by Balcon Facile

6 Proyek Renovasi Balkon dengan Area Bersantai Sempurna

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Kalau hari sedang panas, pasti nikmat rasanya duduk-duduk di balkon sambil menikmati jus jeruk dingin. Tapi niat untuk bersantai bisa berantakan setelah melihat kondisi balkon yang kurang kondusif. Jika tidak punya ide bagaimana cara memperbaiki penampilan balkon, coba temukan inspirasi dari enam proyek renovasi balkon berikut ini. Balkon-balkon ini sebelumnya terlupakan dan terbengkalai. Namun sentuhan brilian membuatnya jadi tempat yang disukai semua keluarga dan teman-teman mereka. 

1. Sebelum: Perlu renovasi besar-besaran

Awalnya, tak ada yang menarik di balkon ini. Dindingnya tampak menyedihkan. Lantai aspal terlihat biasa-biasa saja dan tak seorang pun ingin menghampirinya. 

Lihat cara membuat teras berlantai kayu di sini: 

5 Langkah Membangun Teras Lantai Kayu

1. Sesudah: Lantai kayu mengubah penampilan balkon

Wow! Lantai aspal di balkon telah ditutup oleh lantai kayu. Sedangkan dinding terlantar kini dihiasi lukisan dan ornamen logam. Seperangkat meja dan kursi makan dari logam membuat siapapun suka bersantap siang di sini. 

2. Sebelum: Balkon luas tapi hambar

Cerahnya sinar matahari terbuang sia-sia di sini. Lantai keramik dan dinding keramik tampak menghitam dimakan waktu. Apa yang dilakukan desainer untuk mengubah penampilan balkon ini? 

2. Sesudah: Balkon hijau di bawah sinar mentari

Balkon ini benar-benar tampil berbeda setelah direnovasi! Lihat, ada rumput artifisial, tanaman hias dalam pot-pot cantik, furnitur taman berwarna-warni .. Balkon usang telah berubah jadi taman cantik yang disukai semua orang. 

3. Sebelum: Minimalis dan kurang berkarakter

Penataan furnitur teras sudah sesuai dengan kondisi balkon yang sempit. Meski demikian, penampilan secara keseluruhan tampak monoton dan kurang menunjukkan karakter sebuah ruang outdoor yang nyaman. 

3. Sesudah: Hangatnya suasana balkon setelah direnovasi

Alas duduk, bantal kursi, ornamen mini, dan tanaman hias membuat balkon tampak lebih hidup. Semuanya tampil dalam komposisi warna hijau pastel dan putih yang serasi. Balkon pun bisa berfungsi sebagai ruang tamu kecil. 

Lihat juga beberapa desain balkon kecil di sini: 

16 Desain Balkon Kecil Untuk Ditiru

4. Sebelum: Balkon kecil yang terlupakan

Balkon ini lebih sempit daripada balkon di atas. Pemilik balkon telah menggantungkan pot tanaman hias, namun tidak berhasil membuat perbedaan di balkon ini. Ruang outdoor sempit ini sangat berisiko untuk dilupakan. 

4. Sesudah: Lebih menawan

Pagar balkon ditutup dengan dinding kayu alami, kemudian pot khusus untuk pagar diletakkan di atasnya dan di sekelilingnya. Pemilik balkon bisa menikmati hijaunya dedaunan dari dalam ruangan sambil duduk manis di sofa. Bunga-bunga berwarna cerah mengubah balkon sempit ini menjadi taman kecil yang cantik. 

Ingin punya taman tapi tak punya waktu untuk merawatnya? Bacalah: 

22 Ide Taman Kecil Cantik dan Mudah Perawatannya

5. Sebelum: Telah dihias namun tetap membosankan

Meski balkon ini memiliki lantai kayu, furnitur teras, dan banyak tanaman hias, namun tetap saja penampilannya kurang berkelas. Tanaman hias yang ditata berjajar terlihat membosankan. Suatu perubahan mendesak untuk dilakukan. 

5. Sesudah: Taman kecil di balkon

Lantai kayu tetap dibiarkan seperti semula. Pot-pot berbagai bentuk dan warna didatangkan, demikian juga rumput artifisial dan batu-batu hias. Hasil renovasi balkon yang menakjubkan bukan? 

6. Sebelum: Tampak sepi dan hambar

Balkon ini memiliki dinding putih yang terpelihara. Namun tidak ada dekorasi yang bisa meningkatkan nilai visualnya. 

6. Sesudah: Balkon hangat dan menyenangkan

Kursi-kursi dengan alas duduk bertekstur bulu dan berwarna putih, bantal kursi warna biru muda, meja kopi bundar, dan karpet bermotif warna-warni. Semuanya ditata di tengah-tengah tanaman bunga berwarna pink dan lampu-lampu hias di bawahnya. Ada juga lentera-lentera kertas sehingga suasana romantis akan mengental di balkon ini. 

Apa yang akan Anda lakukan untuk merenovasi balkon Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!