6x15 House:  Rumah by SEKALA Studio

Desain Tiga Dimensi Rumah Rustic Industrial 90 m²

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Keterbatasan ruang menjadi tantangan bagi kita saat ini dan masa mendatang. Bagaimana cara kita menciptakan hunian nyaman sesuai kondisi yang ada, solusinya ada pada perencanaan. Dalam dunia arsitektur, perencanaan diwujudkan dalam bentuk desain dua dimensi dan desain tiga dimensi. Desain tiga dimensi memiliki kelebihan karena baik arsitek maupun klien mereka dapat memiliki panduan yang lebih valid sebelum merealisasikan sebuah proyek pembangunan rumah maupun gedung. Kali ini kita akan melihat desain tiga dimensi rumah seluas 90 m² karya arsitek asal Surabaya, Sekala, yang memadukan fasad rustic dan interior industrial. 

1. Fasad rustic

6x15 House:  Rumah by SEKALA Studio
SEKALA Studio

6x15 House

SEKALA Studio

Sedikit berbeda dengan tren rumah minimalis yang sedang hits di Indonesia, rumah ini tampil dengan dinding batu bata yang merupakan ciri gaya rustic. Rumah dua lantai ini beratap pelana dengan ruang open air untuk melancarkan sirkulasi udara. Area teras dan pagar rumah merupakan dinding semen/ bercat putih yang menjadi sentuhan modern. Semua bagian halaman depan ditutup lapisan semen sebagai ruang untuk kendaraan. Lapisan semen dibentuk segi enam yang dapat ditenami rumput di sela-selanya sebagai sentuhan hijau yang minimalis. 

2. Interior open plan dengan tempat penyimpanan optimal

6x15 House:  Rumah by SEKALA Studio
SEKALA Studio

6x15 House

SEKALA Studio

Lantai pertama direncanakan sebagai area sosial yang terdiri dari ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Interior open plan semacam ini sudah lazim digunakan agar tersedia ruang yang dibutuhkan penghuninya tanpa membuat rumah terasa sempit. Rak kayu tinggi di kedua sisi meja televisi adalah berfungsi sebagai tempat penyimpanan untuk semua barang milik para penghuni rumah. Barang bisa disimpan sesuai jenis atau fungsinya dan memudahkan penghuni ketika membutuhkannya sewaktu-waktu. Bahan furnitur yang dipilih adalah kayu dengan furnish cerah. Bersama dinding warna putih dan lantai beton abu-abu pastel, ruangan akan terlihat lebih terang sehingga akan tampak lebih luas.  

3. Balkon dalam ruangan

6x15 House:  Rumah by SEKALA Studio
SEKALA Studio

6x15 House

SEKALA Studio

Lantai atas menjadi area pribadi para penghuni yang terdiri dari kamar tidur dan ruang baca. Salah satu ruangan atau kamar tidur di lantai dua dilengkapi dengan balkon yang, tidak seperti di rumah pada umumnya, menghadap ke dalam rumah. Dari sudut ini kita bisa melihat balkon imut yang lengkap dengan tanaman hias dan furnitur teras, cocok untuk menikmati hangatnya sinar matahari tanpa keluar rumah. Sinar matahari yang menerobos masuk melalui atap kisi-kisi kayu membentuk bayangan di dinding rustic. Sebuah fitur brilian yang meningkatkan nilai estetika visual rumah ini. 

4. Koridor lantai kayu

6x15 House:  Rumah by SEKALA Studio
SEKALA Studio

6x15 House

SEKALA Studio

Lantai kayu digunakan sebagai fllooring seluruh area di lantai atas. Anak tangga terbuat dari logam berlapis parket kayu sehingga menciptakan kesinambungan antara lantai atas dan lantai bawah. Pagar kawat harmonika menjadi pagar pengaman di koridor yang merepresentasikan ciri interior industrial. 

Baca juga: 

Panduan Sempurna Untuk Hunian Industrial

5. Ruang baca minimalis

6x15 House:  Rumah by SEKALA Studio
SEKALA Studio

6x15 House

SEKALA Studio

Kamar tidur dibuat di sepanjang dinding lantai dua, sehingga menyisakan ruang untuk koridor dan ruang sempit yang difungsikan sebagai ruang baca. Atap pelana yang tinggi membuat area tampak luas, juga bisa membantu menjaga temperatur udara di dalam rumah tetap sejuk. Lubang-lubang angin di dekat ruang baca akan menjadi jalan keluar masuk udara, sekaligus elemen dekorasi simpel yang menarik. Rak kayu tinggi akan menjadi elemen utama yang membantu menjaga kerapian dan kebersihan rumah 90 m² ini. 

Lihat juga interior hunian seluas 90 m² lainnya di sini: 

Interior Apartemen 90 m² Dengan Satu Kamar Tidur 

Antara desain dua dimensi dan desain tiga dimensi, mana yang lebih sesuai untuk kebutuhan Anda dalam merancang dan membuat bangunan? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!