kbp house:  Rumah by e.Re studio architects

Fasad dan Interior Rumah Minimalis Modern 300 m²

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Gaya minimalis disukai banyak kalangan bukan hanya karena tampilannya yang elegan. Gaya yang tumbuh di awal 1930-an ini juga tak ada matinya, meski tren selalu berganti setiap tahun. Gaya minimalis memberi penekanan pada upaya menciptakan keluasan ruang, penggunaan warna, dan elemen dekorasi simpel. Inilah yang membuat gaya minimalis bisa dipadukan dengan gaya apa saja, jika kita berbicara tentang arsitektur rumah. Bagaimana jika gaya minimalis dipadukan dengan gaya modern?

Agar tidak penasaran, kali ini homify akan mengajak Anda jalan-jalan ke Bandung untuk melihat rumah bergaya minimalis modern seluas 300 m² hasil karya ER.E Studio Architects, salah satu ahli homify asal Indonesia. 

1. Fasad rumah

Rumah minimalis modern senilai Rp 2,5 milyar terdiri atas dua lantai dan atap datar yang merupakan ciri khas gaya minimalis. Teras lantai kayu dengan kolam ikan seamless menambah kesegaran suasana outdoor rumah yang dikelilingi halaman berumput. Pintu kayu menjadi akses masuk utama dan pintu garasi. Di lantai dua terdapat pintu kaca geser yang memungkinkan cahaya alami menerangi interior rumah. Agar privasi penghuni terjaga, panel kayu vertikal terpasang di sepanjang pintu geser kaca. 

2. Rumah dengan ruang terbuka hijau

Semua ruangan di lantai satu dilengkapi akses berupa pintu geser kaca dan dinding kaca yang menghadap ke halaman belakang. Dengan cara ini udara segar bisa dinikmati setiap saat, demikian juga cahaya alami. Warna putih dinding rumah tampak kontras dengan hijaunya rerumputan. Sementara dinding batu bata turut mempercantik taman secara simpel dan tanpa banyak detil. 

Dari sudut ini kita bisa mengetahui bahwa lantai satu ditujukan sebagai area untuk bersosialisasi. Sementara area privat seperti kamar tidur dan ruangan lainnya berada di lantai dua. 

3. Furnitur teras kayu minimalis

Furnitur kayu minimalis menjadi sarana untuk bersantai di teras sambil menikmati minuman hangat. Bentuknya yang sederhana tampak serasi dengan fasad minimalis rumah ini. Bagaimanakah suasana di dalamnya?

4. Dapur dan ruang makan modern

Warna putih tidak hanya mendominasi eksterior rumah. Interior rumah tampak bersinar dengan warna putih pada langit-langit, dinding, dan lantai keramik. Dapur yang lapang juga dimanfaatkan sebagai ruang makan. Lengkap dengan furnitur dapur horizontal dan tempat penyimpanan berupa lemari dan rak kayu. Elemen menonjol di sini adalah dinding berlapis keramik warna hitam yang menjadi tempat penyimpanan built-in untuk kulkas dan microwave. Sebuah sentuhan kontras yang fungsional bukan? 

Furnitur minimalis juga digunakan di area ini sebagai meja dan kursi makan. Tampil dengan furnish coklat kekuningan yang mendatangkan atmosfer alami dalam interior modern. 

5. Tangga kayu

Akses menuju lantai dua adalah tangga kayu dengan susuran tangga yang terbuat dari logam. Lempengan kayu difurnish netral sehingga menampakkan serat-serat kayu dengan berbagai nuansa warna coklat. Dinding berlapis keramik warna putih tulang tampak serasi dengan warna coklat yang dominan di area ini. Ruang bawah tangga yang umumnya menjadi area mati dilapisi karpet abu-abu bertekstur horizontal. Sebuah bangku kayu di bawah tangga tampil menjadi elemen hias fungsional memikat yang menampakkan serat-serat alaminya. 

Lihat juga contoh desain tangga di sini: 

10 Konsep Tangga yang Mengagumkan

6. Kamar tidur

Kamar tidur didekorasi dengan nuansa yang sama dengan lantai satu. Masih dengan dinding warna putih, plafon gantung lengkap dengan lampu putih yang membuat ruangan ini bercahaya. Permainan warna dan elemen menjadi dekorasi minimalis yang meningkatkan nilai visual. Ada dinding panel kayu yang menghadirkan atmosfer alami. Jendela besar dibuat pada dinding abu-abu, lengkap dengan bangku kayu di atas dinding rendah berlapis keramik hitam. Sebuah elemen kontras yang berfungsi juga sebagai tempat penyimpanan atau tempat duduk. 

Ingin punya kamar tidur bak kamar hotel? Lihat contoh desainnya di sini: 

10 Desain Kamar Tidur Ala Kamar Hotel 

7. Ruang ganti

Di samping jendela ada sebuah pintu yang mengantar kita ke fitur menarik lainnya di rumah ini. Ruang ganti luas dengan lemari pakaian dan tempat penyimpanan luas yang jadi favorit kaum Hawa. Apalagi ketika pintu lemari geser juga berfungsi sebagai cermin seperti pada gambar. Meja rias built-in berfungsi maksimal sebagai sarana mematut diri yang menghemat ruang dengan lantai parket kayu. 

8. Kamar mandi

Nuansa putih, kayu dan abu-abu juga menghiasi kamar mandi pada dinding keramik, lantai kamar mandi, dan meja wastafel. Di sini kita bisa melihat pintu kaca geser dengan panel kayu sebagai tabir, fitur menarik di fasad rumah yang telah kita bahas sebelumnya. Kamar mandi ini berdimensi kecil, namun cermin besar di atas wastafel berhasil memperluas ruangan ini secara visual. 

Lihat juga desain tiga dimensi rumah minimalis di sini: 

Desain Rumah Minimalis Sempurna Untuk Keluarga Kecil 

Manakah bagian dari rumah ini yang paling Anda sukai? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!