by de-cube

5 Cara Membuat Rumah Anda Lebih Sejuk

Prisca Akhaya Prisca Akhaya
Google+
Loading admin actions …

Sama seperti di Vietnam, Indonesia pun memiliki iklim tropis yang sanggup mencapai 40 derajat Celsius sehingga semua penduduknya rata-rata pasti menggunakan dan membutuhkan air conditioner. Perasaan yang paling menyenangkan adalah ketika Anda menikmati ruangan dingin di akhir pekan. Namun pada kenyataannya, penggunaan berlebihan dari air conditioner akan mengakibatkan adanya tagihan listrik bulanan yang membengkak.

Untuk menyejukkan rumah secara ekonomis dan praktis, diperlukan kontribusi interior pada orang-orang yang pasti kerepotan mencari solusi dari panasnya udara. Beberapa cara yang kini dipraktekkan di Vietnam untuk membuat rumah terasa lebih sejuk, seperti dengan menanam pohon rindang di sekeliling rumah, mendesain ruang terbuka dekat dengan alam, menggunakan energi solar atau menambahkan fitur air mancur, kolam ikan, dengan harapan dinginnya air membantu mendinginkan udara panas. 

Melalui diskusi berikut, terdapat beberapa cara berkualitas serta mudah dilakukan untuk membantu mendinginkan rumah tanpa bantuan air conditioner atau alat berbahan listrik lainnya sama sekali. Semoga dengan mengaplikasikannya, Anda dapat merasa nyaman di tengah panasnya udara.

1. Fasilitas alami

 Kamar Tidur by Vida de Vila
Vida de Vila

Quarto de hóspedes

Vida de Vila

Pemandangan sekilas dari rumah ini memberikan kesan indah dan sederhana. Area hijau rindang yang sejuk menjadi kunci untuk meneduhkan hawa panas dalam rumah. Karenanya, material bangunan rumah yang juga berbahan alami dikombinasikan dengan kolam renang berikut dengan rerumputan hijau akan menciptakan area relaksasi yang nyaman. Rumah pun menjadi terasa lebih lembut dengan perpaduan air dan elemen kayu yang membuat energi dalam rumah terasa lebih mengalir dan memaksimalkan udara segar dan sehat.

2. Pilihlah bahan katun

 Bedroom by King of Cotton
King of Cotton

Luxury diamond weave linen border Throw-over Bedspread

King of Cotton

Pemilihan material untuk sarung bantal, sprei, dan selimut yang digunakan sehari-hari. Semua yang bersentuhan secara fisik dengan kulit Anda dan Anda gunakan untuk bersantai memiliki pengaruh terhadap suhu tubuh Anda. Karenanya, pastikan Anda memilih bahan-bahan yang menyejukkan, berkualitas, modern dan lebih spesifik dari sekedar serat katun alami. Kelebihan dari kain ini adalah keelastisannya, ketahanannya dan kemudahannya dibersihkan. Selain itu, cuaca yang panas dan lembab seperti di Indonesia membuat selimut berbahan sejuk sangat populer dan dibutuhkan sebagai bahan pakaian bahkan tirai.

3. Sediakan cahaya penuh

 Balconies, verandas & terraces  by de-cube
de-cube

Laundry Shot

de-cube

Desain dan pengaturan dari pintu dan jendela dalam rumah merupakan salah satu bagian terpenting dalam membangun rumah. Selain memberikan keindahan pada rumah dan kenyamanan bagi mereka yang tinggal di dalamnya, pembukaan pintu dan jendela yang rutin juga mampu memberikan cahaya alami dan udara segar untuk keluar masuk ke dalam rumah. Udara yang secara rutin keluar masuk ruangan membuat ruangan terasa lebih sejuk dan nyaman dengan pencahayaan cukup sepanjang siang hari sehingga Anda bisa menghemat pemakaian listrik. Adanya udara dan pencahayaan yang cukup membuat rumah juga terbebas dari bakteri dan bau tidak sedap tanpa perlu menggunakan pengharum ruangan. Memiliki jendela dan pintu yang memperlengkapi rumah dengan baik terbukti merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan.

4. Membangun balkon

Balkon rumah merupakan area yang unik untuk sebuah rumah. Balkon memungkinkan adanya area outdoor dalam rumah yang memiliki cukup pencahayaan sekaligus perlindungan dari terik matahari. Anda dapat menikmati udara segar kapan saja di balkon dan menikmati suasana santai di sore hari atau malam hari bersama keluarga. Balkon juga sama seperti pintu dan jendela, berfungsi menyejukkan rumah tanpa air conditioner.

5. Area hijau di sekitar rumah

Menanam pohon atau memberikan karpet rumput di sekitar rumah merupakan ide yang bisa Anda pertimbangkan baik-baik karena keuntungannya. Memiliki taman di sekeliling rumah akan membuat rumah tampak segar dan hijau, dipenuhi banyak udara segar. Pepohonan merupakan bahan alami yang diperlukan untuk membuat rumah Anda terasa sejuk sepanjang tahun tanpa sering-sering menyalakan air conditioner. Anda pun dapat menghemat tagihan listrik bulanan dan metode ini pun terjangkau dan tidak sulit untuk diwujudkan. Anda bisa merasa rileks karena senantiasa dekat dengan alam.

 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!