Ruang Makan by degoma

9 Kesalahan Ini Bikin Rumah Tampak Sempit

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Ruang kecil selalu menarik untuk dibahas. Bagaimana cara menata ruang agar terlihat menarik tapi nyaman, itulah tantangannya. Kami menawarkan tips yang akan membantu Anda membuat ruang sempit terlihat luas dan mengundang atmosfer mempesona. Untuk itu, 9 kesalahan berikut ini sebaiknya Anda hindari. 

1. Tirai terlalu besar

Kadang ada sebuah rumah dengan tirai besar dan tebal di jendelanya. Mungkin si pemilik rumah memasang tirai itu agar rumah terlihat menarik dan nyaman. Namun ia lupa bahwa tirai menghalangi masuknya cahaya alami ke dalam ruangan, sehingga ruangan terlihat lebih gelap. Padahal, cahaya baik untuk mencerahkan suasana hati dan bisa membuat ruangan sempit terlihat lebih luas. Jika ingin menghias jendela dengan tirai, pilih tirai transparan agar ruangan tetap terang saat tirai diturunkan. 

Simak bagaimana pengaruh warna untuk suasana hati Anda: 

Memperbaiki Suasana Hati Dengan Warna Biru dan Putih di Rumah

2. Tidak ada cermin besar

Mungkin Anda mengira cermin besar akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. Justru sebaliknya, cermin besar memantulkan apa saja yang ada di depannya. Bukan hanya wajah Anda, namun juga ruangan yang ada di depannya. Pantulan inilah yang menghasilkan ilusi seakan-akan ruangan tampak lebih luas. Cermin juga memantulkan cahaya yang masuk ke ruangan, sehingga ruangan terlihat lebih terang. 

3. Terlalu banyak warna dan motif

Saat ini tersedia banyak pilihan warna, bahan, maupun motif pelapis dinding. Namun menggunakan semuanya di satu tempat adalah sebuah kesalahan. Gunakan satu bahan pelapis dinding saja agar tercipta kontinuitas antar ruangan. Lalu tambahkan elemen hias berwarna yang bisa membentuk keserasian antara dinding dan furnitur. 

4. Warna klasik itu membosankan

 Dapur by Fainzilber Arqts.
Fainzilber Arqts.

Cocina y Barra integrada

Fainzilber Arqts.

Siapa bilang? Bukan hanya warna cerah yang bisa memperindah rumah. Bila rumah Anda sempit, pilih warna netral konservatif agar suasana rumah tidak tampak berlebihan. Gunakan warna klasik yang sama untuk semua ruangan sebagai keterkaitan antar ruangan. Idealnya, padukan warna klasik ini dengan aksen warna cerah. 

5. Ubin kecil berwarna

Hindari penggunaan ubin atau lantai keramik berpotongan kecil dan berwarna cerah. Meski menarik perhatian, namun terlalu banyak detil bisa membuat ruangan sempit terlihat lebih sempit. Lebih baik gunakan ubin besar berwarna netral yang akan mengoptimalkan penampilan dan kecerahan ruangan. 

6. Furnitur besar

Furnitur besar akan menghabiskan ruang di rumah Anda. Gunakan furnitur yang praktis dan bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Seperti contoh ini, furnitur berdesain terbuka paling sesuai untuk area sempit. Jika ingin menambahkan pintu pada rak atau lemari, pilih pintu kaca geser yang dapat memberikan efek sama seperti interior open plan. 

7. Cenderung memilih furnitur siap pakai

Kita cenderung memilih untuk membeli furnitur yang dijual di toko meski bentuknya tidak sesuai dengan kondisi rumah kita. Solusinya, gunakanlah furnitur built in. Furnitur built in adalah furnitur yang seolah-olah ditanamkan dalam dinding. Bisa berbentuk lemari pakaian, lemari dapur, rak buku, dll. Furnitur built in memang membutuhkan biaya lebih besar dari furnitur siap pakai. Namun efek yang dihasilkannya tak bisa dinilai dengan uang. 

Furnitur apa yang sebaiknya tidak digunakan di rumah sempit? Lihat selengkapnya di: 

10 Furnitur Terlarang Untuk Rumah Sempit 

8. Terlalu banyak gaya

Menggunakan beberapa furnitur dari berbagai gaya dan warna dalam satu ruangan juga bisa membuat ruangan terlihat lebih sempit. Pilih furnitur dengan satu warna yang sama dan sama dengan warna lantai dan dinding (jika memungkinkan). Cukup padukan dua gaya furnitur saja dalam satu ruangan berukuran sempit. Misalnya furnitur gaya klasik dan modern seperti contoh ini.  

9. Terlalu banyak hiasan

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, suasana ramai akan membuat ruangan penuh sesak dan terasa sempit. Satu dua elemen sederhana namun menarik perhatian sudah cukup sebagai hiasan. Misalnya vas bunga berlapis krom dan karpet biru dan putih dalam gambar ini. 

Temukan berbagai cara untuk membuat ruangan terlihat luas di sini: 

7 Cara Menyiasati Ruangan Sempit dan Gelap

Apakah kesalahan penataan furnitur lainnya yang membuat rumah tampak sempit? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!