Ruang Keluarga by Förstl Naturstein

7 Tips Hadirkan Gaya Minimalis di Apartemen Anda

Dyah Swastantika Dyah Swastantika

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Sarana minimalis memegang peranan penting bagi banyak orang di era modern. Ketika stres telah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari, pasti lega rasanya pulang ke rumah di sore hari. Sebuah rumah yang menarik bukan karena hiasannya, tapi karena paduan sempurna antara kenyamanan dan modernitas. Inilah gaya minimalis, sebuah gaya yang mengutamakan permainan warna, garis sederhana, juga furnitur fungsional sekaligus sedap dipandang. Untuk memiliki sebuah apartemen atau rumah dengan interior minimalis ada panduan yang sebaiknya diperhatikan, agar hunian kita tidak tampak terlalu kosong atau membosankan. Agar misi ini berhasil, ada baiknya Anda cermati tips kami berikut ini. 

1. Tata ulang ruangan satu per satu

Anda suka gaya minimalis, namun interior apartemen yang dihuni saat ini tidak memiliki tampilan minimalis. Anda ingin mengubahnya sesuai dengan keinginan Anda. Namun berhati-hatilah, Anda tidak bisa mengubah semuanya dalam waktu singkat. Jika ini dipaksakan maka hasilnya adalah kekacauan dan frustasi. Tata ulang semua ruangan di apartemen satu demi satu. Ruangan mana yang ingin Anda permak lebih dulu, itu terserah Anda. Untuk menata ulang ruangan dengan gaya minimalis, sebaiknya kosongkan ruangan terlebih dahulu. Kemudian masukkan kembali furnitur besar sebagai pusat perhatian. Jika Anda berencana pindah ke apartemen baru, ingatlah untuk memasukkan furnitur besar sebelum furnitur kecil. 

2. Pilih furnitur minimalis

Furnitur minimalis umumnya memiliki garis tegas dengan warna cerah dan hangat. Inilah karakter yang akan membantu Anda menghadirkan interior minimalis di ruangan sempit. Warna cerah membuat ruangan juga tampak cerah dan mengundang. Furnitur seperti sofa berwarna putih, abu-abu, atau putih tulang sangat penting sebagai sentuhan akhir minimalis di apartemen Anda. Furnitur lainnya sebaiknya tampil dengan warna senada. Saat ini perangkat furnitur yang tampil dalam furnish putih atau warna cerah lainnya telah banyak tersedia di pasaran.  

3. Hanya gunakan yang benar-benar penting

 Ruang Keluarga by Isladesign
Isladesign

Hocker, Couchtisch

Isladesign

Meminimalisir penggunaan obyek yang kurang penting, ini juga karakter utama gaya minimalis. Namun bukan berarti elemen dekoratif harus disingkirkan. Pilihlah hiasan yang benar-benar serasi dengan gaya minimalis, dan jangan gunakan terlalu banyak hiasan karena akan mengundang debu. Cat ulang atau hias dinding Anda dengan warna atau wallpaper baru. Penting untuk memberi jarak antara furnitur sebagai bagian dari sentuhan akhir minimalis. Membuat ruang kosong sangat direkomendasikan dan bisa berguna secara visual maupun psikologis. Dalam kekosonganlah imajinasi menampakkan diri.   

Baca juga: 

7 Wallpaper Visual yang Menakjubkan 

4. Bebaskan lantai

Usahakan agar lantai apartemen tidak tertutup karpet atau penutup lantai lainnya, apapun jenis material lantai yang Anda gunakan. Bila Anda tetap ingin menggunakan karpet, pilihlah karpet warna cerah. Lebih baik lagi jika berwarna putih. Sebuah tanaman hias dalam pot bisa menjadi hiasan, jika Anda merasa lantai tampak terlalu polos atau kosong. Lantai sebaiknya bebas dari hiasan atau asesoris apapun untuk hadirkan gaya interior minimalis sempurna di apartemen Anda. 

Gaya minimalis juga bisa dipadukan dengan gaya interior lainnya. Bacalah: 

Desain Interior Rumah Minimalis Modern di Jakarta ini Sempurna! 

5. Bebas hiasan di meja dan furnitur lainnya

Kita cenderung meletakkan hiasan di atas meja berlaci. Jangan tergoda melakukan ini dan bebaskan kabinet atau meja berlaci Anda dari segala bentuk hiasan. Justru kekosonganlah yang akan menarik perhatian para tamu Anda. Untuk itu, jaga agar semua permukaan furnitur tanpa hiasan bebas debu dan kotoran. 

6. Dinding polos

Gaya minimalis juga bercirikan dinding dengan sedikit atau tanpa hiasan sama sekali. Jika dinding polos membuat Anda merasa kesepian, pilih satu hiasan atau lukisan favorit dari koleksi Anda. Agar serasi dengan gaya interior baru ini, hiasan itu sebaiknya berwarna cerah dan dengan warna tidak merusak keseragaman dalam gambar. Idealnya, warna dinding juga terefleksikan pada warna furnitur. Bingkai foto atau bingkai lukisan yang melebar sebaiknya tidak digunakan. Demikian juga poster-poster atau pernak-pernik lainnya. Nikmatilah dinding polos dan biarkan pikiran Anda berkelana. 

7. Simpan barang-barang dan asesoris

Mengosongkan apartemen demi menghadirkan gaya minimalis bukan berarti Anda harus berpisah selamanya dengan hiasan dan asesoris. Anda juga tak perlu membuang furnitur yang tak sesuai dengan gaya minimalis. Cukup simpan di gudang, dan keluarkan kembali ketika dibutuhkan. Hanya waktu yang bisa menjawab apakah gaya minimalis bisa menginspirasi Anda, ataukah gaya yang sedang hits di Norwegia ini sekedar pelepas kebosanan. Apapun yang Anda rasakan kemudian, gaya minimalis tetap layak untuk dicoba.

Simak juga cara hadirkan interior minimalis lainnya di: 

6 Cara Sederhana Aplikasikan Unsur Minimalis Pada Interior Rumah Anda

Manakah tips yang Anda pilih untuk ciptakan gaya minimalis di hunian Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!