Taman by Studio MK27

7 Pilihan Bahan Alami Untuk Gaya Modern Kontemporer

Evelyn Evelyn
Loading admin actions …

Setiap material bangunan memiliki karakter unik tersendiri yang membedakan material tersebut dari material lainnya. Dalam merancang sebuah bangunan, kearifan arsitektur tidak dapat terlepas dari pemilihan material. Seorang arsitek modern ternama, Louis Kahn, pernah berkata:

And it’s important, you see, that you honor the material that you use. [..] You can only do it if you honor the brick and glorify the brick instead of shortchanging it.” (Jadi, sangatlah penting untuk menghormati (karakter) material yang kamu gunakan. [..] Namun itu hanya dapat dilakukan jika kamu menghormati bata serta menjunjung (karakter) bata itu dan bukan mengubahnya)

Beranjak dari pokok pikiran ini, buku ide kali ini memaparkan ragam pilihan material yang dapat tampil indah dengan jujur, tanpa perlu banyak campur tangan lebih dari perancang atau pengguna.

1. Bata Ekspos

Tidak diragukan lagi dan sudah banyak terbukti melalui desain – desain kontemporer khususnya di Jakarta dan negara tropis lainnya, bata merupakan bahan lokal yang sifatnya adalah satuan, namun ketika disatukan dapat menegaskan unsur kelokalannya pada level keseluruhan arsitektur. Kemudahan dalam proses pembuatan dan ketersediaannya pada pasar membuat material ini menjadi ekonomis juga dalam harganya.

2.Tanaman Hijau

Posisi yang berada di garis khatulistiwa menganugrahkan Indonesia dengan iklim Tropis yang diikuti dengan hijau tanaman yang konstan. Berbeda dengan negara subtropis yang hanya memilikinya pada musim panas saja. Potensi alam ini sayangnya belum banyak digunakan oleh desainer maupun masyarakat umum dalam arsitektur. Padahal dengan perencanaan yang tepat, yang tentunya disertai dengan kesabaran, tanaman hijau tidak hanya menjadi pelengkap dekorasi, namun juga dapat menjadi material dinding atau atap yang asri dan rendah perawatan bagi rumah anda

3. Bata Beton Ringan

Tidak jarang kita ragu dengan pilihan material bata beton ringan. Keraguan kerap muncul melalui perbandingan dengan persepsi normal kita akan batu bata. Dengan dominasi warna abu abu yang terkesan dingin, kita menjadi ragu untuk memilih material ini. Padahal dengan penangan yang tepat dan perencanaan detail yang baik, material ini dapat menjadi sangat menarik seperti pada proyek ini. Ukuran yang cenderung lebih besar dari bata bila dimanfaatkan dengan baik akan memberikan efek efisiensi bahan dibandingkan bata normal.

4. Batu Alam

Menilik sejarah arsitektur, adalah sesuatu yang awan bagi arsitektur awal zaman untuk menggunakan bahan batu. Selain pertimbangan unsur kekuatan struktur, batu alam memiliki keindahan estetis yang tidak tergantikan oleh material lainnya. Batu alam adalah hasil dari proses alam yang natural dan alami. Dengan perencanaan yang tepat, rumah anda dapat menjadi salah satu ajang pamer keindahan proses alam yang unik.

Konsultasikan dengan ahli batu alam kami jika anda terinpirasi dengan ide ini.

 Rumah by homify
homify

Casa de Campo

homify

5. Beton Cor Ekspos

Karakter unik dari beton cor adalah ia akan mengikuti bentuk bekistingnya. Hal ini memberikan ruang kreatif bagi para perancang untuk memanfaatkannya. Salah satu inisiatif terlihat dari proyek berikut ini. Dengan memberikan variasi kedalaman bekisting, hasil yang terjadi sangat menarik. Hal ini mengubah paradigma umum mengenai permukaan beton yang halus dan dingin menjadi berkarakter dan unik.

6. Kayu Alami

Kayu bukanlah material yang luar biasa. Sudah suatu hal yang biasa menggunakan kayu pada bangunan. Namun, seringkali kayu yang kita pakai adalah kayu hasil proses industri yang sudah dirapikan agar mudah digunakan pada lapangan. Pernahkah Anda berpikir bagaimana jika kita menggunakan kayu apa adanya? Efek apa yang kita dapat? Jawabannya dapat kita lihat pada proyek berikut. Tidak hanya memberikan kesan unik dari luar, kejujuran material yang terpajang di sini memberikan dimensi tersendiri bagi kualitas bayangan dan cahaya ke dalam bangunan.

7. Beton Pracetak

Selangkah lebih maju dari beton cor, beton pracetak memberikan keleluasaan pada perancang untuk berimaginasi lebih. Kecairan material yang dapat dibentuk sedemikian rupa dapat menjadi kanvas kreatifitas yang sangat akomodatif. Bagi para klien yang menyukai bentuk – bentuk futuristik, pilihan material ini sangat layak untuk anda pertimbangkan bagi rumah idaman Anda.

Masih ingin melihat lebih banyak lagi tentang material? Jangan khawatir kami berikan solusinya di sini.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!