Teras by Carolina Kist Arquitetura & Design

20 Pelajaran Penting Dari Sebuah Apartemen 120m²

Dyah Swastantika Dyah Swastantika
Loading admin actions …

Apartemen mewah memang menakjubkan dan pantas diimpikan, paling tidak bagi sebagian besar orang. Namun itu tidak berarti kita hanya bisa mengagumi dan melupakannya. Kita bisa mewujudkan impian itu dengan mengamati hasil karya para desainer profesional. 

Proyek karya desainer berbakat Carolina Kist dari Curitiba, Brasil, adalah sebuah contoh tepat untuk itu. Apartemen fantastis seluas 120m² dengan tiga kamar tidur, ruang kerja, area terintegrasi impresif, dan segudang pesona di tiap detilnya. 

Apartemen ini mengundang kita untuk berkunjung dan melakukan pengamatan, sehingga banyak pelajaran tentang menciptakan hunian terbaik yang bisa didapatkan di sini. Mari kita jalan-jalan ke Brasil sekarang dan belajar bersama! 

1. Ruangan rapi dan menarik dengan dasbor multi media

Tips pertama ini ditujukan untuk para penggemar film. Dasbor multi media seperti di atas akan mewadahi semua perangkat elektronik kesayangan, sehingga ruang TV Anda tampak lebih rapi dan menarik. 

2. Mengatur sofa di depan televisi adalah cara mudah merapikan ruangan

Menata sofa dan kursi berlengan secara melingkar di ruangan sempit adalah cara cerdas menciptakan atmosfer akrab dan nyaman. Tak diragukan lagi, desain ini benar-benar menawan! 

3. Sedikit itu lebih indah

Nuansa kayu dengan berbagai nada membuat dekorasi apartemen lebih memikat. Oleh karena itu batasilah obyek hiasan agar ruangan tampak lebih lapang. 

4. Ruangan terintegrasi selalu jadi opsi terbaik

Apartemen 120m² menerapkan trik desain ruangan terintegrasi atau interior open plan. Mengapa tidak mengaplikasikannya di rumah berukuran lebih kecil? Coba pertimbangkan tips ini untuk menata rumah Anda. 

Lihat desain ruangan terintegrasi lainnya di: 

30 Inspirasi Untuk Mengintegrasikan Ruang Makan dan Ruang Keluarga 

5. Elemen hias berwarna biru akan hadirkan suasana harmonis

Bufet yang dihiasi gambar dan barang pecah belah warna biru adalah sentuhan penuh warna di tengah keanggunan yang didominasi warna putih. Selain tampak bercahaya, ruangan ini juga terlihat nyaman dan mengundang. 

Warna biru dan putih adalah paduan tepat untuk suasana hati yang lebih baik. Baca selengkapnya di: 

Memperbaiki Suasana Hati Dengan Warna Biru dan Putih di Rumah 

6. Paduan kayu dan warna cerah itu luar biasa

Jangan ragu, paduan antara unsur kayu dan warna putih akan menghasilkan kesempurnaan seperti pada ruang makan ini. 

7. Cahaya natural sebaiknya selalu dimanfaatkan

Selain dapat menghemat tagihan listrik, cahaya alami membawa kehangatan di dalam rumah. Jika ragu, gantungkan tirai tipis di jendela Anda. 

8. Marmer itu tanpa cela

Counter kitchen dari marmer travertin ini sungguh luar biasa. Telah didesain secara brilian agar dapat memantulkan cahaya. 

9. Pertimbangkan furnitur kustom

Pengaturan cermat adalah solusi tepat. Meski demikian, furnitur kustom juga bisa solusi untuk segala ruangan. Dapur ini adalah buktinya. Selain dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang, furnitur kustom juga menambah kapasitas tempat penyimpanan, meningkatkan keteraturan dan nilai visual. 

10. Meja makan kecil di sudut itu cocok untuk semua hunian

Ruang kecil untuk makan seorang diri atau berdua selalu menarik. Tambahkan cermin untuk menambah dimensi ruang secara visual dan lampu gantung modern sebagai hiasan.  

11. Balkon adalah area sempurna untuk bersantai

Apakah Anda punya balkon di rumah? Janganlah menyia-nyiakannya. Kegunaan balkon ini dimaksimalkan dengan menambahkan seperangkat furnitur rotan, lengkap dengan bantal kursi dan pot tanaman bernuansa sama. 

12. Pemanggang barbekyu selalu menyenangkan

Akhir pekan akan lebih seru jika dihabiskan dengan barbekyu sambil menikmati panorama kota. 

13. Ruang kerja di rumah itu penting

Beberapa profesi telah mengalami modernisasi dan dapat dilakukan dengan baik dari rumah. Oleh karena itu, memiliki sebuah ruang kerja kecil di rumah dapat meningkatkan produktivitas dan performa kerja. 

14. Ketahui ruangan yang paling mudah berantakan

Kamar anak dan remaja sangat mudah berantakan. Sebuah meja panjang pada gambar dapat digunakan untuk belajar sekaligus meletakkan barang-barang. 

15. Ketahui rahasia keteraturan

Rahasia semua keteraturan adalah rak yang layak. Terlebih lagi rak dinding modern seperti ini karena dapat membantu menghemat penggunaan ruang. 

Lihat juga desain rumah untuk keluarga di sini: 

Rumah Ramah Anak yang Penuh Warna

16. Kamar tidur utama harus mengutamakan kenyamanan

Kamar tidur utama adalah tempat di mana orang tua beristirahat setelah seharian bekerja dan mengurus rumah tangga. Maka tidak heran jika kenyamanan harus ada di setiap detil kamar tidur utama. Cermin di samping tempat tidur memantulkan seisi ruang dan membuatnya terlihat lebih luas.

17. Sentuhan romantis selalu diterima

Jangan tinggalkan sisi romantis, walaupun hanya berupa setangkai bunga atau lampu tidur bercahaya lembut di samping tempat tidur. 

18. Kamar anak muda itu lebih berkarakter

Anak muda selalu mencari cara untuk menunjukkan siapa dirinya. Ia membutuhkan ruang pribadi yang berkarakter, sekaligus bisa menjadi tempat refleksi diri. Kamar tidur dengan sentuhan warna tanah, langit-langit cerah, dan panel cermin adalah ruangan yang tepat untuknya.  

19. Kamar mandi kecil lebih sempurna dengan warna terang

Kamar mandi kecil akan tampil tanpa cela dengan warna-warna cerah, terutama putih. Gunakan juga warna yang sama untuk furnitur kamar mandi dan elemen hias di dalamnya. 

20. Namun, furnitur kamar mandi warna gelap juga luar biasa

Meski luasnya terbatas, bukan berarti warna gelap terlarang di kamar mandi kecil. Furnitur kamar mandi warna hitam ini tidak membuat atmosfer kamar mandi kacau balau bukan? Kuncinya, utamakan furnitur kamar mandi glossy (mengkilap) jika Anda menyukai warna gelap. 

Manakah salah satu dari 20 poin di atas yang paling sesuai dengan Anda? 
 Rumah by Casas inHAUS

Need help with your home project? Get in touch!

Request free consultation

Discover home inspiration!