Rumah by Klaus Mäs Architektur

Bungalow Modern dengan Konsep Atrium

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Bungalow adalah konsep rumah yang paling bebas untuk dibentuk. Dengan kata lain, konsep rumah ini termasuk konsep yang sangat fleksibel untuk diarahkan ke berbagai macam gaya sesuai keinginan penghuni. Terlebih lagi dengan dimensi luas yang dimilikinya, maka sudah barang tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi si pemilik rumah atau profesional yang terlibat didalamnya. Berkaitan dengan hal tersebut dalam buku ide kali ini kami telah memilih sebuah konsep bungalow modern yang dapat Anda jadikan referensi, agar Anda dapat lebih mudah menduplikasi gaya modern dari sebuah bungalow. Bungalow tersebut adalah sebuah konsep bungalow yang dirancang oleh rumah desain Klaus Mas Architektur. Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita ikuti penjabaran berikut ini.

Tampak depan

Seperti yang terlihat pada gambar, bungalow ini hadir dengan konsep modern yang sederhana. Bagian depan bungalow ini seolah berhasil mewakili keseluruhan bangunan bungalow dengan kombinasi warna hitam dan putihnya yang khas. Corak hitam terlihat menyeluruh pada bagian atap, dan area bingkai jendela serta daun pintu. Sedangkan corak putih seolah melengkapi elemen-elemen tadi pada keseluruhan area dinding. Selain itu, ciri khas hamparan taman luas dari sebuah konsep bungalow pun juga terlihat di halaman depan bungalow ini. Hal tersebut tentu akan menunjang keasrian bungalow, terlebih lagi, jika bungalow ini memang didesain sebagai tempat untuk beristirahat diakhir pekan. Selain hamparan rerumputan yang luas, beberapa unsur tanaman hias pun turut serta menghijaukan halaman tersebut. Keberadaan elemen hijau pendukung tersebut sangatlah tertata secara rapih pada area tepi jalan setapak serta area dinding bungalow.

Taman belakang

Sebelum membahas lebih jauh ke bagian dalam, mari kita telusuri sisi eksternal lain dari bungalow ini. Seperti yang terlihat pada gambar, kita akan mendapati lagi konsep taman hijau pada area belakang bungalow berkelir hitam dan putih ini. Taman asri berteras tersebut terhampar cukup luas seperti halnya taman di halaman depan yang sudah kita bahas sebelumnya. Taman tersebut dibiarkan hijau dengan rerumputan tanpa hadirnya tanaman hias pendukung disekitarnya. Sekalipun ada, pepohonan hias tersebut hanya diposisikan pada salah satu sudut teras outdoor yang berada tak jauh dari bangunan utama bungalow. Dan jika sudah dikonsep seperti ini, maka area hijau ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai spot pesta kebun bersama teman maupun keluarga.

Ruang outdoor pada area tengah

Di bagian tengah bungalow, ada sebuah ruang outdoor yang dikonsep cukup unik. Ruang dengan dimensi yang tak begitu luas tersebut memang didesain layaknya tempat bersantai pada area tengah bungalow. Dari segi privasi, ruang ini nampaknya tak didesain terlalu tertutup, sekalipun tertutup, partisi yang mengelilingi ruang semi outdoor tersebut hanyalah berupa material kaca yang teraplikasi pada elemen jendela dan pintu yang hadir disekitarnya. Sehingga tanpa harus mengintip pun, beragam aktivitas yang dilakukan didalamnya dapat terlihat langsung dari ruang lain yang terhubung dengannya. Sekalipun demikian, ruang tersebut seolah memberikan energi tersendiri pada area indoor di bungalow tersebut. Bagaimana tidak, dari segi pencahayaan, ruang yang bisa juga disebut sebagai ruang kaca tersebut nyatanya mampu menyumbangkan kecerahan bagi ruangan indoor yang berada disekitarnya. Hal ini tentu sangat menghemat enegi, sehingga penggunaan lampu pada siang hari dapat dihindari berkatnya. Selain itu, pernak-pernik berupa tanaman hias yang hadir di ruangan tersebut juga seolah menunjang keasrian ruang indoor sekalipun unsur hijau tersebut hanya diaplikasikan dalam beberapa pot saja.

Ruang tamu

Tak jauh dari ruang tengah tadi, terdapat ruang komunal lain yang tak kalah apik. Ruang berlantai kayu tersebut masih mengangkat aksen hitam-putih yang kental lewat pemilihan furnitur berwarna gelap. Sebagai pelengkap ruang, area bersantai indoor tersebut dilengkapi pula dengan perangkat TV sebagai media hiburan saat berkumpul bersama sanak saudara.

Ruang makan

Langsung terhubung dengan taman belakang adalah salah satu keunggulan ruang bersantap ini. Sekalipun tak lagi mengangkat unsur hitam-putih, namun material kayu pada furnitur dan lantai di ruangan ini seolah mampu menyeimbangkan keberagaman tema yang hadir di bungalow modern tersebut.

Anda suka dengan ide ini?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!