Kamar Tidur by Kali Arquitetura

6 Trik Memperindah Ruangan Mungil

KSMR KSMR
Loading admin actions …

Jika Anda sedang mencari ide atau tips untuk mendandani ruang privasi Anda, maka kami sangat menyarankan Anda untuk tetap menyimak buku ide diedisi kali ini. Kenapa? karena ulasan kali ini adalah sebuah proyek yang memang fokus dalam hal penataan sebuah ruang privasi yang mungil. Sekalipun mungil, namun ruang tersebut dapat pula dimasukkan ke dalam kategori cantik dan multifungsi melalui beberapa unsur pelengkap ruang, yang mungkin selama ini tak terpikirkan oleh Anda. Beberapa unsur tersebut hadir lewat pemanfaatan fungsi dinding, menambahkan unsur cermin, permainan warna, pemilihan furnitur serta pengaplikasian unsur cahaya yang pas, agar kamar Anda terlihat cerah dalam kondisi apapun. Untuk melihat lebih detail seputar tips-tips tersebut mari kita ikuti penjabarannya melalui list berikut.

1. Memanfaatkan dinding secara vertikal

 Kamar Tidur by Kali Arquitetura
Kali Arquitetura

SDV | Suíte casal

Kali Arquitetura

Karena dimensi yang terlalu mungil, maka sudah pasti Anda akan kehilangan sedikit ruang untuk meletakkan barang-barang keperluan atau ornamen Anda secara horisontal. Untuk itu, demi terjaganya keseimbangan ukuran kamar dan komposisi ruang yang hadir didalamnya. Untuk itu maka Anda perlu memanfaatkan sisi vertikal dari dinding yang Anda miliki. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengadopsi trik ini, pertama dengan membentuk laci-laci konvensional secara vertikal atau dengan meletakkan sanggahan-sanggahan sederhana, agar ruang kamar Anda terlihat unik dengan penataan dekorasi yang berbeda. Seperti yang terlihat pada gambar, rak vertikal dihadirkan secara sederhana pada salah satu sudut kamar. Sekalipun tak begitu besar, namun ide tersebut terlihat cukup praktis untuk meletakkan ornamen-ornamen pemanis kamar. Tak hanya untuk kamar, ide ini nampaknya lebih bersifat universal sehingga rangkaian rak sederhana tersebut dapat pula diaplikasikan diberbagai ruangan sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Menghadirkan nuansa kayu di kamar Anda

Jika Anda ingin mengangkat tema putih di kamar tidur Anda, maka taka da salahnya pula jika Anda sedikit memainkan unsur kayu didalamnya. Seperti yang terlihat pada gambar penyematan unsur kayu terlihat cukup manis, sekalipun sifatnya hanya sebagian. Material kayu di kamar tersebut hanya hadir pada bagian jendela, dimana di celah jendela tersebut juga disematkan pula sebuah ruang duduk sederhana yang terintegrasi. Selain ruang duduk, rangkaian kayu di area tersebut juga dihadirkan dalam eujud rak mungil pada salah satu sisi jendela, sehingga area tersebut seolah memiliki teritorinya sendiri, meskipun temanya sedikit berbeda dengan tema utama di kamar tersebut.

3. Jangan terlalu penuh

Melengkapi komposisi kamar dengan berbagai ornamen pelengkap kamar tentu sah-sah saja. Namun ingat, semua harus sesuai dengan luas ruang dan celah yang tersisi. Karena jika penempatan dan pemilihan ornamen tersebut tidak diperhitungkan secara matang, maka jangan heran jika kamar mungil Anda akan bertambah sempit atau sesak dibuatnya. Untuk itu, maka Anda perlu bijak dalam menentukan ornamen kamar yang ingin Anda muati ke dalam kamar Anda. Jadi, jika Anda berniat membeli yang baru, maka pastikan ornamen mana yang sudah ada, yang harus Anda pensiunkan atau tetap digunakan. Sehingga kamar Anda tidak terlalu banyak ornamen dan terasa sangat penuh akibatnya.

4. Menghadirkan unsur cermin

Menggunakan ornamen jenis ini adalah solusi utama yang harus Anda hadirkan di kamar mungil Anda. Kenapa? Karena fungsi cermin dapat memvisualisasikan kesan luas di dalam kamar Anda, sekalipun hanya diletakan disalah satu sisi kamar saja. Dalam hal dimensi, penggunaan cermin terbilang fleksibel sesuai dengan keinginan pengguna. Dan dari segi bingkainya pun pengguna dapat sendiri menentukan modelnya secara bebas. Tapi baiknya Anda sesuaikan dengan tema di kamar Anda, agar fungsi cermin yang sifatnya sebagai pelengkap tersebut tidak mematikan tema utama di kamar Anda sebelumnya.

5. Memanfatkan furnitur fungsional

Jika furnitur di kamar Anda bersifat kaku dan memakan ruang, maka ada baiknya Anda pilih furnitur multifungsi agar kamar Anda tetap terjaga kenyamanannya. Seperti halnya contoh rak tempat tidur yang terlihat pada gambar. Jika fungsinya dimanfaatkan secara lebih, ternyata sebuah rak tempat tidur dapat pula dijadikan sebuah ruang penyimpanan unik untuk berbagai keperluan Anda.

6. Meletakkan TV pada dinding

 Kamar Tidur by MUDA Home Design
MUDA Home Design

Suite | Depois

MUDA Home Design

Terima kasih televisi flat, berkat teknologi dan desainnya yang terkini, akhirnya TV dapat diaplikasikan di kamar secara mudah. Seperti yang terlihat pada gambar, TV di ruang modern saat ini tak perlu lagi diaplikasikan pada sebuah rak khusus, karena berkat ketipisan dan keringanan bobotnya, wujud TV terkini nyatanya sudah dapat dinikmati secara tergantung pada dinding dengan bantuan braket khusus yang praktis.

Apakah ide ini sudah Anda aplikasikan di kamar Anda?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!