Selang-seling: Letakkan ubin dengan motif berbeda secara bergantian. Teknik ini cocok untuk diaplikasikan pada tangga yang terdapat di dalam kamar mandi. 

Teknik Lainnya: Jika Anda mendesain sendiri ubin yang akan dipasang, maka sebaiknya gunakan sketsa terlebih dahulu, agar letak pemasangannya bisa sesuai, termasuk untuk garis-garis pembagiannya. 

3. Pemasangan Hingga ke Atas

Dalam foto ini terlihat jelas bahwa pemasangan ubin modern berbentuk persegi panjang, disusun hingga ke atas secara vertikal dan paralel dengan ubin-ubin lainnya. Dengan terobosan ubin holzoptik – ubin yang terlihat seperti kayu – ini, maka desain modern dapat dengan mudah diwujudkan, dengan penampilan yang identik dengan kayu asli. Perbandingannya, 1:1. Bagus kan?

4. Motif Ombak

 Dapur by Equipe Ceramicas
Equipe Ceramicas

Country Anthracite, Graphite, Grey Pearl, Gris Claro, Blanco 6,5x20

Equipe Ceramicas

Ubin dengan pola gradasi juga dapat dijadikan pilihan alternatif. Dan motif ombak adalah pola klasik yang menarik. Ciri khas pola ini adalah nuansa kemewahan dan keanggunannya yang dapat menyelimuti baik ruang keluarga maupun kamar mandi.

5. Peletakan Parsial

Jika Anda sulit bergerak karena lantai kamar mandi yang basah, maka hal yang dapat Anda lakukan adalah mengepel area tersebut hingga kering, agar kelembaban ruangan dapat terjaga dengan baik. Tapi, para pakar kami telah menemukan cara yang modern untuk lebih menolong Anda. 

Untuk lantai di sekitar area yang rentan basah seperti shower dan bathub, Anda dapat meletakkan ubin dengan motif yang sama secara paralel sebagai ilusi pembatas ruangan. Sementara bagian lainnya seperti area wastafel, Anda dapat mengaplikasikan ubin dengan motif yang lain. Selain itu, Anda juga harus menjaga kelembaban dinding agar cermin tidak mudah berembun, dan melapisi dinding kamar mandi dengan cat khusus agar warna tidak pudar.

6. Pola Peletakan Individual

Nah. Setelah membahas beberapa pola pemasangan ubin secara umum, terkadang Anda juga dapat meninggalkan seluruh aturan yang ada, dan berkreasi sendiri dengan pola pemasangan individual. 

Bermain-mainlah dengan berbagai model serta desain ubin modern. A little mix and match won't hurt, right?

Tehnik mana yang paling Anda gemari?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!