Teras by homify

4 Desain Balkon Dengan Taman Urban di Atas Gedung

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Jumlah manusia semakin bertambah, namun luas lahan hijau semakin sempit. Taman lengkap dengan tetumbuhan akan mendekatkan alam pada kita, meski dalam bentuk minimal. Kendalanya, tidak semua dari kita beruntung memiliki halaman di rumah. Jangan khawatir, semua tujuan bisa dicapai jika kita benar-benar ingin mewujudkannya. Balkon apartemen Anda bisa dirubah menjadi taman urban. Lihat contoh-contoh desain berikut yang berhasil mengubah balkon apartemen jadi oase di tengah hutan beton. 

1. Taman dengan dua suasana

 Teras by homify

Saat melangkah di lantai kayu kita bisa menikmati dua suasana sekaligus. Yaitu, riuhnya kota di kejauhan dan hijaunya dedaunan di sekitar. 

Kecil tapi kaya

 Teras by homify

Berkat lantai kayu, bak tanaman, tanaman hias jenis perdu yang ditanam sejajar, dan batu yang ditanamkan di lantai, balkon ibarat hutan kecil yang tergantung di udara. 

2. Taman dengan pepohonan rindang

 Teras by homify

Taman urban ini memadukan dua jenis lantai, yaitu lantai beton dan kayu. Dua unsur ini tampak menyatu dengan suasana hijau di sekitarnya. Apalagi taman ini dihiasi pohon-pohon kecil dan tanaman perdu yang rimbun. 

Taman tampak atas

 Teras by homify

Desainer bahkan menambahkan sebuah kolam kecil yang menjadi pelengkap kesegaran taman kecil ini. Pagar balkon terbuat dari kaca agar pandangan ke sekeliling tidak terhalang. 

Lihat juga desain balkon plus taman kecil cantik di sini: 

9 Balkon yang Atraktif dan Nyaman

3. Taman balkon di sudut

 Teras by homify

Tidak seperti desain taman balkon lainnya, taman ini memanfaatkan area balkon yang berbentuk segitiga. Tanaman-tanaman ditata di sudut-sudut, sehingga tersedia cukup ruang untuk meja makan dan area duduk santai. 

Mata air tersembunyi

 Teras by homify

Wow, siapa sangka kalau ada air mancur juga di sini? Air mancur ditata di antara batu sehingga tampak seperti mata air yang memancar dari sela-sela batu. 

Lihat juga desain kolam air mancur unik lainnya di: 

14 Air Mancur Modern Untuk Halaman dan Pintu Masuk Rumah Anda 

4. Taman Zen urban

 Teras by homify

Desain ini cocok untuk Anda yang ingin punya taman tapi malas merawat tanaman. Taman urban ini dirancang berdasarkan konsep taman Zen yang menonjolkan keteraturan letak unsur alam selain tanaman, yaitu batu, kayu, air, dsb. Lantai papan kayu, jalan setapak batu, dan kolam di sini mewakili unsur-unsur alam itu. 

Tenang dan anggun

 Teras by homify

Kolam dilengkapi air mancur modern yang tak berhenti mengalir. Bersantai sambil mendengar suara air mengalir akan menimbulkan rasa damai bagi siapa saja yang menghabiskan waktunya di sini. 

Taman juga bisa kita buat di atas atap rumah lho. Lihat contohnya di:

Taman Rahasia: Rumah Dengan Halaman di Atapnya

Tertarikkah Anda mengubah balkon menjadi taman urban?
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!