Ruang Keluarga by K.B. Ristrutturazioni

3 Cara Membeli Rumah Meski Uang Belum Cukup Terkumpul

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+

Tanya harga

Invalid number. Please check the country code, prefix and phone number
Dengan mengklik 'Kirim' saya mengkonfirmasi bahwa saya telah membaca dan menyetujui Kebijakan Privasi bahwa informasi saya akan diproses.
Catatan: anda dapat mencabut persetujuan tersebut kapan saja dengan mengirim email ke privacy@homify.com.
Loading admin actions …

Judul di atas mungkin terdengar mengada-ada, namun sebenarnya, membeli rumah ketika uang tidak mencukupi adalah hal yang mungkin dilakukan. Jadi, apa saja yang harus dilakukan?

Lewat 4 metode di bawah ini, Homify menimbang-nimbang pro dan kontra dari segi legal dalam hal membeli rumah dan memilih cara yang paling masuk akal dan terjamin. Apa saja pilihannya?

Pilihan 1: Antara menyewa dan membeli rumah

Saat Anda tidak memiliki sejumlah uang yang cukup untuk membeli rumah, pilihan menyewa atau mengontrak rumah pun muncul. Salah satu alasannya adalah karena menyewa rumah seringkali berujung pada kemungkinan Anda untuk membeli rumah tersebut dengan cara menanggung biaya rumah dengan bunga bulanan hingga rumah menjadi milik Anda.

Apa saja pro dan kontra-nya?

1. Pro: Anda memiliki jaminan biaya sewa rumah sehingga Anda tetap memiliki rumah tinggal selama mengumpulkan uang untuk membeli rumahnya.

2. Kontra: Sangat mungkin bunga bertambah menjadi lebih tinggi dan kemungkinan timbulnya masalah pada kontrak dan persetujuan dengan pemilik rumah. Karena itu, hindarilah masalah dengan sedari awal memperjelas prosedur dan mengumpulkan berbagai dokumen ke notaris agar tidak ada kesalahpahaman dan tindakan yang merugikan jika sewaktu-waktu persetujuan dihentikan dan rumah tidak lagi dijual.

Pilihan 2: Meminjam uang dari bank tanpa tanggungan

 Rumah by Solarraum
Solarraum

Design and Sustainability: Aurum

Solarraum

Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan meminjam dari bank dan membayar cicilan bulanan dengan bunga rendah. Pinjaman bank merupakan tren terbaru yang lebih praktis. Bagaaimanapun, tetap terdapat pro dan kontra dari kedua pilihan ini seperti:

1. Pro: Mengingat Anda hanya harus mencicil ke bank, Anda tidak perlu khawatir soal bunga yang naik mendadak karena adanya jaminan regulasi pemerintah ke bank.

2. Kontra: Untuk dapat melengkapi semua surat-surat dan dokumen legal dari proposal pinjaman ke bank, diperlukan adanya bukti kemampuan untuk menerima pinjaman dan membayar bunga sesuai waktu yang telah ditentukan.

Pilihan 3: Meminjam aset tanggungan

Solusi jaminan tanggungan untuk mendapatkan pinjaman untuk membeli rumah juga merupakan salah satu pilihan yang tersedia dan menguntungkan. Pro dan kontranya meliputi:

  by Polygon arch&des
Polygon arch&des

APARTMENT “VERBI”

Polygon arch&des

1. Pro: Anda dapat menebus jaminan setelah membayar modal awal dan bunga. Karena semuanya melalui bank, bunga pun sudah pasti terjamin.

2. Kontra: Tidak memungkinkannya untuk menebus properti jika Anda tidak memiliki cukup uang. Properti haruslah bernilai tinggi atau relatif sewaan baru.

Dengan tiga solusi di atas, semoga Anda dapat memilih cara yang terbaik. Bagaimanapun, meski mengetahui hukumnya, Anda tetap perlu mengecek kontrak secara saksama dan memenuhi semua dokumen-dokumen hukum penting yang ketat untuk menghindari masalah yang tidak diperlukan di kemudian hari.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Discover home inspiration!