Taman by Barnes Walker Ltd

Berapa Biaya Untuk Memasang Teras?

Rachel Audrey Rachel Audrey
Loading admin actions …

Banyak orang memimpikan bisa mengotak-atik tampilan luar rumah mereka dan salah satu yang tak luput tentu adalah patio atau teras. Tambahan ini memang cocok untuk tempat menghibur diri atau bersosialisasi, pun menambah nilai tampilan dari rumah itu sendiri. 

Walau begitu, ketika berbicara tentang harga tentu ini tak semudah yang dibayangkan. Beberapa item yang Anda inginkan mungkin saja akan membuat Anda menjerit karena harganya.

Jadi, bagaimana Anda bisa membuat perkiraan yang memungkinkan Anda untuk menambah patio di rumah? Mulai telusuri ide-ide kami saja ya.

1. Perhatikan Faktor yang Mempengaruhi Biaya

Biaya membuat patio tidak berbeda di satu perusahaan ke perusahaan lain tapi tergantung jenis material yang akan dipakai juga. Jangan lupa, desain juga penting. 

Izinkan ahli kami termasuk perancang interior, arsitek, tukang kebun, pakar, pencahayaan dan lain-lain untuk membantu mewujudkan rumah impian Anda.

2. Tips untuk Memilih Ahli yang Tepat

Ada banyak sekali ahli yang bisa membantu Anda mewujudkan tampilan eksterior dan interior sesuai impian. Tapi dalam rangka mencari yang paling tepat, pastikan Anda mencari seseorang yang memenuhi standar ini :

- Menggali kebun atau patio yang ada - Membaringkan bunga tanah dan gambur berdasarkan spesifikasi areanya - Memadatkan pondasi - Meratakan semak-semak

Pastikan juga untuk melihat referensi mereka.

3. Biaya Membangun Teras

Ketika berbicara tentang material, kami memiliki beberapa pilihan untuk membantu Anda mempercantik patio termasuk paving, pengenduran batu dan papan kayu. Pemilihan material Anda, sebagaimana ditentukan juga dari desain final, akan mempengaruhi biaya keseluruhan.

Biaya ini per meter kubik juga akan bervariasi di beberapa perusahaan konstruksi, semakin berpengalaman biasanya lebih tinggi pula biayanya. Meski begitu, pilihan itu lebih aman dan investasi aman karena Anda akan terjamin kualitasnya. 

Untuk gambaran kasar untuk biaya patio, lihat contoh berikut :

- Ubin kotak : Rp.105.000 per m2. Rp.30 jutaan (harga untuk material dan pekerja untuk 30 m2 patio) - Paving batu : Rp.385.000 per m2. Rp.38 jutaan (harga untuk material dan pekerja untuk 30 m2 patio) - Ubin batu pasir : Rp.420.000 per m2. Rp. 41 jutaan (harga untuk material dan pekerja untuk 30 m2 patio) - Ubin bertekstur berkualitas : Rp.560.000 per m2. Rp. 50 jutaan (harga untuk material dan pekerja untuk 30 m2 patio)

4. Ketika material yang harus dipilih : Kayu

Kayu adalah pilihan fantastis untuk dek dan bisa dipasang dengan lebih mudah dan cepat ketimbang material yang lain. Tapi walaupun biayanya lebih murah, kayu membutuhkan banyak perawatan untuk memastikan ini tidak akan rusak.

Perlu dicatat bahwa membangun patio tertutup berbiaya lebih banyak ketimbang patio biasa, karena akan membutuhkan lempengan yang diringankan dan atap yang akan dibangun.

5. Ketika material yang harus dipilih : Batu alam atau ubin batu

 Taman by Will Eckersley
Will Eckersley

Claremont Road

Will Eckersley

Batu alam bisa ditemukan di berbagai tipe berbeda seperti ubin batu, batu tulis, bluestone dan limestone. Kekurangannya adalah batuan alam berbiaya lebih banyak karena membangunnya butuh proses yang lebih lama dan material lebih langka dan susah untuk dibangun.

Walau begitu, tidak ada perbandingan untuk tampilan fantastis dari patio batuan yang sudah terselesaikan.

6. Ketika material yang harus dipilih : Batu bata

Dari semua pilihan yang mungkin untuk material, batu bata sangat tidak populer karena berkaitan dengan isu perawatan. Batu bata juga cenderung retak di cuaca yang sangat dingin dan cenderung ditumbuhi lumut. 

Biaya patio batu bata biasanya lebih mahal ketimbang patio beton. Tapi patio beton memiliki kecenderungan untuk retak dimana batu bata lebih gampang diatur untuk lengkungan dan peot di kebun Anda.

7. Ketika material yang harus dipilih : Paving

 Taman by Aralia
Aralia

Chelsea Creek – copyright St George Plc

Aralia

Paving memberi banyak keuntungan, yang utama adalah ketebalan yang sama yang mana membuat pembangunan patio lebih mudah. Mereka juga tersedia di banyak bentuk, warna dan motif. 

Jika Anda penyuka DIY, Anda bisa membuat paving lengkung sesuai dengan bentuk unik yang Anda inginkan. Membangun patio sendiri akan memotong banyak biaya. Dengan paving juga, Anda bisa memperlebar patio dimana saja yang Anda inginkan.

Ingat, instalasi tile patio biayanya bervariasi tergantung tipe, warna dan motif yang dipilih.

8. Tips membersihkan patio

 Taman by Gardenplan Design
Gardenplan Design

Terrace with furniture

Gardenplan Design

Tentu saat baru pertama kali jadi tak akan ada debu, tapi setelahnya harus dijaga kebersihannya. Kebanyakan perusahaan konstruksi akan membersihkan dengan gratis sekali setelah dipasang, setelahnya tergantung Anda. Cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan memiliki pressure washer atau alat pencuci dengan tekanan. 

Dengan alat ini, Anda akan menghemat waktu dan air hingga 70-80% ketimbang pakai selang kebun biasa dan Anda tidak akan membahayakan anak atau hewan peliharan juga karena zat kimia.

Tapi jika Anda ingin cara lawas, Anda bisa memilih pembersih yang ramah lingkungan dan ramah hewan peliharaan. Ikuti saja aturan di botol yang Anda beli dan selalu pakai pelindung serta tutupi tanaman dengan plastik agar tidak terpapar.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!